Harga Tiket, Akses Lokasi dan Rute menuju Air Terjun Kedung Pedut

Lagi-lagi kota yogyakarta, selalu menarik perhatian dengan tempat wisatanya. Tidak hanya tempat wisata dikawasan kotanya saja namun ditempat-tempat tersembunyipun selalu ada lokasi untuk dinikmati.

Air Terjun Kedung Pedut merupakan tawaran wisata yang fresh untuk wisatawan. Mengapa demikian?

Ya, hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi dan tentu keadaannya yang masih alami seakan-akan menemukan sebuah tempat yang belum terjamah siapapun sehingga membuat suasana menjadi nyaman, tenang dan indah.

Yang menjadi daya tarik utama ialah karena cekungan untuk menampung air terjun yang jatuh itu tidak terbentuk oleh bantuan tangan manusia. Karena memang terbentuk secara alami inilah yang menjadikan tempat ini selalu mendapat pantauan dari para penjelajah alam.

Hal Menarik Air Terjun Kedung Pedut 

Air Terjun Kedung Pedut

Dari namanya saja tentu Kita sudah bisa membayangkan hal apa yang ada disana. Air Terjun selalu memiliki ciri khasnya. Menikmati keindahan alam ini adalah sesuatu yang sangat-sangat merugikan jika dilewatkan.

Bagaimana tidak, Kita akan dimanja dengan kucuran air yang jernih dan tanpa batas sembari menenangkan tubuh dan pikiran dengan dikelilingi pohon-pohon rimbun dan suasana alamnya yang asri.

Di lokasi Air Terjun ini tersedia 5 buah kolam yang terbentuk secara alami.  Dan itu benar-benar bisa Kita nikmati. 5 buah kolam ini memiliki nilai tersendiri dan memiliki jenis kedalaman yang berbeda-beda. Dan setiap kolamnya memiliki nama masing-masing yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok. Kedung Merak dan yang terakhir Kedung Merang.

Selain itu juga air yang tersedia di lokasi ini memiliki warna yang berbeda dengan lokasi air terjun lainnya. Lokasi ini dikenal dengan warnanya yang hijau tosca. Mengapa air terjun Kedung Pedut memiliki air berwarna hjau tosca? Terbentuknya warna tersebut dikarenakan adanya hasil sebuah pantulan cahaya dari batuan yang berada dibawah dasar kolam karena matahari. Jadi bukan karena airnya yang dihasilkan karena endapan tidak mengalir.

Tenang saja bagi Kita yang tidak bisa menikmati kolam air ini atau tidak bisa berenang masih dapat menikmati keindahannya juga. Disebelah kolam-kolam ini pun tersedia jalannya air dan itupun cukup dangkal. Nah alternativenya bagi Kita yang tidak bisa berenang bisa memilih arena ini untuk sekedar bermain air. Selain itu juga di bagian dinding yang dibentuk secara alami juga sudah tersedia bambu yang sengaja dibuat untuk menambah kecantikan dan wahana wisata.

Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut

Tentunya Kita juga akan selalu bertemu beberapa fasilitas untuk membantu kebutuhan di lokasi wisata. Ini bukan hal yang lumrah. Dengan adanya fasilitas yang disediakan Kita sebagai pengunjung pun akan sangat terbantu.

Berikut beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola:

  1. Kursi yang terbuat dari Bambu / Kayu.
  2. Sebuah jembatan sebagai penghubung antar tebing.
  3. Musholla sebagai tempat untuk Kita beribadah.
  4. Toilet.
  5. Ruang ganti.
  6. Warung makan dan minuman.
  7. Gardu Pandang.
  8. Pancuran terbuat dari bambu.
  9. Flying Fox.
  10. Lokasi Parkir kendaraan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk 

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabupaten Kulonprogo memang cukup jauh ditempuh dari Kota Yogyakarta namun itu bukan sebuah halangan jika Kita sudah sampai dilokasi maka semua akan terbayar lebih.

Harga Tiket Masuk ke lokasi Air Terjun Kedung Pedut akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000,- per orang dan harga parkir kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,- untuk sepeda motor sedangkan Rp. 10.000,- untuk kendaraan mobil.

Untuk lokasi parkir ini menjamin keamanan kendaraan Kita sebagai pengunjung. Dan biaya ini juga masuk untuk mengembangkan lokasi ini menjadi lebih baik kedepannya.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Akses menuju lokasi ini memang terdengar tidak mengenakkan ketelinga Kita. Karena lokasinya yang cukup memakan waktu lumayan lama dari pusat Kota Yogyakarta. Namun itu lagi-lagi bukan masalah yang cukup serius.

Jika Kita menuju lokasi dari pusat Kota Yogyakarta yaitu titik Nol kilo-meter maka perlu mengambil arah menuju barat yaitu ke arah jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian lanjutkan perjalanan menuju jalan RE Martadinata kemudian lanjutkan kembali  menuju jalan Siliwangi. Setelah itu Kita perlu menuju ke jalan Godean dan kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Pasar Kenteng. Setelah berada di Jalan Raya Pasar Kenteng Kita cukup melanjutkan dengan mengikuti papan petunjuk yang ada menuju Air Terjun Kedung Pedut.

Selain dengan Akses diatas, Kita juga bisa menggunakan layanan online yaitu Google Maps dan iu juga sudah cukup untuk menuntun perjalanan kita hingga sampai kelokasi.

Perjalanan yang dibutuhkan memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda namun jika Kita memulai perjalanan dari Pusat Kota Yogyakarta maka akan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Itupun dengan mengacu pada kondisi jalan yang normal.

Tips Berwisata 

Air Terjun Kedung Pedut

Sebagaimana untuk berwisata tentu Kita memiliki cara masing-masing. Ada yang dengan menggunakan perencanaan yang detail ada pula yang secara spontan langsung berangkat. Namun ada baiknya jika Kita berwisata melakukan beberapa tips.

Rencanakan waktu kunjungan dengan situasi yang Kita inginkan. Seperti halnya, apakah kita akan mengunjungi lokasi wisata pada saat kunjungan ramai atau malah ketika kunjungan sepi. Rencanakan pula dengan siapa Kita akan mengunjungi lokasi tersebut.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut cukup baik untuk dikunjungi bersama rombongan ataupun sendiri. Kita juga bisa menyediakan perbekalan yang cukup meskipun dilokasi wisata tersedia warung yang menyediakan kebutuhan Kita. Cek kendaraan terlebih dahulu dikarenakan menuju lokasi ini cukup memakan waktu dan terdapat rute tanjakan yang cukup menantang.

Karena lokasinya merupakan wahana ber-air maka ada baiknya menggunakan alas yang mendukung, seperti sepatu gunung atau sandal utuk tracking. Selain itu juga sediakan beberapa pakaian sebagai untuk bersalin. Dan yang paling penting persiapkan diri Kita dalam kondisi yang sangat baik dan juga sopan santun Kita terhadap alam sekitar.

Pilihan Paket Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Berkunjung ke air terjun memang selalu menghadirkan pengalaman yang menyenangkan, terlebih jika lokasinya menghadirkan pemandangan yang memukau. Seperti Air Terjun Kedung Pedut ini misalnya. Sebagai wisatawan atau orang yang baru pertama kali datang ke Jogja, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan jasa perjalanan wisata dari widyalokawisata.

Banyak sekali tempat menarik yang bisa Anda kunjungi ketika menggunakan jasa perjalanan dari widyalokawisata. Anda bisa memilih beragam jenis paket perjalanan yang sesuai dengan durasi dan budget Anda. Mengenai harganya tenang saja. Kami hadir dengan harga yang ramah di kantong namun kualitas tetao oke punya.

Beberapa Alasan Paket Wisata Jogja Widyalokawisata Banyak Peminatnya

  1. Hadir dengan harga paket yang terjangkau
  2. Menghadirkan berbagai objek wisata yang menarik
  3. Menghadirkan spot wisata menarik
  4. Para wisatawan akan diajak ke berbagai spot oleh-oleh

Jadi, masih menunggu apalagi? Kini saatnya Anda semua menikamati indahnya Jogja bersama teman perjalanan yang menyenangkan. Pesan sekarang juga dan dapatkan pengalaman terbaik bersama widyalokawisata.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *