Bukit Klanggon : Pesona Wisata Menarik di Ujung Utara Jogja

Bukit Klangon namanya. Lokasi wisata ini baru baru ini mendapat perhatian yang lebih dan bisa juga dikatakan “viral” meskipun keberadaannya telah ada sejak lama. Sekitar tahun 2011 lokasi ini telah di buka untuk umum.

Selain sisi Selatan kota Yogyakarta yang hampir seluruhnya di isi dengan tempat wisata ternyata di sisi Utara kota ini tak kalah menarik tempat wisatanya untuk di kunjungi.

 Bukit dengan Keindahan yang Memesona

Memang benar ke dua sisi arah ini memiliki kecenderungan destinasi yang berbeda. Selatan lebih dikenal dengan tempat wisata pantai cantiknya sedangkan di sisi Utara dikenal dengan tempat wisata Alam dan Gunung. Akan tetapi kedua sisi ini tidak pernah habis dan bosan untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

Di sisi Utara telah hadir sebuah tempat wisata yang sangat menarik. Lokasinya bisa membuat mata lepas memandang keindahan alam Kota Yogyakarta ini dengan sebuah latar atau background Gunung Merapi yang begitu jelas dan dekat.

Kehadiran lokasi ini memancing para wisatawan untuk mencicipi keindahan alam tersebut. Tak khayal jika jumlah wisatawan melonjak sewaktu waktu.

Tidak hanya dibuka sebagai wisata alam sekedarnya saja melainkan di lokasi ini juga terdapat sebuah wahana untuk kegiatan olahraga DownHill dan rute atau sirkuitnya mndapat pengakuan sebagai rute yang terbaik di kota Yogyakarta untuk kegiatan tersebut.

Ke-khas-an lokasi ini ialah terdapat pada sebuah gardu yang di peruntukkan untuk menikmati pemandangan alamnya. Gardu tersebut berada di sebuah puncak Bukit Klangon dengan ketinggian gardu sekitar kurang lebih 7 meter sudah cukup membuatnya dalam posisi yang begitu tinggi untuk melihat kondisi sekitar alam disana.

Hal Menarik

Bukit-Klanggon

Promo : Paket Tour Jogja Bukit Klanggon

Bagi para wisatawan pasti selalu bertanya tanya tentang hal yang bisa dilakukan disebuah tempat wisata. Baik, karena lokasinya yang berada di sebuah bukit tentunya tidak seperti sebuah wisata bertembok.

Disini semua wisatawan bisa melakukan kegiatan menginap dengan mendirikan sebuah tenda. Melakukan kegiatan camping bersama.

Selain itu juga telah tersedia sebuah tracking untuk kegiatan olah raga sepeda yaitu DownHill. Para wisatawan yang senang bersepeda bisa melakukan kegiatan tersebut di area yang telah disediakan oleh pengurus.

Selain dua hal diatas tentunya ialah sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk menyaksikan keindahan alam sekitar dengan latar belakang Gunung Merapi yang masih aktif.

Sebagian wisatawan, ternyata juga sering menjadikan lokasi ini sebagai area untuk photography. Sudah banyak yang melakukan kegiatan tersebut. Baik dari perorangan bahkan sampai aliansi yang melakukannya untuk foto pre-wedding.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di lokasi wisata ini sudah bisa dikatakan memadai. Keberadaannya pun juga dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung.

  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Musholla
  • Warung Makan
  • Terdapat Porter Sepeda
  • Track DownHill
  • Arena Camping
  • Gazebo

Lokasi dan Akses

Lokasi wisata ini tidak termasuk sulit untuk di temukan, hanya saja jika di jangkau dari titik 0 kota Yogyakarta memang rasanya begitu jauh.

Beralamat di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daera Istimewa Yogyakarta.

Untuk aksesnya jika melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta silahkan lakukan perjalanan ke arah barat yaitu Jln. Kh Ahmad Dahlan setelah bertemu pertigaan lanjutkan dengan belok kanan yaitu melewati Jln. Bayangkara kemudian lurus terus melewati Jln. Jogonegaran. Kemudian setelah perempatan ambil arah barat melewati Jln. Kemetiran Kidul lalu setelah perempatan melewati arah Utara yaitu Jln. Letjen Suprapto dan lakukan perjalanan hingga menemukan jalan sinpang dan belok kanan melewati Jln. Tentara Rakyat Mataram.

Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jln. Magelang lalu menuju ke Jln. Padjajaran lalu lanjutkan perjalanan menuju ke Jln. Kaliurang kemudian lurus terus sampai lewat Jln. Pamungkas kemudian ketika bertemu pertigaan ambil arah ke timur menuju Jln. Grogolan kemudian lanjutkan perjalanan dengan mengikuti papan penunjuk arah hingga sampai lokasi.

Untuk mencapai lokasi ini baknya para pengunjung melakukan perjalana dengan menggunakan kendaraan pribadi saja dikarenakan belum ada transportasi umum yang bisa mengantarkan penumpang sampai lokasi wisata.

Ini memang menjadi kelemahan secara tidak langsung mengunjungi wisata ini. Namun tidak perlu khawatir dikarenakan telah banyak aplikasi online yang menawarkan jasa perjalanan di kota Yogyakarta yang bisa digunakan.

Harga Tiket Masuk

Lokasi wisata ini belom dikenakan biaya hingga saat ini. Biasanya wisatawan hanya dikenakan biaya se-ikhlasnya saja dan hasil dari retribusi itu digunakan oleh pengelola untuk memperbaiki segala fasilitas yang ada di Bukit Klangon ini agar lebih baik dan menarik kedepannya.

Paket Tour Jogja Bukit Klanggon

Dengan segala keindahan yang dimiliki, tidak mengherankan jika tempat wisata satu ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bukan hanya wisatawan dalam kota saja. Lebih dari itu, juga banyak wisatawan dari luar kota. Jika Anda termasuk wisatawan luar kota, kami sarankan untuk menggunakan paket tour Jogja. Hal ini tentu untuk memudahkan perjalanan Anda semua,

Banyak sekali paket wisata di Jogja yang menyediakan fasilitas wisata ke Bukit Klanggon. Akan tetapi, kami menyarankan Anda untuk menggunakan paket wisata dari Widyalokawisata. Bukan hanya fasilitasnya yang lengkap. Lebih dari itu harga peket yang ditawarkan juga terjangkau. Tunggu apalagi, langsung saja lakukan pemesanan di www.widyalokawisata.com.

Mengunjungi lokasi wisata Bukit Klangon ini diharap menggunakan pakaian yang mendukung dalam cuaca yang dingin. Karena lokasinya termasuk berada di sebuah lereng Gunung Merapi. Selain itu tetaplah merawat kebersihan sekitar karena di lokasi ini selain petugas kebersihan, para pengunjungpun harus bertanggung jawab atas kebersihan tempat ini.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *