Bunker Kaliadem – Saksi Bisu Keganasan Merapi

Bunker Kaliadem – Bunker kaliadem merupakan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Selain keindahan alam yang sering menjadi “tempat ngadem” ternyata Bunker kaliadem juga merupakan saksi bisu bencana merapi beberapa tahun lalu. Tampat tersebut menjadi tempat ditemukan beberapa korban ganasnya wedus gembel merapi. Dulunya, kaliadem sering dipakai untuk camping karena angin semilir pegunungan yang sejuk. Ditambah lagi pemadanganya yang membuat para pendaki selalu jatuh cinta. Namun, setelah bencana merapi, Kaliadem hanya menyisakan hamparan pasir. Meski begitu, latar belakang pesona merapi masih menjadi daya tarik para wisatawan yang hobi melakukan selfie.

Bunker Kaliadem – Photo by @nanaaddd

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah Untuk Keluarga Atau Rombongan Ke Bunker Kaliadem. Info Klik Saja Paket Wisata Jogja

Setiap bencana selalu ada hikmahnya. Meski bunker kaliadem sempat porak poranda, kini justru dimanfaatkan untuk lava tour merapi. Dimana wisata ini juga mampu menarik minat wisatawan asing yang penasaran dengan bunker kaliadem pasca bencana. Wisata merapi lava tour kaliadem merupakan wisata edukasi yang akan memberi banyak informasi tentang dahsyatya letusan gunung. Dan yang menarik dari wisata ini adalah bisa melihat keindahan puncak gunung merapi dari jarak 2 km saja.

Bunker kaliadem merapi merupakan wisata yang cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan. Meski sempat rusak karena letusan merapi, tapi sekarang sudah dikelola dan memiliki spot foto yang instagramable. Bahkan, tiap spot foto akan membuat kita mengingat bencana merapi yang menewaskan relawan di dalam bunker. Wisata ini memang tak hanya menyuguhkan pemandangan yang adem, tetapi juga pengetahuan seputar gunung.

Bunker Kaliadem – Photo by @ardiansyahvin

Buat kamu yang hobi foto, kamu bisa memilih spot deket hutan pinus maupun kawasan yang mirip seperti abu vulkanik. Ada juga yang langsung berlatar belakang puncak merapi. Dan yang paling ketika wisata di Bunker kaliadem adalah pemandangan saat malam hari. Pada malam hari kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gunung merapi yang beda banget. Makanya, kalau kesini nggak ada salahnya menunggu hingga gelap agar bisa menyaksikan pemandangan yang tak biasa.

Lokasi Bunker Kaliadem

Kamu pastinya tak puas hanya dengan melihat foto-foto bunker kaliadem yang beredar di sosial media kan? Nah, kalau mau langsung foto dengan latar belakang merapi dari dekat, kamu bisa langsung ke lokasi bunker kaliadem yang beralamatkan di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Rute menuju Bunker Kaliadem

Rute menuju bunker kaliadem ini sangatlah mudah. Bisa dijangkau dengan mobil maupun motor. Tapi lebih enak pakai motor sih, soalnya lebih bisa leluasa berhenti di beberapa tempat untuk mengambil gambar yang menarik. Untuk rutenya, kamu bisa lewat Jalan Kaliurang. Lurus terus sampai ketemu pertigaan Pakem. Setelah itu, ambil arah kanan atau ikuti petunjuk arah nanti ketemu Jalan menuju Bunker Kaliadem.

Tiket masuk Bunker Kaliadem

Untuk wisata ke bunker kaliadem, kamu hanya dikenai biaya tiket masuk bunker kaliadem sebesar Rp. 10.000. Sedangkan untuk parkir cukup Rp. 5.000 saja. Kalau kamu mau nyobain lava tour merapi, maka biaya yang dikenakan tergantung rute yang kamu ambil. Untuk rute pendek biayanya Rp. 350.000 sedangkan untuk rute panjang Rp.650.000. Harga untuk lava tour merapi biasanya dihitung berkelompok, jadi kamu bisa patungan sama temen kamu.

Bunker Kaliadem – Photo by @nuraini48

Baca juga: Sewa Mobil Jogja Murah Liburan Ke Bunker Kaliadem

Fasilitas yang ada di Bunker Kaliadem antara lain, tempat makan dan minuman, tempat istirahat, dan beberapa pedagang juga menjual foto dan video letusan gunung merapi beberapa tahun lalu. Bahkan ada juga yang menjual gambar-gambar proses evakuasi relawan yang tertimbun di dalam bunker karena terjangan awan panas. Menarik kan? Makanya ayo wisata ke Bunker kaliadem.

Nah bagaimana, mau liburan bersama keluarga atau dengan teman teman menikmasi suasa di bunker kaliadem? Yuk pesan paket wisata jogja ke bunker kaliadem!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.