Beranda » Wisata Jogja » Bakpia Kukus Tugu | Bukan Sekedar Bakpia Biasa

Bakpia Kukus Tugu: Bakpia dengan Cita Rasa Kekinian – Bakpia merupakan makanan khas, unik dan juga autentik. Perlu diketahui bahwa Bakpia sendiri tidak hanya Bakpia pathuk saja melainkan ada Bakpia Pia Semarang serta Bakpia Pangli dari Surabaya. Bakpia sendiri adalah sebuah bukti nyata gabungan antara budaya makanan dari Jawa dan Cina.

Asal Usul Kata Bakpia

Melihat dari unsur kata Bakpia yakni “ba” adalah daging babi, sama halnya dengan bapau, bakso dan bacang yang dimana makanan tersebut dulunya berasal dari daging babi. Akan tetapi saat ini sudah di adaptasi oleh kondisi rakyat Indonesia masa kini, yang sekaligus merubah olahannya dengan menggunakan daging atau nabati yang dapat dikonsumsi semua kalangan.

Jika “ba” adalah daging babi berarti “pia” adalah kue. Di negeri Cina sendiri bakpia merupakan kue yang terdiri dari daging babi, memiliki ukuran besar dan biasanya ditimbang terlebih dahulu sebelum dibeli.

Pada prosesnya di abad ke 18 Cina melakukan migrasi ke Indonesia sehingga terjadi sebuah akulturasi budaya antara Cina dan budaya lokal yang ada di Indonesia, salah satu wujud dari terjadinya akulturasi antar budaya yakni dibidang makanan seperti hadirnya bakpia saat ini. Bakpia yang dulunya memakai daging babi sudah diadaptasi menggunakan kacang merah dan kacang hijau.

Pada tahun 1940 an terdapat seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang merupakan kreator pembuatan bakpia di Jawa bernama Kwik Sun Kwok. Olahannya sangat disukai oleh masyarakat Jawa dan dikembangkan di kampung Pathuk, kota Yogyakarta dan dikenal dengan sebutan Bakpia Pathuk.

Bakpia merupakan panganan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat unik. Nilai sejarah tersebut merupakan sebuah bukti toleransi dan kekayaan Indonesia. Bakpia juga menjadi wujud nyata dari akulturasi budaya yang telah berlangsung cukup lama di Indonesia.

Bakpia kukus hadir dengan inovasi unik dari bakpia tradisional, disini bakpia kukus mempunyai sedikit perbedaan dalam pematangan. Jika bakpia tradisional dimatangkan dengan cara dipanggang, bakpia kukus dimatangkan dengan dikukus.

Isi di dalam bakpia banyak variannya mulai dari coklat leleh hingga keju yang meleleh, hingga bakpianya pun ada yang menggunakan adonan brownies. Sehingga menciptakan menu baru yakni bakpia kukus brownies rasa keju. Selain itu pengemasan produknya begitu menarik mulai dari desin serta kemasan dusnya yang terlihat fresh dan juga menarik.

Pesan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata untuk memudahkan pembelian Bakpia Kukus Tugu.

Daftar tempat yang Menjual Bakpia Kukus Tugu 

BAKPIA-KUKUS-TUGU

1. Store Bakpia Kukus Tugu di Kaliurang

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB
  • Alamat di Jalan Kaliurang km 5,5

2. Store Bakpia Kukus Tugu di Stasiun Tugu

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB
  • Alamat di Stasiun Tugu, Pintu Selatan di Jalan Pasar Kembang, Sosromeduran

3. Store Bakpia Kukus Tugu di Stasiun di Lempuyangan

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 06.00 -22.00 WIB
  • Alamat di Stasiun Lempuyangan, sebelum masuk ke area check in keberangkatan tepat disebelah galeri ATM.

4. Bakpia Kukus Tugu di Island Malioboro Mall

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB
  • Alamat di Jalan Malioboro, Suryatmajan, Kecamatan Danurajen tepatnya di LG floor Mall Malioboro / Basement

5. Bakpia Kukus Tugu di Island Bandara Adi Sutjipto

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB
  • Alamat Jalan Raya Solo Km 9 Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman tepatnya di depan pusat layanan informasi terminal A, mengarah pintu kedatangan

6. Bakpia Kukus Tugu di Island Jalan Solo

  • Buka setiap hari.
  • Jam operasional mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB
  • Alamat  Jalan Solo Km 9 No. 3 tepat disamping gapura Jalan Anggrek.

Rekomendasi kami: 17 Kuliner Khas Jogja Yang Wajib Dicoba!

Info dan Pemesanan Bakpia Kukus Tugu

Informasi & pemesanan:

  • Call. 1500 625
  • 0811 1500 625 (chat only)
  • Line. @bakpiatugujogja
  • Web. bakpiakukustugu.co.id

Varian Rasa Bakpia 

BAKPIA-KUKUS-TUGU

Promo Paket Wisata Jogja 2019!!!

Untuk varian rasa, bakpia satu ini sendiri memiliki empat varian rasa baik  yang original atau bakpia yang menggunakan adonan brownies. Varian rasa pada bakpia kukus original berupa Coklat, Kacang hijau, Kacang merah, hingga keju, dan varian rasa tersebut juga termasuk pada bakpia kukus yang menggunakan adonan brownies.

Keunikan Bakpia Kukus Tugu

BAKPIA-KUKUS-TUGU

Pada dasarnya bakpia sendiri diperjual belikan dengan menggunakan isian kacang hijau saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu, segala inovasipun dilakukan oleh para kaum produsen bakpia, varian rasanya menjadi sedikit lengkap mulai dari ra keju, kacang merah, sampai cokelat. Nah, pilihan serupa pun juga di sematkan pada Bakpia Kukus Tugu Jogja tersebut.

Tidak ingin menghilangkan rasa khas dari bakpia pada umumnya, Bakpia tugu juga ikut memberikan rasa yang sama terhadap inovasi produknya seperti kacang merah, kacang hijau, cokelat dan keju.

Ada sedikit perbedaan antara bakpia tradisional dengan bakpia kukus satu ini. Bakpia Kukus Tugu ini memiliki isi dengan tekstur seperti selai, berbeda dengan bakpia konvensional yang berisi teksktur yang sedikit kasar.

Meski begitu kedua jenis bakpia tersebut mempunyai keunikan dan kenikmatan yang tidak jauh berbeda sebab rasa yang ditawarkanpun sama yaitu rasa, cokelat, keju, kacang merah dan kacang hijau.

Selain itu, juga dikemas dengan fresh di dalam sebuah kota yang berisikan sepuluh potong bakpia. Satu kotak bakpia di hargai Rp 25.000 saja untuk varian rasa kcang merah dan kacang hijau, untuk varian rasa keju dan cokelat di hargai Rp 30.000 per satu kotak. Sangat murah untuk kelas panganan yang begitu nikmat dan juga mempunyai ciri khas.

Tips Membeli Bakpia Kukus

Berikut tips untuk membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja. Apabila Anda berasal dari luar kota Yogyakarta, Anda dapat memesannya melalui contact person resmi yang sudah tertera di atas, apalagi Anda ingin memesan bakpia dalam jumlah besar.

Selain itu bisa juga melalui market place yang hampir semuanya bisa Anda temui dan memesannya secara online, tentunya dengan biaya ongkir. Nah, untuk Anda yang memang berada di Jogja atau yang sedang mengunjungi Kota Yogyakarta. Silahkan datang langsung ke store bakpia  yang sudah memiliki enam cabang resmi untuk menerima layanan pembelian Bakpia Kukus Tugu Jogja.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.