Tempat-wisata-di-Johja

Puncak Becici, Tempat Wisata di Jogja yang Pas untuk Berburu Sunset

Tempat wisata di Jogja sangat banyak sekali. Di Yogyakarta terdapat banyak tujuan wisata alam hutan pinus salah satu yang sangat populer adalah Hutan Pinus Mangunan. Namun apakah Anda tahu? tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Anda dapat mengunjungi hutan pinus lainnya yang tak kalah menarik.

Bahkan dari hutan pinus ini Anda dapat melihat proses terbenamnya matahari yang sungguh cantik. Puncak becici namanya. Hutan pinus memiliki luas 4,4 hektar dengan suguhan alamnya yang masih alami dan hijau, udara yang masih segar dan hawa sejuk yang tentu belum tercemar oleh polusi.

Sejarah dan Gambaran Umum Puncak Becici

Sejarah nama Becici diambil dari gabungan kata “ambeg’ yang memiliki arti berdiam diri dan atau kata suci, dua kata tersebut berdasarkan pada cerita turun temurun yang dipercayai oleh masyarakat setempat tentang putra pendiri Desa Muntuk yang melakukan tapa (topo) di bukit sebelah barat hutan pinus dan yang kemudian beliau ingin disemayamkan di bukit yang sama saat meninggalkan dunia.

Puncak Becici merupakan tempat wisata di Jogja yang menyenangkan dan dapat memanjakan mata. Jalanan yang halus, semilirnya angin, deretan pohon yang tumbuh rapat mampu membuat Anda tenang. Rimbunnya hutan pinus akan membuat anda tidak merasakan lelahnya berjalan-jalan di area hutan pinus ini. Selain itu, Anda juga akan menjumpai kursi-kursi panjang dari kayu yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Fasilitas Puncak Becici

Tidak hanya kursi-kursi, Anda juga di fasilitasi sebuah Gardu pandang yang dibangun diatas pohon yang dapat memanjakan anda sebagai wisatawan untuk menyaksikan betapa indah dan sejuknya hutan ini dari sisi atas. Tidak hanya itu, jika cuaca sedang bagus Anda dapat menyaksikan garis pantai selatan melalui gardu pandang tersebut.

Lokasi dan Akses Menuju Puncak Becici

Tempat wisata di Jogja ini  berada diDusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, daerah istimewa Yogyakarta dan wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.

Rute menuju Puncak Becici ini sangatlah mudah untuk dijangkau karena jalannya sudah cukup rapi dan nyaman untuk dilalui kendaraan. Ada dua rute yang dapat dilalui dari pusat kota.

Pertama, Anda bisa memulainya dengan menuju ke arah Terminal Giwangan Yogyakarta. Kemudian dari arah perempatan Terminal Giwangan Yogyakarta, lanjutkan perjalanan hingga menuju kawasan wisata religi pemakaman raja-raja di imogiri. Lalu lanjutkan perjalanan menuju ke arah Mangunan.

Kemudian Anda akan melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan dan anda dapat melanjutkannya dengan mengikuti papan penunjuk arah hingga sampai di Puncak Hutan Becici.

Kedua, jika Anda memulainya melalui Jogja – Wonosari, maka rute yang harus Anda ambil adalah menyusuri rute Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan Patuk. Dari perempatan silahkan Anda belok kanan ke arah Dlingo kemudian Anda ikuti jalan utama sampai bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Setelah melewati hutan pinus Anda akan menemukan petunjuk arah hingga menuju ke Wisata Puncak Becici.

Harga Tiket Masuk Puncak Becici

Harga tiket masuk Wisata Puncak Becici terbilang sangat murah. Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3000,- per orang. Untuk biaya parkir kendaraan, Anda akan di bebankan biaya sebesar Rp. 2000,- untuk kendaraan sepeda motor dan Rp. 5000,- untuk Kendaraan mobil.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalan dengan menggunakan akses pertama, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 35 menit hingga 40 menit dalam kondisi lancar dan jauh perjalanan yang ditempuh sekitar 16 kilometer.

Dan bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan akses kedua, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit hingga 60 menit dalam kondisi lancar dan jauh perjalanan yang ditempuh sekitar 27 kilometer.

Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja, Puncak Becici menawarkan berbagai keindahan serta pengalaman yang menyenangkan. Untuk Anda semua yang ingin menikmati indahnya Jogja dari atas ketinggian tanpa perlu ribet menyiapkan perangkat liburan, kami sarankan untuk menggunakan jasa perjalanan widyalokawisata.com. Anda bisa memilih paket perjalanan 4 hari 2 malam, dengan salah satu tujuannya Puncak Becici. Langsung saja, kunjungi website resmi widyaloka wisata di www.widyalokawisata.com. Temukan paket perjalanan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *