Mengunjungi Keindahan Wisata Alam Waduk Sermo

Wisata alam Waduk Sermo Kulonprogo merupakan sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk membendung kali Ngrancah yang sudah diresmikan secara langsung oleh Presiden Soeharta saat itu pada tahun 1996 tepatnya tanggal 20 November. Membangun Waduk menelan biaya sebesar 22 miliar rupiah. Pembangunannya pun menghabiskan waktu sekitar dua tahun delapan bulan.

Waduk Sermo selain menjadi sumber air bersih untuk PDAM serta keperluan irigasi air untuk persawahan wilayah wates, Waduk Sermo juga menjadi lokasi latihan serta lomba dayung yang biasa diselenggarakan oleh pemda setempat atau bahkan warga setempat. Berikut ini Widyalokawisata hadirkan review lengkap mengenai tempat wisata Waduk Sermo Kulonprogo.

 Hal Menarik di Wisata Alam Waduk Sermo Kulonprogo

Keindahan Waduk Sermo

1. Bendungan dengan Memiliki Kualitas Air Terbaik di Indonesia

Waduk Sermo dianggap sebagai sebuah bendungan terbaik yang ada di Indonesia apabila diukur dari kualitas air yang tersedia untuk menjadi sumber air bersih ataupun sebagai irigasi air untuk sawah. Selain dari itu, Waduk Sermo juga dikelilingi hutan yang begitu terawat di wilayah Kulonprogo.

Luas dari Waduk Sermo sekitar 21 kilometer persegi. Dengan memiliki luas seperti itu, Waduk Sermo dapat menyimpan sekitar 22 juta meter kubik air. Bila dibandingkan dengan Waduk Jatiluhur akan terlihat lebih kecil karena Waduk Jatiluhur dapat menampung hingga 3 miliar meter kubik air.

Walaupun demikian, adanya wisata alam Waduk Sermo ini menjadi sangat baik untuk warga Kulonprogo dan juga Wates karena dapat dijadikan sebagai sumber air utama baik untuk keperluan sehari-hari atau menjadi keperluan irigasi persawahan.

2. Bumi Perkemahan Waduk Sermo

Karena tempatnya yang asri dan dikelilingi hutan-hutan, tidak menjadikan Waduk Sermo sebagai lokasi wisata saja akan tetapi Waduk Sermo sering dijadikan tempat berkemahnya para pramuka dan tidak jarang beberapa sekolahan yang membawa anak didiknya untuk berkemah di Bumi Perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo.

3. Gardu Pandang Bukit Pethu

Ketika Anda berfoto di Kalibiru, ada hal yang tidak bisa terelakkan yakni latarbelakangnya yang merupakan hamparan Waduk Sermo dan saat ini pengunjung dapat berfoto dari Bukit Pethu yang dimana Waduk Sermo juga sebagai latarbelakang foto.

4. Gardu Pandang Taman Munggur

Tidak hanya dari Bukit Pethu saja Anda bisa berfoto dengan latarbelakang Waduk Sermo. Anda juga bisa mengambil spot dari Taman Munggur. Lokasinya tidak jauh, yakni di Dusun Klepu, Desa Kargowils, kokap Kab. Kulonprogo. Untuk bisa ke lokasi taman sangat mudah, Anda hanya tinggal mengikuti plang petunjuk di persimpangan sebelum bertemu dengan pos retribusi Waduk Sermo.

5. Akar Liar

Terdapat Spot baru lainnya, dan spot satu ini memiliki kesan foto dengan suasana seperti di atas kano serta lengkap oleh dayungnya ditambah adanya panggung kayu kecil yang juga lengkap dengan akar pohon kelapa yang dapat di pindah-pindahkan tempatnya dengan bertuliskan akar liar di pinggir waduk.

6. Taman Bambu Air

Lokasi taman yang berada di tengah Waduk Sermo tersebut dibuat dari potongan bambu dan juga tong plastik dengan rangkaian berupa besi sehingga dapat menampung bobot para pengunjung yang biasanya berkumpul untuk berfoto ria.

7. Gumuk Sri Tinon

Di lokasi ini tersebut, Anda tidak hanya menawarkan Anda dengan sebuah spot foto dari sisi atas gardu pandang dan lengkap oleh jembatan bambunya, akan tetapi hamparan taman dengan pohon serta rumput hijau yang disana juga terdapat saung-saung, bumi perkemahan hingga aula.

8. Taman Pring Kuning

Taman Pring Kuning mempunyai tiga spot terbaik untuk para penyuka fotografi. Diantaranya seperti rumah bamboo, spot love dan juga tampir. Biaya masuk dikenakan hanya 5 ribu rupiah saja untuk Anda yang akan berfoto sebanyak-banyak mungkin.

9. Jangkang Hill

Tempat tersebut juga merupakan rekomendasi spot foto terbaik, yang juga mempunyai konsep seperti gardu pandang lainnya, tapi juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu letaknya tepat di bukit sermo yang sekaligus tempat pohon jangkang ini tumbuh dan nama tempat tersebut juga diambil dari nama pohon ini sendiri.

Fasilitas Wisata Alam Waduk Sermo Kulonprogo

Sebagai tempat wisata, sudah pasti dilengkapi dengan berbagai fasilitas menunjang. Berikut ini beberapa fasilitas di Waduk Sermo:

  1. Villa
  2. Toilet umum
  3. Warung makan
  4. Area Parkir
  5. Rumah Panggung
  6. Rumah Jamur
  7. Bengkel
  8. Penyewaan Perahu

Harga Sewa atau Tarif Menggunakan fasilitas Wisata

Untuk sekedar merasakan Wisata Keliling Waduk Sermo Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp6.000/orang.

Apabila Anda ingin menyewa Perahu Wisata Waduk Sermo, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000/perahu.

Kemudian juga tersedia spot foto terbaik, yakni berfoto di gardu pandang yang ada di lokasi waduk dengan biaya sebesar Rp 10.000 untuk satu orang.

 Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Agar bisa masuk ke area Waduk Sermo, Anda hanya perlu membayar uang sebsar Rp 5.000 dan untuk penggunaan fasilitas yang ada di dalam Waduk Sermo cukup beragam, tak perlu khawatir karena semuanya terjangkau. Selain dari itu para pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir motor sebsar Rp. 2.000 dan mobil Rp 5.000 serta Rp 10.000 untuk Bus besar.

Alamat dan Rute Menuju Waduk Sermo Kulonprogo

Lokasi Waduk Sermo letaknya di Desa Hargowilis, tepatnya di Kecamatan Kokap, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Keberadaan Waduk Sermo ini justru sangat mudah untuk Anda temui karena letaknya di sekitaran jalan utama antara Jogja dan Wates.

Cara agar bisa sampai ke Waduk Sermo, Anda bisa menempuh dari pusat kota Yogyakarta dengan durasi sekitar 90 menit yang memiliki jarak kurang lebih 40 kilometer. Letaknya tepat disebelah barat Kota Yogyakarta dan begitu dengan dengan jalan utama yang juga merupakan jalur selatan Pulau Jawa.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan jalur lain, yakni melalui jalur Godean kearah Naggulan. Akan tetapi sangat disarankan untuk menggunakan jalur Wates sebab jalannya yang lebih mudah dan lebih bagus untuk kendaraan pribadi.

Tips Berwisata di Waduk Sermo Kulonprogo

Waduk Sermo Kulon Progo

Tips agar berwisata dengan nyaman ke Waduk Sermo yang mungkin bisa menjadi acuan bagi Anda ketika ingin mengunjunginya.

  1. Berada dalam kondisi fit
  2. Menyiapkan uang yang cukup
  3. Membawa tenda sendiri dari rumah apabila ingin berkemah
  4. Membawa bekal dari rumah untuk dinikmati ketika bersantai dipinggir waduk
  5. Menyiapkan baterai kamera untuk berfoto
  6. Menjaga kebersihan lingkungan

Bagaimana, sudah siap untuk menikmati keindahan dari wisata alam Waduk Sermo Kulonprogo? Segera agendakan liburan Anda sekarang juga.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *