Keindahan Alam Kali Kuning Yogyakarta

Kali Kuning – Kali kuning tentu saja bukanlah tempat wisata yang asing. Keindahan pemandangan yang mengelilinya akan membuat para traveler tak cukup untuk berkunjung sehari saja. Wisata yang berada di kawasan lereng merapi ini tak sekedar tempat wisata biasa karna menyediakan tempat untuk camping. Nah, kalau kamu ingin menikmati suasana camping yang beda, nggak ada salahnya kalau kamu mencoba di bukit kali kuning.

Kali Kuning – photo by @dimas.hy

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah Untuk Keluarga Atau Rombongan Ke Kali Kuning. Info Klik Saja Paket Wisata Jogja

Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri datang ke kali kuning untuk menikmati pemandangan alam yang masih segar. Udara di sini akan sangat dingin pada malam hari, alangkah baiknya kalau kamu tak lupa menyediakan pakaian hangat saat camping. Kamu nggak bakalan nyesel camping di sini karena bisa menyaksikan matahari terbit yang berlatar gunung merapi. Terlebih dengan adanya pemandangan yang dihiasi oleh tebing bebatuan andesit, tentu akan membuat foto tampak lebih bagus.

Perjalanan dari kali kuning menuju bukit kali kuning sangatlah menyenangkan. Nantinya kamu juga akan melewati kali adem dengan pemandangan hutan pinus, gemercik aliran air, dan tentu saja udara yang menyegarkan. Meski jarak menuju bukit lumayan jauh, tapi tidak akan terasa karena kondisi udara yang tetap segar meski di siang hari.

Sepanjang perjalanan kamu juga akan melihat keindahan bunga kantung semar yang sedang bermekaran, Beberapa wisatawan juga sering memotret moment ini. Adapun hewan-hewan seperti ayam hutan, elang jawa dan elang hitam. Pokoknya sepanjang perjalanan nggak membosankan.

Kali Kuning – Photo by @nurlistani20

Gemercik air yang kamu dengar sepanjang perjalanan ini berasal dari mata air umbul wadon. Mata air umbul wadon juga merupakan hulu dari aliran sungai oya, progo dan opak. Konon, umbul wadon ini berasal dari lahar merapi yang meluap saat letusan merapi beberapa tahun lalu. Meski begitu, umbul ini juga menjadi daya tarik para wisawatan.

Lokasi Bukit kali kuning

Melihat foto-foto bukit kali kuning yang tersebar di sosial media ternyata tak cukup. Kamu sebaiknya menyempatkan untuk berkunjung di kali kuning. Lokasi bukit kali kuning berada di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Bukit kali kuning

Rute menuju bukit kali kuning yakni dari Jogja, kamu tinggal lewat Jalan Kaliurang. Kemudian lurus terus sampai Pasar Pakem. Nah, dari situ kamu belok kanan menuju kali kuning. Setelah sampai kali kuning, parkirkan kendaraanmu karna kamu harus turun lagi melewati bebatuan yang hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Tiket masuk bukit kali kuning

Untuk harga tiket masuk kali kuning yang memiliki wisata alam yang menyajikan pemandangan nan hijau ini  masih lumayan murah karena kamu cukup membayar Rp.3.000 rupiah saja. Sedangkan untuk parkir motor Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000. Tapi lain lagi kalau kamu mau camping. Untuk biaya camping kamu akan dimintai Rp.20.000. Tentu hal ini tidak terlalu mahal untuk ukuran wisata alam dengan pemandangan yang menenangkan.

Kali Kuning – Photo by @dimas.hy

Baca juga: Sewa Mobil Jogja Murah Liburan Ke Kali Kuning

Hal utama yang bikin wisatawan merasa nyaman saat di tempat wisata adalah fasilitas yang disediakan. Fasilitas di Bukit kali kuning antara lain, area parkir yang luas dan aman, warung makanan dan minuman, penginapan dengan harga sewa yang murah, toilet yang bersih dan layanan informasi yang ramah dan memuaskan. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir kalau lupa bawa bekal karna di bukit kali kuning sudah menyediakannya.

Nah bagaimana, mau liburan bersama keluarga atau dengan teman teman menikmasi suasa di kali kuning? Yuk pesan paket wisata jogja ke kali kuning!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.