Menelusuri Keindahan Wisata Jogja Tebing Breksi

Tebing breksi Jogja – Destinasi wisata Jogja Tebing Breksi yang ada di wilayah Sleman Yogyakarta ini mempunyai pesona keindahan tersendiri yang begitu menarik untuk dikunjungi. Akan sangat disayangkan jika Anda berada di kota Jogja tapi tidak mencoba mengunjungi wisata satu ini karena Tebing Breksi mampu menyuguhkan nuansa wisata yang berbeda dan tiada duanya.

Wisata Tebing Breksi amat cocok untuk Anda kunjungi ketika libur nasional atau libur panjang karena mengunjungi wisata pantai atau hutan alam lainnya sudah sangat biasa. Mungkin Anda bisa mencoba mengunjungi wisata satu ini, dijamin tidak akan menyesal.

Daya tarik  Tebing breksi

Pesona Keindahan Tebing Breksi

Tebing Breksi berubah menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup popular di Kota Yogyakarta yang saat ini sudah didukung dengan berbagai komponen baru seperti Tlatar Seneng. Bangun ini adalah panggung terbuka yang biasanya digunakan untuk menggelar pertunjukan seni ataupun acara lainnya, serta design panggungnya dengan tempat duduk yang dibuat setengah lingkaran.

1.       Menghadirkan Spot Foto Menarik

Destinasi wisata satu ini juga sangat disukai oleh wisatawan khususnya bagi para penggila foto karena tempatnya menawarkan keindahan dengan pemadangan yang sangat menakjubkan serta begitu pas untuk mencari spot untuk berfoto. Dengan tebing batu kapur yang berdiri kokoh ditambah dinding-dinding tebing sudah dilengkapi oleh karyaseni seperti pahatan atau sebuah ukiran gambar wayang.

Tidak hanya kehadiran batu kapurnya yang menjulang tinggi serta karyaseni seperti pahatan yang ada di dinding tebing saja yang membuat pengunjung takjub melainkan Anda juga dapat menaiki tangga alami yang juga merupakan pahatan batuan tersebut. Ketika Anda sudah berada di puncak, Anda akan menyaksikan keindahan lain dari atas bebatu kabur tersebut.

2.       Tempat yang Pas untuk Menikmati Indahnya Jogja

Dari atas sini, Anda akan bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian dan jika Anda bisa jeli melihat ke bawah, Anda akan bisa menemukan Landasan pacu Bandara Adi Sucipto serta dengan pesawatnya yang akan take off ataupun landing selain dari itu Anda juga dapat melihat bangunan Candi Prambanan dari puncak Tebing Breksi.

Ketika cuaca saat cerah, Anda juga akan melihat pemandangan indah nan gagah dari Gunung Merapi. Maka dari itu selain eksotis, Tebing breksi juga dianggap mirip dengan brown canyon yang ada di Kota Semarang. Di puncak Tebing Anda tidak hanya melihat Candi Prambanan saja namun Anda juga bisa menyaksikan Candi Barong dan Sojiwan dari ketinggian.

Fasilitas di Tempat Wisata Jogja Tebing Breksi

Tebing Breksi

Tebing Breksi Jogja di Prambanan Sleman Yogyakarta sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas serta pelayanan di antaranya :

  1. Area Parkir kendaraan
  2. Warung makan
  3. Area parkir
  4. Kamar mandi
  5. Area teater
  6. Area panjat tebing
  7. Mushola
  8. Tempat istirahat

Di area wisata satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas kendaraan Jeep untuk mengutamakan keselamatan para pengunjung. Tersedia sekitar 70 unit Jeep di kawasan taman Tebing Breksi ini. Mobil Jeep ini sedikit berbeda di banding Jeep yang terdapat di Lava tour Merapi. Anda bisa menggunakan Jeep ini dengan hanya membayar retribusi yang murah untuk dapat mengunjungi berbagai lokasi wisata lainnya seperti Candi Ijo, Plawangam, Banyunibo.

Harga Tiket dan Parkir Tebing Breksi

Agar bisa masuk ke kawasan Tebing Breksi, Anda hanya butuh membayar uang retribusi sebesar Rp 5.000 sedangkan untuk biaya parkir akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. Dengan biaya masuk yang terbilang murah, membuat destinasi wisata satu ini menjadi salah satu wisata yang banyak digemari oleh para pengunjung.

Lokasi dan Akses Menuju Tebing Breksi

Untuk Lokasinya, Tebing Breksi sendiri bisa dibilang cukup jauh jika diukur dari pusat Kota Yogyakarta, tapi Tebing Breksi sendiri berada di kawasan wisata sleman timur yaitu berada di kawasan zona wisata candi yakni berada tepat disebelah timurnya Kraton Ratu Boko dan Candi Prambanan kemudian di sebelah baratnya terdapat Candi Ijo yang membuat letak Tebing Breksi sendiri menjadi mudah untuk di temui.

Alamat Taman Tebing Breksi ini berada di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute agar bisa sampai ke kawasan Tebing Breksi bisa dibilang sedikit menantang sebab bila Anda sudah masuk ke wilayah Desa Sambirejo, Anda akan menemukan jalan yang menanjak serta cukup tinggi hingga Anda sampai ke lokasi Tebing Breksi. Karena pada dasarnya lokasi Tebing Breksi berada di wilayah perbukitan.

Meski jalur menuju Tebing Breksi sedikit menanjak, Anda tidak perlu khawatir karena jalannya sudah bagus dan nyaman untuk dilewati kendaraan apapun kecuali untuk beberapa meter ketika akan sampai ke pintu masuk Tebing Breksi, yang dimana jalannya masih ada yang belum rata.

Rute nya bisa di tempuh dari pusat Kota Yogyakarta. Jika Anda memulai dari Kota Yogyakarta sebaiknya Anda mengambil jalur Jogja-Solo mengikuti jalan sampai menemukan Candi Prambanan kemudian Anda ambil jalan kea rah timur atau belok kanan untuk memasuki jalan Prambanan-Piyungan hingga Anda menemukan Plang Tebing Breksi lalu belok kiri ikuti jalan kemudian Anda akan sampai ke Tebing Breksi.

Dari Kota Yogyakarta ke Tebing Breksi mempunyai jarak sekitar 18 km dan Anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 46 menit.

Tips Wisata Tebing Breksi

Wisata Tebing Breksi Jogja
  • Gunakan alas kaki yang nyaman. Bisa menggunakan sandal atau sepatu yang cocok digunakan untuk aktifitas wisata dan hindari menggunakan alas kaki yang ber hak tinggi.
  • Bila berkunjung disiang hari, sebaiknya gunakan baju yang cerah dan tidak terlalu tebal agar bgar mengurangi hawa panas sekaligus bisa menerima hembusan angina agar tidak terlalu panas.
  • Menggunakan topi atau penutup kepala jika kondisi sedang terik.
  • Menggunakan kacamata hitam agar tidak silau ketika cuaca sedang terik.
  • Menjaga kebersihan lingkungan dan jangan melakukan kerusakan di kawasan Tebing Breksi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *