Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Akses Menuju Taman Sungai Mudal

Taman sungai mudal merupakan salah satu tempat wisata yang menyimpan berbagai pesona keindahan. Hadirnya tempat wisata satu lain tidak lain karena kreatiffitas masyarakat setempat. Karena dirasa memiliki nilai estetika yang menakjubkan maka masyarakat berinisiatif untuk menjadikan lokasi ini untuk wisata.

Benar saja, sebelum dijadikan lokasi wisata daerah ini sering dijadikan tempat untuk membersihkan badan dan kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat sekitar. karena melimpahnya air yang ada kemudian masyarakat ingin membaginya kepada khalayak luas khususnya untuk para orang yang gemar melancong. Dan terbitlah sebuah wisata Taman Sungai Mudal.

Lokasi Taman Sungai Mudal

Lokasi tempat wisata di Jogja satu ini berada di Dusun Banyuganti, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kabupaten Kulonprogo ini memang terkenal dengan lokasi wisatanya sehingga acapkali muncul lokasi-lokasi baru untuk dijadikan wisata alam.

Wisata Taman Sungai Mudal ini sudah memiliki ijin namun untuk pengelolaannya masih dipegang oleh masyarakat setempat. Ini cukup adil karena dengan inisiatif dari warganyapun berhak untuk mengelola lokasi ini. Pengelolaan ini cukup bermanfaat bagi masyarakat setempat untuk kedepannya.

Tidak seperti lokasi wisata lainnya. Dilokasi ini pengunjung tidak hanya ditawarkan oleh keadaan wisatanya yang luar biasa indah. Disini juga menyajikan lokasi wisata eco. Karena di tebing-tebing kolam yang terisi airnya oleh airterjun itu sengaja di hiasi oleh bunga angrek. Ini menjadikan tempatnya begitu nyaman.

Konsepya pun dibuat seolah-olah menyerupai taman yang sengaja untuk membuat pengunjung merasa nyaman dan bisa menikmati wisata ini berlama-lama.

Spot Wisata Menarik di Taman Sungai Mudal

Keindahan Taman Sungai Mudal

1. Air Terjun, Kolam Sungai Mudal.

Disini pengunjung bebas melakukan aktifitas berenang sesuai keinginan. Airnya yang bersih, jernih bisa membuat nyamaan ditambah dengan adanya air terjun yang mengalir membuat air dikolam ini selalu bersih.

Bahkan jika mengunjungi tempat wisata di Jogja ini pada musim kemarau sekalipun pengunjung masih bisa melakukan aktivitas berenang juga. Mengapa demikian? Karena melimpahnya air yang mengalir membuat kolam kolam ini selalu terisi dan tumbuhan disekitanya pun juga selalu tumbuh dan berwarna hijau. Jadi, tidak masalah untuk mengunjungi lokasi ini ketika tidak dalam kondisi musim hujan.

Tata letaknya pun sudah di desain sedemikian rupa oleh pengelola. Hal itu tentu semakin menambah keanggunan lokasi ini seolah olah memang kolam alam pribadi. Berbagai bahan alam dimanfaatkan sebagai penunjang fasilitas. Berjejer bambu dimanfaatkan sebagai jembatan antar satu kolam dengan kolam lainnya. 

Jika pengunjung belum bisa berenang, pihak pengelola pun menyediakan ban sebagai alat untuk membantu berenang.

Jangan khawatir bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Pengelola juga telah menyediakan kolam buatan untuk membantu pengunjung yang membawa anak kecil sehingga masih bisa melakukan kegiatan berenang.

Ada 2 buah kolam buatan yang disediakan oleh pihak pengelola. Yang satu sebagai tempat untuk anak-anak dan yang satunya untuk dinikmati oleh orang dewasa.

Adalagi yang ditawarkan. Jika pengunjung tidak berminat melakukan aktifitas berenang dikalam ini ada jembatan yang memang disediakan untuk menikmati wisata ini dari atas air kolam.

2. Flying Fox.

Wahana ini juga disediakan oleh pengelola tentunya dengan standarisasi yang terjamin keamanannya. Jadi untuk menikmati wahana ini pengunjung tidak perlu khawatir lagi. Wahana ini memberikan nilai tersendiri. Pengunjung bisa melihat dan menikmati lokasi wisata dari sisi atas.

Sekalipun itu pengunjung pun bisamengabadikan momen ini dengan berfoto ketika melakukan kegiatan terbang diatas lokasi.

Rute flying fox pun di buat dengan melintasi wahana wahana air setempat. Itupun menambah keindahan dan kesenangan yang menakjubkan.

3. Camping Ground.

Camping ground adalah wahana untuk pengunjung yang ingin menikmati wisata dilokasi ini untuk beberapa waktu. Dilokasi ini pengunjung bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Namun untuk tenda tersebut pihak pengelola tidak menyediakan, jadi pengunjung perlu membawa sendiri tenda untuk kebutuhan istirahat.

Yang perlu diperhatikan jika ingin mendirikan tenda, pengunjung harap melapor dan tetap menjaga kebersihan lokasi. Karena iu adalah salah satu sarat untuk berkunjung disini.

4. Taman Anggrek.

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwasanya dilokasi ini memiliki tanaman anggrek yang mengelilingi kolam kolam. Sebetulnya tidak hanya anggrek saja tumbuhan yang tumbuh mengelilingi kolam hanya saja tanaman anggrek ini dipilih karena jenis anggrek yang ada dilokasi ini termasuk jenis yang langka.

Itu sebabnya dijadikan sebagai tanaman utama dan selain itu juga dimaksudkan untuk melestarikan tanaman tersebut.Bagi para pengunjung pun dapat mempelajari hal-hal yang ada pada anggrek tersebut. Ini memang dijadikan tempat edukasi selain berwisata.

5.Free Wifi.

Rasanya tempat wisata alam yang menyediakan wifi hanya ada di Taman Sungai Mudal ini. Adanya fasilitas ini dimaksudkan supaya pengunjung bisa langsung secara pribadi belajar tentang tanaman disekitar dengan mencari informasinya secara online.

Selain itu ini adalah cara pihak pengelola untuk mengenalkan lokasi ini langsung kepada pengunjung secara oline. Jadi pengunjung bisa bebas melakukan aktivitasnya yang kemudian bisa diupdate langsung ke media sosial pribadi.

6. Wahana Watu Wayang.

Pengunjung juga bisa mengunjungi lokasi ini. Dan perlu diperhatikan jika mengunjungi lokasi ini pengunjung akan bertemu dengan beberapa Kera yang berekor panjang dan hewan tersebut sangat dilindungi oleh masyarakat karena merupakan salah satu penduduk asli. Sehingga pengunjung juga perlu hati hati dan tidak mencedirai hewan tersebut.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal, Kulonprogo

Selain titik lokasi dan fasilitas yang ada di wisata Taman Sungai Mudal ini juga ada beberapa fasilitas mendukung lainnya seperti:

  • Musholla.
  • Kamar Mandi.
  • Toilet.
  • Tempat Parkir.
  • Warung makan.
  • Gazhebo.

Meskipun wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat, pengunjung tetap akan dikenakan biaya untu memasuki lokasi ini sebesar Rp. 4.000,- per orang. Parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 4.500,- untuk kendaraan mobil.

Untuk mencapai ke lokasi ini dari pusat kota lumayan cukup mudah. Pengunjung perlu melakukan perjalanan menuju ke arah barat menuju jalan Godean dan lakukan perjalan lagi menuju Goa Kiskenda kemudian setelah pertigaan ambil lurus lagi hingga bertemu pertigan Hutan Pinus kemudian lanjutkan perjalanan ke arah kiri menuju Kokap lalu lanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk arah himgga sampai ke Taman Sungan Mudal.

Rute perjalananpun tidak terlalu sulit. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi cukup cek kendaraan dan pastikan dalam kondisi prima.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *