Nuansa Kuta Tempo Dulu Di Lokasi Pantai Sepanjang

pantai-sepanjang-gunungkidul
Pantai Sepanjang Gunungkidul

Pantai Sepanjang Gunungkidul, apabila ingin berwisata menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir putih menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, bermain air dengan keluarga, ber foto bersama keluarga atau teman-teman ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati setelah menginjakkan kaki di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.

Pantai ini termasuk obyek wisata yang baru di buka oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

Baca juga: Pantai Kukup dengan Karang dan Pasir Putih

Suasana alami itulah yang menjadikan Pantai Sepanjang lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Buktinya, anda akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Anda juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang tertanam. Tentu dengan berhati-hati agar tak tertancap duri landak laut. Jelas kan, Anda tak akan menemuinya sewaktu berkunjung di Pantai Kuta

Di Pantai Sepanjang ini terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Di pantai ini anda juga bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai membuat aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut dapat berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan.

Bila anda dapat mencari cangkang kerang sendiri di tepi pantai maka anda dapat mengoleksi hasil temuan anda sendiri dan memprosesnya lebih lanjut. Sesampainya dirumah anda dapat memulai memproses cangkang temuan anda tersebut dengan cara merendam dalam alkohol 90% dicampur dengan tembakau atau mint. Setelah direndam sehari semalam, gosoklah cangkang dengan perlahan yang akan menghilangkan lapisan luar yang berupa kapur sehingga hanya tinggal lapisan tengahnya saja. Gosokan selanjutnya akan membuat cangkang tersebut menjasi berkilau.

Lokasi Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini.

Akses Pantai Sepanjang

peta-pantai-sepanjang-gunungkidul

Jarak dari Yogyakarta ke lokasi pantai ini sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil jogja di widyalokawisata. Baik roda dua maupun roda empat. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.

Rute perjalanan dari kota Jogja – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Per3an masuk kawasan Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.

Harga Tiket Pantai Sepanjang

Tiket masuk ke Pantai Sepanjang sudah termasuk tiket masuk dengan paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sekitar Rp. 10.000 /orang

Fasilitas Pantai Sepanjang

fasilitas-pantai-sepanjang-gunungkidul

Di pinggir pantai ini banyak terdapat gubuk yang menyediakan berbagai makanan dan minuman bagi para wisatawan. Selain itu gubug ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh sembari menikmati keindahan pantai. Beberapa penginapan dan warung kerajinan tangan bisa Anda jumpai di sekitar kawasan pantai, salah satunya adalah kerajinan tangan dengan bahan dasar cangkang kerang.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *