Belajar Sejarah di Goa Jepang Bantul

Kota Yogyakarta mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Begitu banyak lokasi wisata yang indah mulai dari wisata popular hingga wisata yang masih asri dan alami. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, Goa Jepang hadir sebagai salah satu tempat wisata sejarah yang sampai sekarang masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Goa Jepang tersebut memiliki ketinggian mulai dari 400 meter sampai 500 meter di hitung dari permukaan laut. Goa Jepang ini dibangun dengan bahan beton yang membuatnya hingga saat ini masih berdiri kokoh dan sedikitpun tidak memperlihatkan kerapuhan. Akan saying disayangkan jika para pelancong khususnya dari luar Kota Jogja jika tidak mengunjungi wisata Goa Jepang Bantul ini.

Ingin berkunjung ke Goa Jepang Bantul? Pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata sekarang juga.

Daya Tarik Goa Jepang Bantul

Goa Jepang Bantul

Untuk Anda yang memiliki rencana liburan dengan keluarga berwisata sambil mempelajari sejarah, berkunjung ke Goa Jepang Bantul merupakan pilihan yang cocok. Sebab, selain Anda dapat melihat pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian ditambah angin laut yang menerpa, Anda juga akan disuguhkan tentang sejarag Goa Jepang Bantul yang juga menjadi saksi perjuangan para pahlawan.

Wisata satu ini mempunyai pesona keindahan yang sangat luar biasa yang pastinya membuat para pengunjung semakin penasaran dan membuat jatuh cinta seketika dengan sejarah Goa Jepang Bantul itu sendiri. Faktanya goa tersebut memiliki tinggi sekitar 400 meter sampai 500 meter dari atas permukaan laut serta terdiri dari beton yang membuatnya tetap kokoh hingga saat ini.

Sejarah Goa Jepang yang Menarik

Saat dulu kala, Jepang begitu tergoda dengan keindahan serta potensi alam yang terdapat di Indonesia. Hal tersebutlah yang menjadikan salah satu alasan Jepang menjajah Indonesia, karena memiliki potensi alam yang sangat indah. Ditambah pada saat bersamaan Negara Belada sedang berada dalam kondisi yang genting yakni negaranya saat itu sedang berkutat oleh negara Jerman.

Kondisi tersebut seakan menjadi batu loncatan untuk negara Jepang agar bisa masuk mengambil alih kekuasaan Belanda di Indonesia pada jaman itu yang dimana Jepang dalam melakukan aksinya bermodus menawarkan bala bantuan untuk Indonesia mengenai pengusiran tentara Belanda yang ada di Indonesia.

Tahun 1942 negara Jepang mulai masuk ke Indonesia untuk menggantikan Belanda setelah keberhasilan mereka mengusir tentara Belanda yang sudah lama menjajah negara Indonesia. Ketika Jepang sudah masuk ke Indonesia mereka membangun doa tepat di lereng Bukit Pundong sekitar 18 goa dengan alasan membangun disini yakni karena tempatnya sangat strategis.

Ingin belajar sejarah di Goa Jepang Bantul? Langsung saja, pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata sekarang juga.

Fasilitas Goa Jepang Bantul

Fasilitas yang tersedia di Goa Jepang Bantul hingga saat ini belum terlalu lengkap. Kesediaan fasilitas umum seperti parkiran, toilet atau beberapa macam fasilitas lainnya. Namun, bagi Anda yang ingin mencari tempat penginapan. Anda dapat memilih hotel yang bisa Anda temukan di wilayah Pantai Parangtritis dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari goa tersebut.

Lokasi Goa Jepang Bantul

Lokasi wisata sejarah Goa Jepang Bantul cukup mudah dijangkau dan ditemukan. Jika Anda ingin berkunjung ke Goa Jepang, diharapkan untuk berhati-hati karena jalan menuju wisata ini terdapat tanjakan dan tikungan yang curam.

Lokasi Goa Jepang Bantul ini tidak begitu jauh dengan obyek wisata Pantai Parangtritis. Alamat tepatnya berada di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir Goa Jepang Bantul

Spot foto di Goa Jepang Bantul

Nikmati :promo paket tour Jogja ke Goa Jepang

Walaupun lokasinya memiliki daya tarik yang sangat kuat serta menyimpan sejarah yang cukup panjang, akan tetapi obyek wisata satu ini belum mematok harga untuk para pengunjung alias tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk mengunjungi Goa Jepang Bantul ini.

Dengan tanpa membayar uang retribusi masuk berarti para pengunjung dibebaskan untuk menjelajah setiap sudut goa sepuasnya. Nah, meski belum dikenakan tarif masuk para pengunjung akan dikenakan biaya lain jika ingin mengabadikan foto di area Goa Jepang tersebut. Biayanya pun tidak besar yakni hanya Rp 3.000 saja.

Selain itu Anda akan tetap dikenakan retribusi parkir yang juga tidak terlalu mahal. Mulai dari kendaraan motor roda dua Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk Anda yang membawa kendaraan mobil.

Rute Menuju Goa Jepang Bantul

Jalur yang mesti Anda lewati jika Anda ingin menuju ke lokasi Goa Jepang Bantul hingga saat ini sudah bisa dibilang terjangkau. Namun terdapat sebagian jalan yang terbilang sempit untuk dilewati kendaraan seperti mobil selain itu terdapat juga jalan yang sedikit berbelok-belok dan juga curam.

Jika Anda memulai perjalan dari pusat Kota Yogyakarta menuju timur untuk melewati jalan Panembahan Senopati lalu setelah perempatan belok kanan ambil ke arah selatan melalui Jl Brigjen Katamso, lurus hingga melewati Jl Parangtritis terus hingga pertigaan belok kiri melalui Jl Mangun Negoro, lurus hingga melewati Jl Raya Pundong.

Sampai bertemu Perempatan belok ke barat menuju Jl Kretek Siluk, kemudian di pertigaan ke selatan hingga Anda menemukan Goa Jepang Bantul dibantu plang yang tersedia di sekitaran jalan.

Ingin mengunjungi Goa Jepang dengan mudah? Langsung saja, pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata.

Tips Berwisata

  • Membawa kendaraan sendiri agar mudah untuk mencari lokasi
  • Gunakan GPS atau jangan malu bertanya oleh warga jika kesusahan untuk menemukan lokasi
  • Menggunakan pakaian yang nyaman serta alas kaki yang cocok dengan medan yang sedikit menanjak.
  • Menjaga kebersihan dan datang dengan kondisi yang fit
  • Ikuti aturan yang ada dan jangan menimbulkan kerusakan

Cukup lengkap bukan ulasan mengenai Goa Jepang Bantul yang hingga saat ini masih menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *