Wisata Alam Kalibiru Jogja

Selain dikenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga sejak lama dikenal dengan kota pariwisata. Jika dulu Yogyakarta mahsyur dengan wisata budayanya yang unik, kini wisata di Yogyakarta terus berkembang dan merambah model wisata lainnya. Salah satunya tentu saja wisata alam Kalibiru yang sangat sayang untuk dilewatkan oleh Anda para traveler dan pemburu foto media sosial.

Wisata Alam Asri Alami Kalibiru Jogja

Wisata Alam Kalibiru Jogja

Kalibiru awalnya merupakan sebuah hutan di Kabupaten Kulon Progo yang berada tepat di sebelah barat Daerah Istimewa Yogyakarta yang kemudian di rubah menjadi salah satu spot wisata alam unggulan di Yogyakarta. Berada di ketinggian 450 mdpl obyek wisata Kalibiru ini termasuk kedalam wilayah perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kakap.

Wisata alam Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan baik yang berasal dari Yogya maupun luar daerah. Jadi tak heran jika wisata Kalibiru dipadati oleh wisatawan pada hari libur baik itu rombongan keluarga atau pasangan muda mudi yang menikmati indahnya pemandangan yang dipadu dengan udara yang sejuk khas daerah perbukitan.

Dari puncak kalibiru, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan subur dan hijau dari deretan Perbukitan Menoreh, dan jika cuaca sedang cerah Anda bisa melihat gulungan ombak pantai selatan dari tempat ini. Di sisi timur Kalibiru, Anda bisa menyaksikan hamparan dataran hijau yang asri. Di puncak tempat ini terdapat batu prasati, gardu pandang serta fly over yang melengkapi indahnya wisata alam Kalibiru ini.

Penasaran dengan keindahan Kalibiru Jogja? Pesan paket wisata Jogja di widyalokawisata. 

Aktifitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Kalibiru     

Spot foto menarik di Kalibiru Jogja

Sebelum berkunjung ke Kalibiru, ada baiknya bila Anda membaca dengan seksama jalur singkat untuk menghemat waktu liburan di atas, karena waktu tidak terbuang di jalan dan stamina juga tidak terkuras di perjalanan. Adapun aktifitas yang bisa dilakukan untuk menjelajah wisata Kalibiru, mulai dari sekedar menghirup udara segar dan menyaksikan keindahan alam dengan view waduk Sermo dan kota kota yang berada di bagian selatan seperti wates dan laut kidul.

Wisatawan juga bisa menikmati High Ropes Game, sebuah permainan outbound hingga menjelajah Jalur Trekking dengan berbagai pilihan. Adapun altifitas menarik yang bisa Anda lakukan di obyek wisata kalibiru antara lain:

Berfoto Ria di Pohon Foto yang Hits

Pohon foto ini merupakan maskot dari wisata alam Kalibiru, selain gardu pandang kebanyakan wisatawan akan memilih untuk berfoto di pohon foto dengan background waduk sermo ini. Di pohon foto juga disediakan properti agar foto yang Anda ambil lebih ciamik.

High Ropes Games

Permainan pemacu adrenalin ini sedang banyak digandrungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Kalibiru. Dalam permainan ini terdapat 5 permainan yang digabung menjadi satu. Namun wisatawan hanya boleh memilih satu jenis permainan saja. Seperti berjalan di atas jembatan kayu yang digantung di ketinggian.

Adapun urutan game tersebut pertama dimulai panjat batu, dilanjut berjalan di atas jaring, kemudian berjalan di atas tali tunggal, disambung dengan permainan berjalan di atas jembatan kayu yang disusun sambung menyambung dengan tali, kemudian permainan akan diakhiri dengan permainan flyingfox, yakni bergelantung di seutas tali yang meluncur dan mendarat pada papan di atas pohon.

Jalur Trekking Kalibiru

Bagi wisatawan yang suka menjelajah terdapat pula jalur trekking yang disediakan di tempat ini. Terdapat beberapa pilihan jalur trekking bagi Anda yang berniat menjelajahi tempat ini dengan rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Mulai dari jarak dekat sekitar 2 – 3 km, hingga jarak tempuh 4 – 5 km.

Rute Menuju Kalibiru

Medan jalan menuju wisata Kalibiru cukup menanjak dan berliku, karena itu disarankan untuk menggunakan kendaraan yang kuat dan tangguh untuk sampai di kalibiru. Untuk menuju kalibiru ada beberapa opsi rute perjalanan yang bisa dipilih antara lain:

Rute Sermo

Rute ini merupakan rute favorit wisatawan karena dalam perjalanannya akan dijumpai pemandangan waduk sermo, yang membuat perjalanan akan lebih menyenangkan. Untuk menuju ke Kalibiru dengan rute ini, Anda bisa melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih. Dari sana, lanjut kearah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Setelah dari Sermo, Anda bisa menuju Kalibiru.

Rute Clereng

Rute ini memiliki waktu tempuh lebih cepat dari rute pertama. Karena pada rute ini tidak didapati tanjakan atau likuan yang parah seperti pada rute pertama. Untuk menggunakan rute ini, Anda bisa menuju Sentolo, lalu Pengasih. Setelah mendapati perempatan Pengasih, belok kea rah kanan (menuju Clereng). Kemudian ikuti saja rute tersebut untuk menuju Kalibiru. Jangan takut tersesat karena sepanjang jalan terdapat petunjuk jalan yang bisa memudahkan liburan Anda.

Rute Kota

Merupakan rute yang paling jarang digunakan, karena jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Namun jika Anda sedang berada di Malioboro dan ingin ke Kulon Progo, Anda bisa mengambil jalur Purworejo. Cukup ikuti jalan sampai di terminal Wates. Setelah sampai di terminal, ikuti petunjuk jalan guna menuju ke waduk Sermo. Kalau sudah di Sermo, ikuti terus rute ke Kalibiru.

Tarif Wisata Kalibiru

Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam Kalibiru Anda hanya perlu merogoh kocek 5000 rupiah saja ditambah ongkos parkir 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Jika Anda menggunakan paket wisata Jogja dari widyalokawisata, maka Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Mengingat harga paketnya sudah termasuk tiket masuk lokasi juga.

Tips Wisata di Kalibiru

Spot foto menarik di Kalibiru Jogja

Transportasi

Karena medan jalan menuju tempat ini menanjak dan berliku sebaiknya memilih motor atau mobil yang akselerasinya baik untuk perjalanan naik-turun gunung. Karena itu, pastikan pula rem kendaraan berfungsi dengan baik, mengingat medan cukup berkelok-kelok. Karena itu pula terdapat pengaturan naik-turun mobil untuk melalui jalan menuju Wisata Alam Kalibiru, sehingga kendaraan tidak saling berpapasan.

Waktu Terbaik Berkunjung

pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Kalibiru karena pagi hari kabut akan berkurang dan pemandangan jelas terlihat. Selain itu, jangan datang terlalu sore, karena objek wisata ini akan ditutup sebelum pukul 18.00 WIB. Selain itu, musim hujan adalah waktu terbaik melancong ke Wisata Alam Kalibiru, karena pemandangannya sedang hijau, namun datang saat cuaca cerah.

Gunakan pakaian nyaman

Saat berlibur ke Kalibiru disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman seperti celana yang tidak terlalu ketat. Dan bagi wanita, sebaiknya tidak memakai rok atau dress agar nyaman saat naik ke spot foto.

Sudah merencakan liburan ke Kalibiru? Jangan lupa untuk memilih paket wisata Jogja di widyaloka.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *