Pantai Siung Gunung Kidul | Harga Tiket Masuk, Spot Foto, Lokasi dan Fasilitas

Pantai Siung adalah pantai yang dikelilingi oleh pegunungan, bebatuan besar dan tebing yang menjulang tinggi dari arah timur ke barat yang berbentuk mirip dengan sebuah gigi kera didalam bahasa jawa sering di sebut Siung warana, karena hal tersebutlah yang mendasari nama pantai ini. informasi tersebut berdasarkan cerita penduduk warga sekitar dan mitos yang beredar di daerah sekitar pantai tersebut.

Pantai dengan Tebing-Tebing yang Indah

Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai berjarak kurang lebih 70 km dari kota Yogyakarta.

Keindahan alam yang luar biasa dan kebersihan yang terjaga  membuat banyaknya para wisatawan datang dan kembali berkunjung.

Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung tidak membuat pantai ini mudah terkontaminasi oleh sampah, kebersihan laut dan pantai sangatlah terjaga dengan baik di pantai ini.

Dengan banyaknya tebing-tebing tinggi yang indah mengelilingi pantai, hal tersebut yang membuat kami merekomandasikan destinasi satu ini sebagai tempat yang sangat cocok untuk kalian kunjungi bersama, keluarga, teman-teman, ataupun pasangan.

Info Paket Wisata Jogja

Daya Tarik Wisata

Pantai-Siung1. Spot Foto Keren

Mengabadikan momen merupakan hal yang sulit ditinggalkan dan dilewatkan begitu saja untuk mengabadikan momen tebaik yang ada di Pantai Siung, melihat perkembangan zaman sekarang mengabadikan foto terbaik dengan mengupdatenya di media sosial merupakan hal yang wajib dalam aktivitas wisata.

Dengan keindahan yang disajikan membuat banyaknya para fotografer berbondong-bondong untuk  untuk mencari spot foto terbaik terlebih lagi dihari libur atau weekend.

2. Melihat Gerombolan Kera

Tidak hanya menyajikan keindahan flora dan pemandangan saja, di atas tebing yang berada disekitar pantai terdapat fauna yaitu berupa segerombolan kera.

Gerombolan kera tersebut akan pergi turun ke pantai jika pantai dalam keadaan sepi, kera-kera tersebut tidak akan mengganggu para wisatawan, selama para wisatawan tidak menggangu dan membuat ketidak nyamanan para kera-kera tersebut.

Bahkan para wisatwan bisa berfoto dengan para kera-kera itu akan tetapi dengan jarak yang jauh dan aman, hati-hati dengan barang bawaan jika kalian ingin melihat kera-kera tersebut dengan jarak dekat.

3. Camping

Bagi para wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati indahnya pemandangan, anda bisa mendirikan tenda di area camping yanng sudah disediakan di bagian timur pantai.

Ketika senja tiba, anda dapat melihata indahnya matahari terbenam dengan diringi sayatan-sayatan angin yang lembut, suara hantaman ombak menghasilkan suara pantai yang khas, serta harumnya air lautan yang membuat rindu tersendiri.

Bila larut malam sudah tiba, anda bisa melihat taburan bintang-bintang di langit luas yang indah, bila langit bersahabat (tidak mendung).

Disekitar area camping tersedia sebuah rumah panggung cukup luas yang mampu menampung 15 orang pengunjung, rumah panggung ini digunakan untuk melihat pemandangan laut agar lebih luasa dalam jangkauanya.

4. Panjat Tebing

Panjat tebing memiliki sejarah pada tahun 1989, pada tahun tersebut biasa digunakan oleh para pecinta alam yang berasal dari luar negeri yaitu negara sakura (jepang), dalam melakukakn aktivitas panjat tebing.

Karena panjat tebing yang berada di pantai memiliki potensi yang besar dalam daya tarik wisata, pemerintah Yogyakarta terus mengembangkan destinasi panjat tebing tersebut.

Hal yang menarik dari destinasi ini, sempat dijadikan tempat dalam ajang perlombaan panjat tebing dalam rangka ASEAN Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 orang peserta dan terdiri dati negara Eropa dan Asia. Dengan hal demikian pantai satu ini dijuluki sebagai Siung Beach, The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Ngetun

Fasilitas

Fasilitas yang sediakan  untuk saat ini sudah lebih memadai dan dapat membuat para wisatawan yang mengunjungi merasa lebih nyaman. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Area parkir luas
  • Kamar mandi
  • Penyewaan penginapan
  • Mushola
  • Rumah makan
  • Pendopo

Harga Tiket Masuk

Tarif biaya yang dibutuhkan untuk menikmati keindahan tidak memerlukan biaya yang sangat besar, harga tiket untuk memasuki wisata  sangat bersahabat dengan kantong, yaitu biaya tiket sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Harga tersebut sudah meliputi biaya retribusi wisata Pantai Jougan dan Pantai Nglambor. Jadi dengan biaya yang fantastis murah tersebut anda dapat menikmati masuk kedua pantai lainya dengan FREE.

Lokasi dan Rute

Lokasi Pantai Siung Yogyakarta ini berada di daerah Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta. Mengenai rute terdapat beberapa alternatif. Jika dari arah Kota Yogyakarta, anda bisa memulai dari Jalan Piyungan menuju Wonosari.

Setelah itu terus saja ke selatan menuju ke arah Pantai Baron Sekitar 9 km, anda akan menemui pertigaan di Desa Mulo. Lalu lurus terus dan masuk jalur kawasan Mentel, Bintaos, Tepus, dan Pertigaan Winangun.

Setelah itu, silakan belok kanan dan langsung menuju ke pantai. Jarak perjalanan untuk rute ini mencapai 40 km dengan kondisi jalan cukup sempit. Selain itu, jalanan juga berkelok-kelok dan naik turun jadi disarankan untuk selalu berhati-hati.

Sementara jika anda dari Klaten, anda bisa mulai dari arah Semanu, Giripanggung, Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang, Winangun dan Pantai Siung. Anda juga bisa melewati rute dari Giri panggung menuju ke Cuelo ke arah selatan. Lalu ke arah Winangun dan kemudian sampai di lokasi.

Meski membutuhkan perjalanan yang panjang dan tidak mudah, namun usaha tersebut akan lunas terbayar dengan keindahan pesona.

Tips Berwisata di Pantai Siung

Promo Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam

Beberapa hal yang harus anda perhatikan krtika dalam perjalan menuju wisata, berikut ini adalah tips yang harus anda perhatikan agar liburan anda menjadi lancar :

  1. Anda harus terlebih dahulu mencari informasi tentang tempat tujuan wisata yang ingin anda datangi. Seperti mencari informasi tentang pantai tersebut dan jalan menuju ke pantai jalannya berliku atau tidak.
  2. Disarankan anda ke pantai tidak sendirian. Karena berwisata lebih seru dengan kerabat, keluarga, teman atau pasangan anda agar sama-sama menikmati indahnya dan suasana pantai tersebut.
  3. Untuk anda yg ingin berlibur dipantai disarankan menggunakan tabir surya atau pelindung matahari, ini termasuk pelindung diri dari matahari. Anda juga bisa bawa kacamata hitam atau topi atau payung untuk melindungi diri dari matahari. Ini bisa digunakan saat matahari sedang terik. Karena jika matahari yang terlalu terik akan mengakibatkan kulit kita terbakar oleh matahari.
  4. Selama berlibur dipantai disarankan membawa bekal sendiri dari rumah karena akan lebih hemat biaya pengeluaran anda.
  5. Dan jangan lupa sampah yang kita bawa atau barang yang kita pakai selama berlibur di pantai dibuang ditempat yang seharusnya jangan buang sampah sembarangan. Agar generasi kita selanjutnya bisa menikmati indahnya pantai tersebut.

Penutup

Pantai Siung ini adalah salah satu pantai yang indah dan sangat sempurna di Yogyakarta khususnya di daerah Gunung Kidul. Panjat tebing menjadi adrenalin sendiri untuk para pencita panjat tebing dan tidak bisa dihindarkan. Untuk kalian yang ingin berwisata ke ini bisa menghubungi paket wisata Jogja 3 hari 2 malam dari Widyalokawisata.com.  Dan kita bisa berwisata dengan lebih santai dan simpel.

Jangan lupa untuk mengajak kerabat, sabat, keluarga, atau pasangan kalian untuk berlibur bersama menikmati pesona alam yang memukau. Agar Tempat seindah ini semakin diketahui oleh wisatawan dari nusantara maupun manca negara.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *