Candi Ijo dan Pemandangannya yang Menarik

Candi dengan Sejarah yang Menarik

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga menyimpan berbagai sejarah yang menarik. Tidak mengherankan jika dari waktu ke waktu semakin bermunculan tempat-tempat bersajarah menarik di Kota Jogja. Candi Ijo salah satunya. Candi yang berada di ujung timur kota Jogja ini juga menjadi salah satu spot favorit para penikmat senja. Semakin penasaran dengan hal-hal menariknya? Simak terus ulasan berikut ini.

 Daya Tarik

Candi-Ijo
Spot foto menarik

Sebelum membahas daya tariknya, kita mulai dari sejarahnya terlebih dahulu.  Candi yang bercorak Hindu ini mulai dibangun pada abad 10 sampai 11 ketika pemerintahan Kerajaan Medang. Selain usianya yang sudah tua, Candi satu ini juga dikenal sebagai candi tertinggi. Mengingat lokasinya yang berada di atas bukit serta memiliki ketinggian 357,402 mdpl hingga 395,481 mdpl.

Kemudian mengenai struktur bangunannya, secara keseluruhan Candi Ijo terdiri atas 17 bangunan yang kemudian dibagi dalam 11 teras berundak. Bagian teras yang pertama digunakan sebagai pintu masuk. Kemudian pada bagian pintu gerbang candinya terdapat teras berundak pada wilayah barat dan timur. Di sisi lain, pada bagian teras ke 11 terdapat sebuah pagar yang menutupi candi dari bagian luar. Bukan hanya itu saja, ada bangunan lain yaitu 3 buah perwara, 4 candi utama serta 8 lingga patok.

Lokasi candi yang berada di atas ketinggian ternyata semakin menambah daya tarik. Saat Anda berkunjung, Anda akan menjumpai pemandangan lain yang tidak dimiliki oleh candi-candi lain. Panorama kota Jogja yang indah dan menarik tentu menjadi daya tarik tersendiri. Menariknya lagi, dari atas ketinggian tersebut Anda bisa melihat landasan pacu bandara Adisucipto sehingga Anda akan melihat ketika pesawat sedang take off atau landing.

Selain menyodorkan bangunan yang gagah dari atas ketinggian, Candi satu ini juga menjadi salah satu tempat berburu sunset yang indah. Tidak mengherankan jika banyak sekali para pengunjung yang datang untuk menikmati sunset dari atas ketinggian.

Baca Juga : Menikmati Sunset di Candi Ratu Boko

Lokasi Candi

Mengenai lokasinya, candi yang berada di atas ketinggian ini terletak di sebelah barat Kota Jogja dan berbatasn langsung dengan Kota Klaten. Meskipun terbilang cukup jauh, namun Anda tidak akan menyesal ketika datang. Terutama saat menjelang terbenamnya matahari.

Mengenai alamat tepatnya,  berada di Dusun Groyojan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupatan Sleman, DIY.

Rute Menuju Candi

Mengingat lokasinya yang berada di atas ketinggian, tidak mengherankan jika dibutuhkan perjalanan yang sedikit menantang. Sepanjang perjalanan, Anda akan mejumpai beberapa tanjakkan yang lumayan curam. Dengan demikian, disarankan untuk selalu melakukan pengecekan kendaraan sebelum datang ke Candi di Jogja satu ini. Mengenai kondisi jalannya, sudah terbilang cukup baik meskipun terdapat beberapa jalan yang masih bergelombang.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Kota Jogja, silahkan Anda perjelanan dengan rute Jogja – Solo. Sesampainya di pertigaan Candi Prambanan ambil arah kanan atau bisa juga dengan mengambil rute perjalanan kea rah timur hingga sampai di jalan Prambanan – Piyungan. Lakukan perjalanan hingga sampai di papan nama bertuliskan Candi Ijo. Ambil belokan kiri dan ikuti terus perjalanan sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk

Halaman candi

Mengenai harga tiket masuknya masih sangat terjangkau. Dengan biaya sebesar Rp. 5.000 Anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan yang menarik. Kemudian jika Anda menggunakan kendaran roda dua, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 dan jika menggunakan kendaraan roda empat maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

Fasilitas

Demi menunjang kenyamanan para wisatawan, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas seperti:

  • Pos penjagaan
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Pos satpam
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Papan informasi candi

Jam Operasional Candi

Candi dengan pemandangan sunset yang menarik ini bisa Anda kunjungi setiap hari dari Senin sampai Minggu mulai jam 06.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.

Tips Berkunjung

  1. Untuk menghindari terik matahari, kami sarankan berkunjung pada pagi hari dan sore hari
  2. Untuk bisa menikmati pemandangan, silahkan Anda berkunjung pada musim hujan
  3. Hati-hati saat menempuh perjalanan, mengingat medannya cukup berat dan ada beberapa jalan yang belum rata

Itulah beberapa infomasi mengenai Candi Ijo. Untuk Anda yang penasaran dengan pemandangan sunsetnya, langsung saja agendakan liburan Anda sekarang juga.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *