Daftar Tempat Wisata di Jogja Terlengkap 2019

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Jogja memiliki berbagai macam tempat wisata. Dari waktu ke waktu, daftar tempat wisata di Jogja semakin bertambah. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata yang hits dan kekinian. Semua bisa Anda temukan di Jogja. Bagi yang tinggal atau sudah pernah ke Jogja, tentu tidak asing dengan beberapa tempat wisata Jogja ini. Akan tetapi sangat berbeda bagi yang belum pernah  ke Jogja.

Berikut ini, widyalokawisata.com hadirkan berbagai rekomendasi wisata Jogja yang bisa Anda jadikan pilihan saat akan berkunjung ke Jogja. Langsung saja, simak urainnya berikut ini.

Beberapa Tempat Wisata Jogja Terlengkap 2019

Air Terjun Kedung Pejut

Wisata Jogja Air Terjun Kedung Pejut

Daftar wisata Jogja pertama kami hadirkan air terjun. Berada di bagian barat dan selatan kota Jogja Anda akan menjumpai pemandangan yang masih Asri. Air Terjun Kedung Pejut memiliki keindahan air terjun yang menawan. Para wisatawan di manjakan dengan suara jatuhnya air mengalir dan dapat juga menikmati kesegaran airnya.

Lokasi ini dapat ditemukan di Kabupaten kulonprogo, Yogyakarta.Goa Sriti Kulonprogo

Goa Sriti Kulonprogo

Pada zaman dahulu Goa Sriti ini pernah dijadikan lokasi persembunyian oleh Pangeran Diponegoro. Lokasi ini lebih sering dijadikan destinasi wisata edukasi, tidak seperti Goa-goa yang ada di tempat lainnya yang sebagian banyaknya hanya untuk tempat berwisata.

Lokasi Goa Sriti ini berada di Kabupaten Kulonprogo. Untuk tepatnya berlokasi di Dusun Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh.

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Seperti keindahan air terjun pada umumnya, namun Air terjun Perawan sidoharjo memiliki keindahan yang tak bisa kita banding-bandingkan. Di lokasi ini Kalian bisa juga menikmati kesegaran airnya. Tidak ada peraturan khusus namun bagi para Wisatawan baiknya menghormati lokasi ini dengan tidak melakukan hal-hal yang negatif.

Lokasinya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo

Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi ini sangat berbeda dengan wisata-wisata lainnya yang ada di Yogyakarta. Desa Wisata Tembi ini hanya menawarkan sebuah wisata budaya, jadi bagi para Wisatawan yang ingin menikmati wisata budaya lokasi ini sangat sangat cocok untuk dikunjungi.

Lokasinya berdekatan dengan Kampus ISI Yogyakarta. Kurang lebih hanya berjarak 2 Km kearah selatan setelah Kampus ISI Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Datar tempat wisata Jogja Hutan Pinus Mangunan ini menghadirkan pesona keindahan yang tidak pernah bosan untuk dinikmati. Selain itu, Hutan Pinus Mangunan juga erupakan salah satu dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH). Disini Kalian akan dimanjakan dengan suasana rindang pohon Pinus yang indah.

Hutan Pinus Mangunan memilliki nama lain yaitu Hutan Pinus Imogiri. Dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan Imogiri.

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan

Menurut kenyataannya nama dari goa tersebut diambil dari sebuah batu yang menyerupai bentuk Gajah yang ada didalam Goa, sehingga masyarakat sekitar menamai Goa ini dengan Goa Gajah. Goa ini masih dalam keadaan asli karena didalamnya masih banyak stalaktit dan satalakmit. Kedalaman Goa ini masih belum diketahui dikarenakan ada tumpukan tanah sehingga menutup jalan Goa tersebut, namun kedalaman yang diketahui oleh pihak pengelola Goa sekitar 200 meter.

Lokasi Goa ini berada di daerah Mangunan, Yogyakarta.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Wisata Jogja selanjutnya beralih ke Pantai. Pantai sepanjang menjadi salah satu pantai di Jogja yang terkenal akan keindahannya. Pantai ini berada sejajar dengan Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Pantai Sepanjang ini memiliki pemandangan yang eksotik dan memiliki pasir yang berwarna keputihan yang terhampar di sepanjang area pesisir pantai.

Watu Giring

Watu Giring

Wisata di watu Giring memiliki nilai eksotisme tersendiri. Jika Kalian berwisata di lokasi ini maka secara otomatis Kalian akan mendapatkan pengalaman yang lain. Berbagai hal menarik akan kalian jumpai di tempat wisata Jogja satu ini.

Lokasi ini cocok dikunjungi ketika musim liburan tiba dan hari-hari biasa.

Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya

Berada di Kabupaten Gunungkidul, tempat wisata Jogja satu ini juga menarik untuk dikunjungi. Mengingat lokasinya yang berada di kawasan Konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul maka daerah ini sangat cocok untuk dijadikan wahana camping. Dengan lokasi yang bernuansa hutan baik dijadikan untuk menikmati alam dengan membangun tenda untuk para wisatawan bermalam. Kalian akan merasakan suasana hutan yang murni di lokasi ini.

Lokasinya berada di jalan menuju wonosari.

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen

Saat berkunjung ke Pantai Sangkleng Anda akan disuguhkan pemandangan yang berbeda. Pohon cemara banyak tumbuh dilokasi Pantai Sanglen. Ini menambah keindahan lokasi Pantai ini sehingga para Wisatawan bisa menikmati suasana pantai sambil berteduh dibawah pohon cemara. Panoramanya yang sangat asri dan ditambah tumbuhan yang dirawat di daerah pantai membuat suasana menjadi nyaman.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Wisata Jogja selanjutnya ini hadir dengan pemandangan yang unik nan menarik. Lebih dari itu, pantai ini pun juga belum memiliki pengunjung yang ramai. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi membuat para wisatawan seakan-akan memiliki lokasi ini sendiri. Ini sangat cocok bagi Kalian yang suka dengan area sepi. Tentu pemandangan disini sangat indah bak di surga.

Kalian dapat berlama-lama melakukan camping diarena ini karena tempatnya yang tersembunyi dan bagus untuk menikmati alamnya tanpa ada gangguan dari turis lainnya.

Pantai Kukup

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Selain pasirnya yang berwarna keputihan, pantai Kukup ini memiliki sebuah batu karang besar menjorok kelaut dan sebuah jembatan. Lokasi pantainya pun diapit oleh dua buah bukit kapur sehingga menambah keanggunan lokasi tersebut.

Lokasi pantai ini berada di daerah Gunungkidul.

Embung Batara Sriten Gunungkidul

Embung Batara Sriten Gunungkidul

Tempat wisata ini termasuk wisata yang baru. Wisata ini diresmikan pada tahun 2015 dan mulai dikelola dan dikembangkan. Cukup baik untuk liburan keluarga. Anda bisa mengujunginya saat weekend sembari menunggu senja dari atas kota Yogyakarta.

Lokasinya berada di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Samin terbilang cukup unik. Telaga ini terbentuk karena bekas galian Tambang Batu, sehingga air mengisi bekas dari tambang-tambang tersebut. Karena memiliki nilai wisata yang tinggi hingga kini kolam air tersebut dijadikan lokasi untuk wisata.

Lokasinya berada di bukit Ngentak, Desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Pantai ini memiliki keunikan sendiri karena ada sebuah air terjun yang langsung turun ke sebuah pantai. Daerah ini sengat jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga membuat suasananya nyaman dan cukup private. Jika Kalian berwisata ke daerah Gunungkidul baiknya Kalian mengunjungi Pantai ini. Karena sangat jarang ditemui sebuah pantai yang memiliki air terjun sendiri.

Kampung Teletubbies

Kampung Teletubbies

Bukit Teletubies merupakan sebuah tempat yang cukup unik. Lokasi ini merupakan sebuah kampung yang memiliki bentuk rumah unik setengah lingkaran. Karena bentuknya yang unik, warga kampungpun menjadikan sebuah kampung ini untuk tujuan berwisata. Terdengar cukup aneh jika tempat tinggal lalu dijadikan untuk sebuah wisata. Namun memang begitu adanya. Kampung ini telah menjadi sebuah wisata yang ada di Yogyakarta.

Candi Sari

Candi Sari

Candi Sari menurut sejarah sudah dibangun pada abad ke-8. Keunikan Candi ini yaitu mempunyai hubungan dengan Candi Kalasan, menurut sejarah Kalian bisa menemukannya didalam prasasti Kalasan yang tertulis sekitar tahun 778 Masehi.

Lokasi ini sangatlah baik untuk tujuan wisata edukasi.

Candi Barong

Candi Barong

Daftar wisata Jogja selanjutnya yaitu wMengunjungi Candi Barong sangat cocok untuk Kalian berwisata sambil bersantai. Karena lokasinya cukup jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Candi ini adalah peninggalan Hindu dan tak jauh dari Istana Ratu Boko.

Selain itu Kalian pun bisa menikmari pemandangan dari sebuah bukit Batur Agung

Lokasi tepatnya berada di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Blue Lagoon

Blue Lagoon

Sebuah lokasi pemandian. Lebih sering dikenal dengan Blue Lagoon. Blue Lagoon hadir dengan pemandangan berupa air sungai yang masih jernih. Anda bisa langsung berenang dan menikmati kesegaran airnya.

Lokasinya berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini tidak terlalu susah untuk dijangkau. Kalian hanya perlu melakukan perjalanan menuju jalan Kaliurang yang berada di utara kota Yogyakarta

Taman Tino Sidin

Taman Tino Sidin

Taman ini sebetulnya hampir mirip dengan sebuah museum, namun tempat ini juga menyajikan sebuah layanan edukasi bagi anak anak yang menyukai seni menggambar. Namanyapun diambil dari seorang seniman yang begitu terkenal di Indonesia dan kebetulan juga berdomisili di Kota Yogyakarta.

Taman Sari

Taman Sari

Wisata Jogja selanjutnya ini menjadi Taman Sari merupakan tujuan wisata wajib jika mengunjungi Kota Budaya ini. Selain Keraton, Tugu dan Malioboro, Taman Sari selalu menjadi sarana untuk menikmati struktur kerajaan Yogyakarta pada zaman dahulu. Dan Taman Sari ini memiliki nilai estetika yang tinggi dalam struktur bangunan kerajaan.

Bersebelahan dengan Pasar Taman Sari. Jika Kalian menyukai suasana masa lampau maka Taman Sari sangat cocok untuk Kalian kunjungi. Lokasinya cukup mudah ditemui karena berada dipusat Kota Yogyakarta

Museum Affandi

Musem Affandi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya kalau wisata Jogja sangat lengkap sekali. Untuk memenuhi kelengkapan tersebut, hadirlah sebuah museum yang berada di dekat pusat kota Jogja. Musem Affandi. Seperti halnya museum pada umumnya bahwasanya Museum Affandi menyimpan hasil karya lukisan yang pernah dibuat. Namun yang di tampilkan bukan hanya hasil karya sang Maestro, melainkan juga dari seniman lainnya.

Lokasi ini cocok untuk dijadikan wisata edukasi dalam bidang kesenian.

Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Kerajinan Perak ini terletak di wilayah Kotagede. Sejak dahulu wilayah ini dijadikan tempat untuk produksi karya yang menyangkut dengan bahan perak. Biasanya yang diproduksi berupa perhiasan seperti kalung, cincin, aning, dan lainnya. Tetapi tidak menutup pesanan untuk hallain yang berbahan dasar perak.

Gembira Loka

Gembiraloka

Gembira loka merupakan wisata keluarga dengan mengusung tema satwa. Koleksi hewan di kebun binatang ini memilikik sekitar 100 hewan spesies.

Didalam lokasi ini juga terdapat wahana bermain bagi anak-anak dan juga taman untuk bersantai. Menurut kisah, dahulu gembira loka bukan sebuah kebun binatang melainkan adalah tempat untuk memelihara hewan yang dimiliki oleh keraton.

Wildlife Rescue Center Yogyakarta

Wildlife Rescue Center Yogyakarta

Ini adalah sebuah lembaga non-profit yang bergerak untuk konservasi satwa yang terancam punah dan masuk dalam kategori dilindungi. Sehingga dengan adanya lembaga ini dapat membantu untuk mengontrol populasi hewan tersebut.

Wisata edukasi ini sangat baik membantu generasi kita untuk paham akan perkembangan satwa yang ada di indonesia khususnya.

Puncak Suroloyo Kulonprogo

Puncak Suroloyo Kulonprogo

Lokasinya berada di sebelah barat kota jogja dan merupakan puncak tertinggi di perbukitan Menoreh. Di puncak ini dapat menikmati pemandangan 4 gunung secara bersamaan, yaitu gunung Sindoro, gunung Sumbing, gunung Merbabu, dan gunung Merapi.

Ketinggian Puncak Suroloyo ini sekitar 1.019 mdpl.

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo ini dikelilingi perbukitan hijau dan memiliki luas sekitar 157 Hektar. Berwisata ketempat ini akan tetap merasakan sejuk meskipun berkunjung di siang hari. Lokasinya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo  hampir sama dengan goa-goa pada umumnya namun tidak dapat diartikan sama pula. Karena setiap destinasi wisata pasti memiliki nilai estetika sendiri. Menurut kisah Goa ini masih sering dijadikan lokasi untuk bertapa. Namun tidak menutup kemungkinan untuk berwisata ke daerah ini menikamati keindahan Goa tersebut.

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal ini merupakan sebuah lokasi mata air yang tertampung dan mengaliri sungai. Lokasi ini persis berada di perbukitan Menoreh. Mata air di Taman Sungai Mudal ini berasal dari Goa yang ada di tebing Gunung Kelir.

Sumber mata air ini begitu terkenal karena keawetannya yang mana meskipun musim kemarau air ini tidak pernah kering dan dapat mengalir mencukupi kebutuhan warganya.

Pantai Bugel

Pantai Bugel

Keberadaan Pantai Bugel ini masih jarang dikunjungi. Jadi lokasinya masih asli dan memiliki keindahan tertentu. Cocok bagi para Wisatawan yang menyukai suasana sepi dan Pantai Bugel ini berada diantara Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

Lokasi Pantai ini berada di Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Panjatan.

Museum De Arca

Museum De Arca

Tentu menurut namanya saja Kalian sudah pasti paham. Namun yang ditawarkan oleh museum ini begitu berbeda, sebab isi dari museum ini adalah sebuah patung yang sengaja dibuat dari lilin.

Di Museum ini Kalian akan menemukan bermacam-macam patung lilin superhero, seperti Hulk, Captain Amerika, Spidermen dan Iron man namun yang akan Kalian lihat ialah dalam versi Jawa. Tidak hanya itu saja Kalian pun ditawarkan dengan adanya patung tokoh-tokoh dunia.

Museum De Mata

Museum De Mata

Di Museum De Mata ini menyajikan seni 3D. Hal-hal yang sering dilakukan oleng pengunjung adalah sengan mengabadikannya pada sebuah foto. Cukup unik dan sulit karena untuk mendaoatkan kesan 3D yang sempurna Kalian harus memotretnya dengan posisi yang baik. Tak heran jika lokasi ini sering didatangi oleh pengunjung yang suka melakukan aktivitas foto.

Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo

Seperti namanya lokasi ini adalah sebuah pasar. Namun bukan hanya sebuah pasar saja yang bisa Kalian ambil ilmunya. Karena Pasar Bringharjo ini memiliki nilai posisi dan filsafat sendiri. Selama ratusan tahun Pasar Bringharjo ini masih beroperasi sangat baik dan ramai pengunjung dan menjadi pusat kegiatan kebutuhan ekonomi masyarakat Yogyakarta.

Kedung Pengilon

Kedung Pengilon

Lokasi ini berupa lokasi Air Terjun yang memiliki kolam dengan airnya yang jernih. Kedalaman kolamnya sekitar kurang lebih 5 samapi 8 meter. Ini sangat cocok buat Kalian untuk berendam dan bersantai. Tempatnyapun begitu sangat sepi dan sunyi. Berkunjung kelokasi ini baiknya pada waktu terang karena ketika malam datang tempat ini sangat gelap.

 Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Meskipun tempat wisata Air Terjun berada di  lokasi yang terpencil, tidak mengurangi pemandangan yang ada di sekitaer. Lebih dari itu,  intensitas kegiatan masyarakat yang minim membuat lokasinya begitu asri dan nyaman. Sehingga sedikit kemungkinan tercemar. Keberadaan Air terjun di dukung dengan kontur wilayah yang ada disetiap daerah.

 Lokasin Air Terjun Kedung Pedut berada didaerah Kulonprogo.

Ternyata, cukup banyak daftar wisata Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kini saatnya Anda semua mencoba pengalaman baru mengunjungi berbagai tempat wisata Jogja. Tunggu apalagi? Kini saatnya Anda mengagendakan liburan sekarang juga.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *