Menyusuri Keindahan Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis Jogja menjadi salah satu pantai yang menyajikan pesona bahari serta wisata sejarah dan juga budaya, dengan pemandangan pantai yang berbeda dengan pantai lainnya membuat Pantai Parangtritis memiliki magnet sendiri untuk menarik banyak wisatawan. Hamparan pasir yang luas serta deburan ombak yang cukup besar membuat Parangtritis semakin menawan.

Selain dari sajian wisata alamnya, Pantai saru ini juga sangat dikenali dengan mitos-mitosnya yang hingga sekarang masih dipercayai. Konon, pantai ini merupakan pintu gerbang untuk menuju ke kerajaan Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Maka dari itu para penduduk setempat masih mengadakan ritual Upacara Labuhan tiap tahun. Kepercayaan inilah yang menempatkan Pantai Parangtritis sebagai destinasi uatam ketika berada di Yogyakarta.

Penasaran dengan keindahan Pantai Parangtritis? Kunjungi sekarang dengan tour Jogja bersama widyalokawisata.

Daya Tarik Pantai Parangtritis Jogja 

Naik Andong di Pantai Parangtriris Jogja

1. Menikmati kuliner di tepi pantai

Sembari menikmati hembusan angin pantai dan menanti keindahan dari terbenamnya matahari, Anda bisa sambil menyantap kuliner pantai yang tersedia diwarung-warung sekitaran pantai. Salah satu menunya iyalah jagung bakar, harganya cukup murah mulai dari Rp 15.000 – Rp 20.000 apalagi jika dipadukan dengan es kelapa muda yang segar dan sangat cocok sekali untuk dinikmati dengan suasana pantai.

Apabila Anda ingin menikmati kuliner yang lebih mengeyangkan, Anda bisa langsung berkunjung ke restoran yang ada di pinggir pantai sekaligus untuk mencicipi hidangan laut seperti undur-undur laut goreng ikan laut atau keripik jengking harganya pun relatif murah, jadi tidak perlu khawatir.

2. Menunggangi kuda menyusuri pantai

Kegiatan ini termasuk unik sebab Anda hanya bisa menemukan fasilitas wisata ini di Pantai Parangtritis saja, Anda akan menunggangi kuda dan menyusuri garis pantai. Tidak cuma itu, Anda juga dapat berkuda hingga menuju tebing karang. Tarif yang dikenakan untuk menyewa kuda sebsar Rp 20.000 saja. Tidak perlu khawatir, selama berkuda Anda akan didampingi oleh pemandu.

3. Menyewa motor ATV

Apabila Anda ingin mencoba kendaraan ini, Anda bisa datang ke tempat penyewaan. Kendaraan ini akan bisa membantu Anda untuk menyusuri pantai dengan cepat. Tarif yang dikenakan untuk penyawaan ATV sebesar Rp 50.000 dengan durasi 15 menit mengendara. Jika Anda ingin mencobanya sebaiknya menggunakan kacamata hitam agar terlindung dari sinar matahari serta debu pasir yang berterbangan.

4. Berendam di air panas Parang Wedang

Dengan kondisi air laut yang beringas, Pantai Parangtritis bukan tempat yang cocok untuk berenang maka dari itu Anda tetap bisa mandi atau sekedar berandam di pemandian air panas Parang Wedang. Anda bisa bertanya ke warga setempat untuk mengetahui lokasinya yang tidak jauh dari pantai alias masih termasuk ke dalam area Parangtritis. Tarif yang dikenakan hanya Rp 4.000 saja.

Jam operasionalnya di buka mulai 06.00 – 18.00. Perlu diketahui bahwa, sebelum lokasi pemandian ini dibuka untuk umum, tadinya pemandian ini hanya bisa digunakan oleh para keluarga Keraton Yogyakarta. Mitosnya pemandian satu ini berasal dari 3 sumber air dan juga dipercaya dapat menyembuhkan macam-macam penyakit mulai dari rematik, stroke hingga penyakit kulit.

5. Bermain layang-layang

Dengan tiupan angin yang cukup kencang jangan heran ketika Anda melihat banyak layang-layang berterbangan di bibir pantai. Selain bantuan angin pantai yang kencang, area pantai pun sangat luas yang membuat area ini sangat pas untuk dijadikan lokasi bermain layang-layang.

Perlu diketahui juga bahwa Pantai Parangtritis memang sering menjadi tuan rumah festival layang-layang mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Salah satu event yang pernah diselenggarakan yakni bertajuk “Bantul Kite Festival 2017” yang digelar dengan sukses pada tahun 2017.

6. Bermain paralayang

Bermain paralayang juga sudah tersedia di pantai ini yang masuk kedalam wisata ekstrim dan memacu adrenalinmu. Kegiatan ini sebelumnya hanya dilakukan oleh para ahli dari komunitas paralang Jogja. Akan tetapi saat ini, para wisatawan bisa mencobanya dengan tarif sebesar Rp 200.000 – Rp 300.000, untuk keamanan tidak perlu khawatir, Anda akan dipandu oleh pilot yang berpengalaman.

Saat tepat untuk mencoba paralayang, cobalah datang waktu bulan Maret – September yang dimana suasana pantai sangat mendukung mulai dari angin dan beberapa faktor lainnya. Ketika sedang terbang bersama paralayang, Anda akan melihat keindahan Parangtritis dari sudat paling indah.

Fasilitas Pantai Parangtritis Jogja 

Senja di Pantai Parangtritis Jogja

Hingga saat ini, fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis Jogja sudah dibilang sangat lengkap. Anda tidak akan kesulitan menemukan semua keperluan wisata di area pantai ini, sebab Pantai Parangtritis sendiri sudah dibuka cukup lama dan sudah ditangani oleh pemerintah setempat untuk disempurnakan. Selalu ada pembenahan setiap tahunnya hingga fasilitas-fasilitas yang dapat ditemukan seperti :

  1. Warung Makan,
  2. Toko Baju
  3. Gazebo di Pantai
  4. Penginapan
  5. Toko Souvenir
  6. Toilet Umum
  7. Mushola
  8. Hotel
  9. Motor ATV,
  10. Kuda dan Delman untuk wisata keliling pantai.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Parangtritis

Harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis tidak berbeda jauh dengan harga tiket di pantai lain yang ada dikawasan Yogyakarta. Agar bisa masuk ke wilayah Parangtritis Anda hanya di kenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 untuk satu orang. Harga tiket parkir di kawasan parangtritis yakni Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Lokasi Rute Menuju Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis ini berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Rute menuju ke Pantai Parangtritis sangat mudah, jika Anda memulai dari Malioboro, Anda menuju keselatan kemudian di perempatan belok ke kiri, tidak jauh anda akan menemukan kembali perempatan lalu belok kekanan setelah itu Anda lurus terus hingga sampai ke Parangtritis. Gimana ? sangat mudah bukan.

Tips Wisata di Pantai Parangtritis 

  • Sebaiknya jangan berenang di pantai, jika tidak tahan melihat air laut, Anda dapat sekedar bermain air dibibir pantai saja
  • Menggunakan pakaian yang nyaman
  • Menggunakan topi dan kacamata hitam
  • Memakai alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan kontur pasir pantai seperti sandal
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Menjaga ketertiban

Itulah ulasan singkat terkait dengan Pantai Parangtritis Jogja yang merupakan pantai paling popular dari Yogyakarta. Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi bagi Anda sebelum datang mengunjungi wisata Pantai Parangtritis yang di Yogyakarta ini.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *