Pantai Watu Kodok Gunung Kidul | Harga Tiket Masuk, Spot Foto, Lokasi dan Fasilitas

Yogyakarta memiliki begitu banyak destinasi wisata, terutama wisata alam seperti pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul. Salah satu pantai indah yang ada di kawasan Gunung Kidul adalah Pantai Watu Kodok. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cocok untuk camping karena lokasinya yang mudah diakses serta fasilitas pantai yang memadai.

Mengenai lokasinya, Watu Kodok berada di deretan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Memiliki hamparan pasir putih yang dipadu dengan birunya air laut. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang terdapat sebuah bongkahan karang yang bentuknya menyerupai kodok.

Hal Menarik

Pantai-Watu-Kodok
Pemandangan Pantai yang Memukau

1. Karang Menyerupai Kodok

Sesuai dengan namanya, yakni Pantai Watu Kodok yang berarti Batu Kodok ini memiliki sebuah bongkahan batu karang yang menyerupai kodok.

Inilah awal mula yang menyebabkan munculnya nama pantai tersebut. Dengan memiliki deretan karang terjal ditambah hamparan pasir putih menjadikan konsep pantai tersebut semakin matang dan menarik untuk dikunjungi.

2. Spot Foto Keren

Untuk Anda yang menyukai dunia fotografi, tidak perlu khawatir. Di pantai tersebut terdapat spo foto yang wajib untuk di coba atau diabadikan bersama teman atau keluarga. Didukung oleh suasana yang belum terlalu ramai membuat moment pemotretan dapat berjalan lancar agar mendapatkan hasil yang sempurna.

3. Area Camping yang Luas

Disini Anda juga dapat melakukan camping untuk bermalam di pinggir pantai setelah seharian bermain air laut atau berburu sunset. Mendirikan tenda dipinggir pantai sambil berkumpul dengan teman tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Tidak hanya itu, aktifitas kemah Anda akan dijaga atau dilindungi oleh warga yang melakukan pengamanan disekeliling area camping.

4. Pemandangan Eksotis dan Indah

Memiliki pemadangan karang yang berjejer di sepanjang pantai dengan hamparan pasir putihnya yang sangat bersih membuat kesan eksotis dengan dentuman ombak yang mengarah ke bibir pantai. Ditambah dengan kehadiran dari angin yang berhembus, dan akan sangat sempurna ketika menikmati pantai tersebut saat matahari terbenam.

5. Gazebo

Di area pantai  juga tersedia sebuah gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak atau sekedar berteduh sambil menikmati pemadangan pantai.

Gazebo tersebut juga dapat digunakan untuk tempat piknik sambil menyantap makan dan bercengkrama bersama teman atau keluarga ditemani oleh pemandangan laut yang begitu eksotis.

6. Wisata Kuliner Pantai

Apabila Anda tidak membawa bekal dari rumah, di pantai ini terdapat warung-warung yang menjual makanan atau minuman khas pantai yang tentunya dengan harga yang terjangkau. Anda dapat menikmati kuliner tersebut dengan berkumpul bersama rombongan sambil mengisi tenaga untuk setelahnya kembali bermain di kawasan pantai.

Fasilitas Pantai

Fasilitas yang sudah tersedia di Pantai Watu Kodok bisa dibilang cukup memadai meski memang harus ada beberapa fasilitas umum yang mesti ditambah. Namun untuk saat ini fasilitas penunjang yang bisa Anda nikmati di pantai ini, antara lain :

  • Terdapat sebuah gazebo untuk beristirahat atau berpiknik ria bersama teman atau keluarga
  • Tersedia kamar mandi umum dan toilet umum
  • Memiliki area parkir yang luas untuk kendaraan motor, mobil atau bis wisata
  • Warung makan penyedia kuliner khas pantai
  • Sebuah Mushola untuk ibadah
  • Jasa penyewaan tikar

Baca Juga: Pantai Kesirat Jogja

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke pantai tersebut masih terbilang murah dan sangat terjangkau. Para pengunjung yang akan menikmati keindahan pantai tersebut hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk para pengunjung yang ingin melakukan camping akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Sedangkan untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua serta Rp 5.000 untuk mobil.

Lokasi

Alamat pantai ini terletak di Dusun Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute

Pantai yang berada di ujung selatan ini mempunyai jarak sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Mengenai alamat lengkapnya berada di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Dibutuhkan perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat kota Jogja. Akses menuju lokasipun sangat mudah serta  jalurnya pun sangat baik untuk dilewati kendaraan roda dua aatau roda empat.

Jalur paling efektif menuju Pantai Watu Kodok ini dapat Anda mulai dari Kota Yogyakarta kemudian langsung menuju jalan Wonosari. Lanjutkan dengan menyusuri jalur yang mengarah ke Pantai Baron.

Sesudah memasuki pintu masuk Pantai Baron, belok ke kanan untuk menuju ke arah Pantai Indrayanti, di kawasan ini Anda akan di beri petunjuk dengan plang yang akan menghantarkan Anda ke lokasi pantai.

Tips Berwisata

Terdapat beberapa tips ketika Anda ingin berwisata ke pantai tersebut yang mungkin bisa Anda terapkan agar liburan Anda tetap berjalan lancar dan nyaman.

  1. Membawa kendaraan pribadi
  2. Membawa uang yang cukup
  3. Menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
  4. Membawa keperluan camping jika ingin bermalam dengan berkemah
  5. Membawa kamera jika ingin berfoto atau mengambil gambar bersama keluarga
  6. Menjaga kebersihan

Anda juga dapat memasukkan Pantai Watu Kodok ke dalam list destinasi liburan Anda dengan memesan paket wisata jogja yang disediakan oleh Widyalokawisata.com.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Watu Kodok yang indah dengan deretan karang serta hamparan pasir putihnya yang eksotis, cari waktu yang tepat bagi Anda untuk mengunjungi pantai tersebut untuk sekedar membuang penat selama bekerja atau menyisihkan waktu untuk berlibur bersama teman atau keluarga kecil.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *