Harga Tiket Masuk, Rute dan Akses Menuju Pantai Depok

Pantai Depok Jogja – Dari waktu ke waktu, daftar tempat wisata di Jogja semakin meningkat. Mengulas tentang destinasi wisata di Yogyakarta tidak pernah ada habisnya. Kota Yogyakarta sendiri mempunyai begitu banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya pengunjung dari dalam negeri saja, melainkan wisatawan mancanegara dari penjuru dunia pun ikut meramaikan sajian wisata yang ada di Yogyakarta.

Salah satu wisatanya adalahPantai Depok, berada tepat di selatan kota Yogyakarta, Pantai Depok cukup banyak digemari oleh para wisatawan karena memiliki keunggulan dan daya tarik sendiri dibanding wisata lainnya serta bisa dijadikan lokasi yang pas untuk wisata keluarga saat hari libur.

Obyek Wisata di Pantai Depok

Keindahan Pantai Depok

Meski Pantai Depok mempunyai warna pasir yang hitam akan tetapi pantai tersebut masih sering di anggap sebagai pantai perawan karena belum terlalu sering dikungjungi atau tidak begitu terekspose jika dibandingkan dengan pantai yang ada di Gunung Kidul. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa pantai yang di Gunung Kidul sudah menjadi pondasi perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu fakta yang membuktikan bahwan pantai di Gunung Kidul sudah menjadi pondasi perekonomian warga setempat seperti adanya homestay, warung makan, resto, tempat penyewaan tenda dll. Sangat berbeda dengan yang terjadi di Pantai Depok yang masih sedikit warga setempat membuka usaha atau menyiapkan fasilitas lainnya.

Justru dengan kondisi ini membuat Pantai Depok menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi sebab pantainya yang masih terasa asri dan sangat layak digunakan untuk kegiatan wisata bersama keluarga atau sahabat Anda. Dipantai tersebut juga bersedia seorang Life Guard sebgai petugas keamanan pantai

Beberapa destinasi wisata di wilayah Pantai Depok

Wisata Kuliner di Pantai Depok

1. Gumuk Pasir

Gumuk pasir merupakan sebuah kawasan segunduk pasir yang dekat dengan Pantai Goa Cemara. Lokasi ini menjadi tempat yang paling di buru oleh anak muda karena merupakan spot foto yang hits. Dilokasi ini pun para pengunjung bisa menjajal sand boarding yang papannya bisa di dapat ditempat penyewaan. Agar Anda bisa mencoba meluncur di hamparan pasir.

Masih ada beberapa spot foto di gumuk pasir ini yakni ayuna dari kayu serta sebuah lifeguard dari kayu juga yang bisa dijadikan pengunjung untuk bisa berfoto diatas.

2. Landasan Pacu Pesawat

Meski terdengar hanya sebuah landasan pacu saja, namun tempat ini menjadi lokasi yang banyak diminati oleh anak muda dengan pola jalan yang lurus bisa dijadikan sebagai spot berfoto atau bahkan bermain sepeda. Karena lokasi landasan pacu ini sangat dekat dengan bibir pantai sehingga banyak dari mereka berburu siluet di lokasi ini.

3. Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini digadang-gadang sebagai saudara se-ibu dari Pantai Depok. Dengan memiliki hamparan pasir hitam yang luas dan letaknya disebelah Pantai Depok, hingga saat ini Pantai Parangtritis masih menjadi icon wisata kota Yogyakarta hingga saat ini.

4. Pantai Goa Cemara

Tidak hanya Pantai Perangtritis dan Pantai Depok saja, di sekitar wilayah ini juga terdapat Pantai Goa Cemara, pantai ini juga memiliki pasir hitam seperti dua pantai sebelumnya. Membuat pantai ini lebih indah lagi ialah pintu masuk di area pantai tersebut ditumbuhi oleh banyak pohon cemara yang rindang di sisi kiri dan kanan jalan yang juga bisa dijadikan spot foto yang cantik.

5. Kuliner

Tidak hanya menawarkan panorama keindahan alam saja, namun Pantai Depok juga menyajikan wisata kuliner. Disana Anda dapat menemui pasar ikan yang dimana para penjual adalah nelayannya langsung dengan ikan yang masih segar-segar. Disana Anda bisa menemukan cumi, udang , kepiting atau beragam ikan laut, harganya pun jauh lebih murah jika dibanding ketika membeli di pasar.

Setelah membeli hasil tangkapan nelayan, Anda bisa mencari warung untuk mengolah ikan yang Anda beli. Diwarung tersebut Anda juga dapat melengkapi hidangan Anda dengan memesan nasi, ca kangkung atau beberapa menu tambahan lainnya serta menikmati es kelapa muda sambil menikmati suasana pantai.

Fasilitas di Tempat Wisata Jogja  Pantai Depok

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Spot foto menarik
  • Mushola
  • LifeGuard
  • Toilet
  • Wahana bermain

Harga Tiket Masuk Wisata Jogja Pantai Depok

Pantai Depok dan Keindahannya

Agar dapat mengunjungi area Pantai Depok tanpa perlu khawatir dengan harga tiket masuknya. Pasalnya,  tarif yang dikenakan cukup murah yakni untuk memasuki kawasan Pantai Depok Anda wajib membayar uang retribusi sebesar Rp 10.000 saja untuk satu orang. Tarif tersebut sudah termasuk untuk akses ke beberapa pantai yang ada di kawasan ini. Sedangkan parkir akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Akses Rute Menuju Pantai Depok

Letak Pantai Depok sendiri di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Agar bisa menuju lokasi ini Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit jika dari pusat Kota Yogyakarta. Rute yang dapat Anda tempuh yakni dengan melalui Jalan Mataram – Jalan Mayor Suryotomo – Jalan Brigadir Jenderal Katamaso – Jalan Parangtritis kemudian ambil ke arah Pantai Depok.

Jika sudah berada dekat kawasan Pantai Depok, Anda tinggal mengikuti plang petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Depok sebab jalur menuju Pantai Depok sangatlah mudah karena rute yang dituju tidak banyak beda dengan jalur pantai yang ada di Gunung Kidul, akan banyak jalur alternatifnya yang pasti membuat Anda bingung.

Tips Berwisata di Pantai Depok

  • Datanglah di saat cuaca sedang cerah agar Anda dapat menjelajahi semua area wisata yang ada di kawasan Pantai Depok
  • Menggunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai saat di pantai
  • Membawa pakaian ganti jika Anda berniat main air di pinggiran pantai
  • Memakai kacamata hitam
  • Menyiapkan baterai Hp atau kamera

Itulah ulasan singkat mengenai Pantai Depok. Daripada penasaran dengan keindahan alamnya, langsung saja agendakan liburan Anda sekarang juga. Pastikan pesan paket tour Jogja di widyalokawisata.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *