Harga Tiket, Rute, Akses Lokasi dan Tips Berwisata ke Pantai Kukup

Banyak orang menganggap bahwa Pantai Kukup merupakan Tanah Lot dengan versi mini dari Gunungkidul. Kondisi tersebut dikarenakan adanya bukti seperti pulau karang yang bentuknya hampir sama dengan Tanah Lot yang terdapat di Bali.

Adanya karang tersebut menjadikan Pantai Kukup sedikit berbeda dibanding pantai-pantai yang di Gunungkidul pada umumnya. Di pantai ini pun Anda dapat menemukan berbagai macam biota laut dengan mudah karena kejernihan dari air lautnya masih terjaga hingga saat ini sambil menikmati deburan ombak yang membuat hati Anda merasa tenang.

Daya Tarik Pantai Kukup Gunungkidul

Pantai Kukup Gunungkidul

Pantai Kukup mempunyai berbagai hal menarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi.

Salah satunya Bukit Karang Pulau Jumino yang menjadi ikon paling menonjol jika disandingkan dengan pantai lainnya yang ada di wilayah Gunung kidul. Akan tetapi tidak semua bukit karang bisa Anda kunjungi dengan mudah sebab lokasi yang terpisah dan dipagari oleh laut yang sewaktu-waktu bisa diserang oleh ombak ganas ketika akan menyebranginya.

Tapi tidak perlu khawatir, jika Anda mengunjungi Panti Kukup, Anda tetap bisa mengunjungi bukit karang yang bernama Pulau Jumino.

Selain itu, terdapat juga gazebo sebagai gardu pandang untuk dijadikan spot melihat keindahan laut dari ketinggian. Aksesnya sangat mudah. Karena telah dibangun beberapa anak tangga serta jembatan penghubung yang kuat.

Dengan begitu, Anda akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dari bukit tersebut, namun sayang sekali lokasinya kurang  strategis karena jika Anda ingin menikmati sunset dari bibir pantai, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal mengingat sekeliling pantai terdapat tebing-tebing yang tinggi.

Fasilitas Penunjang lainnya

Daya tarik lain yang dipersembahkan oleh pengelola pantai kukup ialah beberapa fasilitas umum yang sudah tersedia. Seperti :

  1. Penginapan sederhana
  2. Warung makan
  3. Toilet
  4. Mushola
  5. Sewa payung, dll

Selain dari itu terdapat juga kuliner yang merupakan hasil laut yang dijual di warung yang berada disekitaran pantai. Akan terasa sangat kurang bila berwisata ke pantai namun tidak mencicipi makanan khas laut dan para penjual juga ikut menjajakan hasil laut seperti ikan hias ataupun berhiasan kerang.

Pantai Kukup juga menyediakan area parkir yang luas sehingga para pengunjung dengan rombongan yang banyak tidak perlu khawatir apabila datang dengan menggunakan kendaraan seperti bis.

Harga Tiket Pantai Kukup

Berwisata ke pantai tidak akan membuat kantong Anda kering, apalagi jika Anda mengunjungi pantai yang ada di Gunungkidul khususnya pantai Kukup. Pasalnya tarifnya sangat terjangkau bagi semua kalangan. Anda hanya dikenakan biaya retribusi ketika menuju Pantai Baron yang sudah satu paket dengan beberapa pantai yang ada di wilayah tersebut termasuk Pantai Kukup.

Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 saja. Selain retribusi masuk area wisata, Anda juga nanti akan ditunggu dengan biaya parkir yang juga tidak mahal yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

Lokasi Pantai Kukup Gunungkidul

Pantai Kukup berada di jalur Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Kukup memiliki jarak sekitar 62 km dan Anda akan menempuh waktu sekitar 2 jam jalan darat.

Anda  bisa menggunakan transportasi berupa kendaraan sendiri seperti motor atau mobil jika diperlukan Anda bisa menyewa minibus atau bahkan bus besar.

Sebenarnya ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke wilayah Wonosari, namun pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul berada di topografi yang sejatinya masih jarang dilewati oleh angkutan umum. Maka dari itu Anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi agar bisa mengakses dengan mudah.

Rute Menuju Pantai Kukup

Rute menuju Pantai Kukup bisa tergantung dari mana Anda memulai perjalannya. Terdapat beberapa jalur altrenatif yang bisa dilewati.

Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, langsung menuju jalan ringroad timur ikuti petunjuk jalan yang menuju ke Wonosari, kemudia ambil arah ke kiri ketika Anda sampai perempatan kedua sesudah terminal Giwangan.

Ikuti jalan hingga Anda masuk ke wilayah Wonosari. Nantinya terdapat penunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Pantai Baron dan Pantai Ngobaran.

Ketika sudah mendekati Pantai Baron, Anda akan menjumpai pos retribusi setelah dari sana, Anda akan menemukan pertigaan kemudian ambil ke kiri yang menuju Pantai Kukup. Ikuti jalan hingga menemukan plang yang mengarahkan Anda ke Pantai Kukup.

Tips Berwisata

Pantai Kukup Gunungkidul

Untuk berwisata dengan aman dan nyaman, terdapat beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan ketika ingin berwisata ke Pantai Kukup, seperti :

  1. Membawa Sunblock

Bila Anda ingin bermain di pantai dan tidak ingin kulit Anda menjadi gosong karena pancaran sinar matahari, Anda bisa menyiapkan sunblock dari rumah hal ini tentunya untuk menghindari kulit Anda dari sengatan terik matahari.

  1. Membawa Sandal Jepit

Sandal jepit sangat dibutuhkan ketika Anda berada di pantai agar dapat memudahkan pergerakan Anda apalagi ketika kondisi laut yang surut, Anda bisa menggunakan sandal jepit ketika ingin melihat biota-biota laut yang tersangkut di karang, dan sandal jepit juga bisa menjaga kaki Anda agar tidak terkena bula babi.

  1. Membawa Pakaian Ganti

Alangkah baiknya Anda membawa pakaian cadangan ketika berkunjung ke pantai meski Anda tidak tau akan mandi air laut atau tidak.

  1. Berkunjung Di Hari Yang Tepat

Banyak dari wisatawan yang tidak begitu suka mengunjungi tempat wisata yang sedang ramai, maka dari itu untuk menghindari suasana ramai tersebut, sebaiknya Anda memilih hari kerja. Selain menghindari kondisi pantai yang ramai pengunjung, Anda juga dapat terhindar dari kemacetan jalan yang ditimbulkan oleh meledaknya para wisatawan pada saat itu.

Pilihan Paket Wisata Hutan Pinus Pengger

Berkunjung ke Pantai Kukup memang selalu menyenangkan, terlebih jika Anda mengunjunginya bersama dengan orang tersayang. Kabar baiknya, kini telah tersedia berbagai paket wisata Jogja yang siap menghantarkan perjalanan Anda menuju Pantai Kukup. Salah satunya widyalokawisata.

Agen perjalanan wisata satu ini menghadirkan berbagai pilihan destinasi menarik untuk semua wisatawan. Salah satunya destinasi menuju Pantai Kukup, Gunungkidul. Widyalokawisata hadir dengan berbagai fasilitas lengkap yang siap menemani perjalanan Anda semua. Berbagai jenis paket wisata bisa Anda temukan. Salah satunya paket wisata Jogja 3 hari 1 malam.

Paket Wisata Jogja 3 Hari 1 Malam

Paket wisata 3 hari 2 malam dari Widyalokawisata merupakan jenis paket dengan penggemar cukup banyak. Dengan menggunakan paket wisata satu ini Anda sudah dihantarkan ke berbagai tempat menarik yang ada di Jogja. Salah satunya ke Pantai Kukup ini. Harga paket ini memang sangat terjangkau. Dengan budget Rp. 1.145.000 Anda sudah bisa menikmati berbagai destinasi menarik yang ada di Jogja. Selain itu Anda juga akan mendapatkan fasilitas lengkap diantaranya:

  1. Penjemputan serta penghantaran peserta tour dari Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal
  2. Makan sesuai dengan jadwal
  3. Transportasi nyaman, ber AC
  4. Guide atau pemandu wisata yang sudah berpengalaman
  5. Tiket masuk tempat wisata
  6. Banner untuk peserta lebih dari 15 orang
  7. Air mineral
  8. Biaya parkir

Beberapa Alasan Paket Wisata Jogja Pantai Kukup Banyak Peminatnya

  1. Hadir dengan harga paket yang terjangkau
  2. Menghadirkan berbagai objek wisata yang menarik
  3. Menghadirkan spot wisata menarik
  4. Para wisatawan akan diajak ke berbagai spot oleh-oleh

Pantai Wohkudu menjadi salah satu  daftar Pantai Jogja yang menyimpan keindahan memukau. Saatnya Anda mengunjunginya sekarang juga. Pastikan memilih Widyalokawisata sebagai teman perjalanan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *