Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Overview Air Terjun Kembang Soka 

Air terjun Kembang Soka merupakan satu diantara banyaknya destinasi wisata menakjubkan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.Air Terjun Kembang Soka merupakan kawasan air terjun yang memiliki bermacam-macam air terjun mulai air terjun tunggal, kembar, tertingkat, dan berundak.

Keindahan Air Terjun Kembanh Soka

Nama Kembang Soka diambil dari nama mata air sumber air terjun ini, dimana dulunya terdapat Pohon Kembang Soka berukuran besar yang di bawahnya selalu mengalir air sepanjang tahun. Hingga sekarang, aliran air ini masih digunakan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Air terjun Kembang Soka dijuluki air terjun dua warna oleh traveler karena alira dari air terjun ini seolah-olah memiliki dua warna berbeda.

Untuk sampai ke Air Terjun Kembang Soka, anda harus berjalan kaki beberapa ratus meter dari area parkir mengikuti jalan setapak yang menuruni bukit. Dibuthkan perjuangan ekstra untuk dapat sampai ke Air Terjun Kembang Soka, selain harus berjalan beberapa ratus meter, jalan setapak yang dilaluipun masih berupa jalan tanah dan belum mengalami pembangunan.

Terlebih ketika musim penghujan kondisi jalan setapak akan becek ketika sehabis hujan dan cukup menyulitkan untuk anda lewati karena sangat becek, licin, dan lengket pada alas kaki. Untuk itu persiapkan diri Anda dengan sepatu yang cocok untuk jalanan berlumpur. Namun jika Anda lupa untuk membawa sepatu Anda tidak perlu khawatir, terdapat jasa penyewaan sepatu bot dalam berbagai ukuran untuk menerjang jalan setapak yang becek.

Wisata Air terjun Kembang Soka ini masih tergolong baru dan baru setahun kebelakang ini dikelola secara serius sebagai obyek wisata yang menjadi potensi pendapatan daerah. Sebelumnya, Air Terjun Kembang Soka merupakan harta milik warga yang dibiarkan tumbuh secara alami. Wilayah keseluruhan obyek wisata ini cukup luas, yaitu kurang lebih sekitar lima hektar. Tampak beberapa bagian sekitar kawasan ini masih tertutup hutan dan ada bagian yang sudah lebih tertata, agar memudahkan akses bagi pengunjung sekaligus menciptakan kenyamanan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan Air Terjun kembang Soka.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Kembang Soka Anda akan disuguhi pemandangan khas perbukitan Menoreh yang indah dan asri yang akan membuat Anda lupa telah berjalan sejauh ratusan meter. Daerah sekitar Air Terjun Kembang Soka memang belum mengalami pembangunan besar-besaran dan masih dikelola oleh warga setempat. Namun, jangan khawatir akses menuju air terjun sudah dikelola dengan cukup baik, terbukti dari jalan yang bisa dilewati dengan cukup mudah dan tanpa mengurangi kealamian lingkungan sekitar air terjun.

Contohnya adalah Jembatan bambu yang dibangun oleh masyarakat setempat. Selain menjadi akses bagi masyarakat jembatan ini juga sekaligus mempermudah wisatawan menikmati pemandangan sekitarnya, menjelajah lokasi yang sulit dijangkau pejalan kaki, selain itu, tak sedikit wisatawan yang menjadikan jembatan ini sebagai lokasi berfoto.

Air terjun Kembang Soka yang merupakan tempat menyatunya aliran air dari beberapa sungai dari atas bukit itulah yang menyebabkan Air terjun ini berbeda dengan air tejun lainnya. Dari aliran air sungai sebelah kiri terdapat air terjun tunggal yang cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 15 meter. Sedangkan aliran sungai yang lain membentuk air terjun berundak dan air terjun kembar.

Air Terjun Kembang Soka memang terdiri dari air terjun dengan berbagai bentuk yang menambah keindahan kawasan ini. Keunikan lainnya terdapat pada batuan air terjun dan dasar sungainya yang berwarna kekuningan, ditambah dengan tebing yang berada di sisinya berwarna merah marun. Inilah yang membuat Air Terjun Kembang Soka memiliki keindahan yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Ingin mengunjungi Air Terjun Kembangsoka? Pesan Paket Tour Jogja di Widyalokawisata.

Lokasi Air Terjun Soka

Lokasi Air Terjun yang memiliki pemandangan indah ini berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Soka

Pesona Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Sebelum berlibur ke Air Terjun Soka pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, karena akses jalan di daerah Kulon progo terdiri dari perbukitan naik turun dan menikung. Jadi sangat dianjurkan kendaraan dalam kondisi sehabis di service dan kuat dalam kondisi jalan menanjak. Rem dalam keadaan pakem. Jarak yang harus Anda tempuh agar sampai ke Air Terjun Kembang Soka dari pusat Kota Jogja adalah 34 kilometer menuju arah barat ke Kabupaten Kulon progo.

Dari Stasiun Tugu Jogjakarta ambil arah ke barat di jalan pasar kembang lurus – Jalan Jlagran Lor – Perempatan lampu merah Badran lurus – Jalan Pembela Tanah Air – Pertigaan Hos Cokroaminoto ke kanan – Jalan Hos Cokroaminoto – Pertigaan Jalan Godean belok kiri – Jalan Godean lurus sejauh 30 Kilometer – Perempatan Demak Ijo Ring Road – Masih di Jalan Godean lurus – Jembatan Sungai Progo lurus – Pertigaan lampu merah Nanggulan lurus – Jalan Raya Kaligesing lurus terus – pertigaan Girimulyo naik lurus – Jalan Goa Kiskendo – Goa Kiskendo – Pertigaan Goa Kiskendo ke kiri ikuti jalan hingga melewati wisata alam Blencong lurus terus jalan mulai menurun – Akan melewati Kedai Kopi Pari – Air Terjun Kuncung Mas – Air Terjun Sungai Mudal – Air Terjun Kembang Soka.

Ingin mengunjungi Air Terjun Kembang Soka dengan mudah? Pesan Paket Tour Jogja di Widyalokawisata.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Soka

Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp.8.000 saja agar bisa menikmati keindahan alam Air terjun Soka dengan rincian tiket masuk Rp.5.000 satu orang dan parkir Rp.3000 satu kendaraan.

Fasilitas Air Terjun Soka

Walaupun wisata alam ini dikelolda oleh swadaya masyarakat sekitar, namun fasilitas yang ada sudah menunjang dan mempermudahkan pengunjung untuk beraktifitas disekitar Air Terjun. Fasilitas yang tersedia seperti :

  • Parkir area
  • Warung makan
  • Toilet
  • Jaket pelampung
  • Ban dalam

Semakin penasaran dengan keindahan Air Terjun Kembang Soka? Saatnya agendakan liburan dan pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *