Menjajal Suasana Pedesaan di Desa Wisata Brayut

Piknik Asik di Desa Wisata Brayut

Desa wisata Brayut – Kota Yogyakarta merupakan sebuah kota yang mempunyai begitu banyak lokasi wisata yang indah dan istimewa. Daftar wisata yang tersedia mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner.Semua jenis wisata tersebut bisa Anda temukan di Kota Yogyakarta.

Belum lama ini, ada destinasi wisata yang sedang hits di Kota Yogyakarta. Desa Wisata Brayut Namanya. Penasaran dengan apa saja yang ada di dalamnya? Langsung saja, kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

Penasaran dengan pesona asri di Desa Wisata Brayut? Kunjungi sekarang juga dengan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata.

Kegiatan Menarik  di Desa Wisata Brayut

Kegiatan menarik di Desa Wisata Brayut

Ketika berada di kawasan Desa wisata Brayut akan ada begitu banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan. Meski obyek wisata satu ini bukan merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di Jogja dan masih cukup asing di telinga para wisatawan lokal akan tetapi tidak sedikit juga pengunjung dari mancanegara berdatangan.

Berikut ini beberapa kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan ketika berada di Dewa wisata Brayut.

1. Pelatihan Pertanian

Disini para wisatawan dapat mencoba kemampuan dibidang pertanian. Para pengunjung akan diedukasi tentang cara mengolah sawah hingga menanam padi yang benar. Kegiatan tersebut bisa dilakukan untuk semua umur apalagi untuk anak-anak. Tentu akan menambah pengalaman yang sangat menyenangkan. Mengenai harganya juga sangat terjangkau.  Tarif yang dikenakan Rp 8.000 per orang.

2. Belajar Menari

Tidak hanya belajar menjadi seorang petani, para wisatawan juda dapat belajar menari. Para wisatawan akan diajak untuk mempelajari tarian tradisional.  Lebih dari itu, pengunjung juga dapat mempelajari jenis-jenis tarian serta teknik menari adat Jawa yang cukup sulit untuk dipraktekkan. Mengenai tarifnya juga sangat terjangkau. Hanya Rp. 8.000 saja untuk setiap orangnya.

3. Belajar Gamelan (Karawitan)

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu belajar gamelan.  Disini Anda akan dikenalkan lebih dalam tentang alat music tradisional Jawa yakni gamelan serta segala macam instrumen yang termasuk ke dalam golongan gamelan itu sendiri atau biasa disebut dengan karawitan. Untuk bisa menikmati pengalaman seru satu ini pengunjung tidak akan dikenakan tarif yang mahal. Hanya Rp. 8.000 saja untuk setiap orangnya.

Ingin belajar Karawitan di Desa Wisata Brayut? Kunjungi sekarang juga dengan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata.

4. Belajar Membatik

Bagi wisatawan yang menyukai kerajinan batik disini Anda dapat mencoba membuat batik sekaligus belajar mengenai macam jenis teknik membuat batik yang pastinya menarik untuk Anda coba. Untuk kegiatan ini Anda hanya perlu membayar Rp 20.000 per orang

5. Permainan Tradisional

Untuk para wisatawan yang datang bersama anak dan mau mengajarkan ke anak Anda tentang permainan tradisional, datang ke Desa Wisata Brayut bisa menjadi pilihan yang tepat.  Bawalah anak Anda untuk merasakan seru dan asyiknya gabung ke permainan tradisional yang ada di Desa wisata Brayut. Biaya yang dikenakan hanya Rp 5.000 per orang.

6. Paket Memasak Tradisional

Kegiatan wisata berikut ini akan sangat cocok untuk ibu-ibu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang masakan tradisional. Anda akan diajak untuk mengikuti kegiatan memasak masakan tradisional. Kegiatan ini juga sangat ramah di kantong. Setiap pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 8.000 saja.

7. Belajar Kerajinan Janur

Masih ada kegiatan seru lainnya yang tersedia di desa ini yakni belajar membuat kerajinan janur atau bahan yang berasal dari daun kelapa ini. Anda dapat mencoba kegiatan tersebut. Siapa tau, itu merupakan kesenangan tersembunyi selama ini. Hanya dengan merogoh budget sebesar Rp. 3.000 saja, para pengunjung sudah mendapatkan pengalaman seru nan menyenangkan.

Fasilitas Desa Wisata Brayut

Belajar Pertanian di Desa Wisata Brayut

Fasilitas yang tersedia di Desa wisata Brayut ini sudah tergolong memadai. Adapun fasilitas yang sudah tersedia yakni :

  • Area Parkir
  • Masjid
  • Sanggar Tari
  • Sanggar Membatik
  • Toko Cinderamata
  • Penginapan / Homestay

Harga Tiket dan Parkir Desa Wisata Brayut

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke desa tersebut. Dengan ini Anda bisa menjelajah ke setiap sudut wilayah di Desa wisata brayut, akan tetapi Anda akan dikenakan biaya lain ketika gabung untuk beberapa kegiatan yang sudah di tuliskan diatas. Untuk biaya parkir Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

Lokasi Desa Wisata Brayut

Alamat lengkap Desa wisata Brayut di Dusun Brayut, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute Menuju Desa Wisata Brayut

Bila Anda memulai perjalan dari pusat kota Jogja Anda langsung mengambil jalan Kh Ahmad Dahlan lurus hingga menemui perempatan ambil ke arah utara untuk menuju jalan Letjen Suprapto.

Kemudian lurus hingga pertigaan belok ke kanan melalui jalan Tentara Rakyat Mataram lurus terus hingga menjumpai perempatan belok ke kanan sampai bertemu perempatan lagi kemudian belok kiri menuju ke jalan Griya Taman Sari, sampai ke perempatan belok ke kiri ikuti jalan hingga Anda sampai ke Desa Wisata Brayut.

Jarak yang akan Anda tempuh dari pusat kota Jogja menuju Desa Wisata Brayut tidak begitu jauh, setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 13 kilometer untuk perjalanan kendaraan normal untuk roda dua.

Tips Berwisata

Desa Wisata Brayut

Ada beberapa tips wisata ketika Anda akan berkunjung ke Desa Wisata Brayut. Berikut Tipsnya :

  • Bawalah uang yang cukup
  • Mematuhi aturan yang ada
  • Menjaga lingkungan
  • Menjaga kebersihan
  • Tidak membuat kegaduhan
  • Menggunakan pakaian yang nyaman

Demikianlah artikel mengenai Desa Wisata Brayut yang mungkin bisa menjadi refrensi serta menfaat bagi Anda ketika ingin mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *