Tempat Wisata di Jogja

Pantai Nglambor:Tempat Wisata di Jogja dengan Spot Snorkeling Terbaik

Dari hari ke hari, daftar tempat wisata di Jogja semakin bertambah. Salah satunya Pantai Nglambor. Berkunjung ke Pantai menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Keindahan Pantai dengan berbagai macam spot terbaik menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Jogja menyimpan berbagai jenis pantai. Masing-masing pantai yang ada di Jogja tentu memiliki sisi keunikan tersendiri.

Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja satu ini. Pantai Nglambor ini sendiri berada di bagian selatan Gunung Kidul. Lokasinya yang berada di antara Pantai Siuang serta Pantai Jogan menjadikan Pantai satu ini semakin unik.

Untuk lokasinya sendiri, Pantai Nglambor ini berada di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Ngalmbor terkenal akan spot travellingnya. Namun, sebelum membahas lebih jauh terkait dengan keindahan dan berbagai spot menarik di Pantai Nglambor, yuk kita simak dulu asal muasal Pantai Nglambor ini.

Asal Muasal Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa Pantai yang berada di ujung selatan Pulau Jawa terkenal akan ombaknya yang cukup besar. Adanya ombak yang besar tersebut tentu juga memberikan pengaruh terhadap terumbu karang yang ada di bawah pantai. Akan tetapi, siapa yang bisa mengira, jika salah satu Pantai yang berada di ujung selatan Pulau Jawa ini memiliki terumbu karang yang mampu bertahan dan menjadi habitat bagi biota laut.

Lain tidak lain pantai tersebut adalah Pantai Nglambor. Pantai Nglambor merupakan pantai yang menyimpan terumbu karang langkap dengan biota laut yang indah. keberadaan “Dua kura-kura raksasa” di Pantai Nglambor mampu menahan terumbu karang dari hantaman ombak. Tentu bukan kura-kura sungguhan. Dua buah kura-kura ini berupa dua batu karang besar yang melindungi Pantai Nglambor.

Watu Kalong namanya. Watu Kalong merupakan istilah bahasa Jawa yang berarti Batu Kalong. Kalong ini sndiri merupakan bahasa Jawa dari kelelawar. Watu Kalong berarti sejenis kelelawar yang bertubuh besar.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Tempat wisata di Jogja satu ini menyimpan berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya seperti:

  1. Tempat parkir
  2. Mushola
  3. Gazebo
  4. Kamar mandi dan toilet
  5. Warung makan
  6. Penyewaan peralatan snorkeling

Oh iya, informasi tambahan tempat parkirnya sendiri ternyata berada cukup jauh dari Pantai. Dibutuhkan waktu kurang levih 15 menit untuk bisa sampai di Pantai Nglambor. Hal tersebut dikarenakan jalanan tidak begitu lebar untuk bisa dilewati kendaraan roda empat.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya kalau Pantai Nglambor ini menyimpan berbagai spot snorkeling. Anda bisa melakukan snorkeling dengan menyewa perlengkapan snorkeling di sekitar pantai. Tenang saja, mengenai biayanya juga terbilang terjangkau. Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp. 50.000 Anda sudah mendapatkan paket lengkap untuk snorkeling.

Sedikit Gambaran Kondisi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Tempat wisata di Jogja satu ini terkenal akan perlindungan dari dua kura-kura raksasa. Keberadaan dua kura-kura raksasa ini menjadikan ombak di Pantai Nglambor tenang. Mengenai kondisi airnya, Pantai Nglambor memiliki kondisi air yang masih jernih. Keberadaan air yang jernih ini menjadikan Anda semua mudah untuk melihat terumbu karang yang ada di dasar pantai. Untuk itu, maka sangat pas jika digunakan sebagai spot snorkeling.

Bisa dikatakan, menikmati keindahan Pantai Nglambor ini semakin lengkap jika sambil snorkeling. Keberadaan dua batu raksasa yang ada di Pantai Nglambor menjadikan ombak menjadi tenang. Sangat pas untuk Anda yang masih belajar snorkeling.

Snorkeling di Pantai Nglambor memang menyenangkan. Ketika melakukan snorkeling, maka Anda akan melihat berbagai macam habitat laut yang memukau. Anda akan menjumpai terumbu karang dengan jajaran ikan berwarna-warni siap menemani aktivitas snorkeling Anda semua. Akan tetapi, ingat tetaplah berhati-hati. Jangan sampai Anda merusak terumbu karang yang ada.

Jika kita amati, Pantai Nglambor ini memiliki bentuk berupa cekungan namun tidak begitu panjang. Anda akan menjumpai dua buah batu karang besar dna juga perbukitan yang berada di belakang Pantai. Mengenai pasirnya, Pantai Nglambor menyimpan pasir yang masih bersih. Pokoknya lengkap deh.

Akses Menuju Pantai Nglambor

Mengenai akses lokasinya, Pantai Nglambor ini berada kurang lebih 35 kilometer dari Kota Wonosari, Gunung Kidul. Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk bisa sampai di Pantai Nglambor, Gunung Kidul. Untuk memudahkan perjalanan ke Pantai Nglambor, sebaiknya Anda menggunakan paket wisata.

Saat ini, cukup banyak penyedia paket wisata Jogja yang siap menghantarkan perjalanan Anda menuju Pantai Nglambor, yaitu widyalokawisata.com. Dengan menggunakan paket wisata, maka perjalanan Anda akan semakin mudah. Bagaimana sudah siap menjelajah tempat wisata di Jogja satu ini bersama widyalokwisata.com? Agendakan sekarang juga yaa…

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *