Pesona Pantai-Pantai Gunung Kidul dari Puncak Kosakora

Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal memiliki segudang wisata alam yang mempesona mulai dari goa hingga pantainya. Terdapat banyak sekali surga tersembunyi di kabupaten yang letaknya di sebelah timur Jogja ini. Tidak diragukan lagi, pantai-pantai dan wisata lain yang ada di Gunung Kidul masing-masing memiliki keeksotisan tersendiri. Salah satu yang menjadi andalan wisatanya adalah Puncak Kosakora, bukit di atas pantai.

Penasaran dengan keindahan Puncak Kosakora? Langsung saja pesan paket tour Jogja di Widyalokawisata.

Overview Puncak Kosakora

Keindahan Pantai dari Puncak Kosakora

Puncak Kosakora dulunya dikenal masyarakat setempat dengan nama bukit Ngrumput. Puncak Kosakora sendiri merupakan destinasi wisata alam hasil dari fenomena eksokarst lain di Gunung Kidul. Hamparan rumput luas digabungkan dengan pemandangan laut lepas dan langit biru yang membentang menjadi spot ngehits yang diincar kalangan anak muda untuk ber-selfie. Anda juga akan mendapatkan pemandangan istimewa Pantai Ngrumput dari Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora berlokasi di desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di jajaran garis pantai Gunung Kidul, Puncak Kosakora diapit oleh beberapa pantai seperti Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan Pantai Ngrumput yang berada tepat di bawahnya. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 50 mdpl.

Rute menuju Puncak Kosakora

Berjarak sekitar 61 km dari pusat kota Jogja, perjalanan menuju ke Puncak Kosakora bisa memakan waktu tempuh selama 1 jam 45 menit (jika tidak ada kendala). Akses menuju ke Puncak Kosakora bisa menggunakan kendaraan umum dan pribadi sampai ke kawasan Pantai Drini. Jika kamu menggunakan kendaraan umum kamu bisa memulainya dengan naik bus jurusan Wonosari dari Terminal Giwangan dan kemudian turun di terminal Wonosari. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek menuju Pantai Drini.

Untuk sampai ke puncaknya sendiri, anda harus siap berjalan kaki sekitar 30 menit dari area parkir dengan melewati Pantai Ngerumput terlebih dahulu. Pemandangan awal yang akan dijumpai diawal perjalanan adalah padang rumput yang luas. Anda juga akan melewati ladang-ladang milik masyarakat setempat.

Perjalanan ini membutuhkan stamina yang kuat dan pastikan membawa makanan dan minuman karena perjalanan ini akan sangat menguras tenaga. Jalan yang disusuri menuju ke Puncak Kosakora masih berupa jalan setapak dan masih sangat alami dengan medan menanjak serta bebatuan karang tajam sehingga harus ekstra hati-hati saat turun hujan. Namun rasa lelah anda akan terbayar lunas dengan pemandangan pantai-pantai yang luar biasa indah dari atas Puncak Kosakora.

Ingin menuju Puncak Kosakora dengan lebih cepat? Pesan saja, paket tour Jogja di Widyalokawisata. 

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Puncak Kosakora Gunungkidul

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 dan biaya parkir. Seperti yang telah disebutkan di atas, kendaraan yang Anda bawa hanya bisa sampai di parkiran Pantai Drini dengan biaya parkir Rp. 3000/motor dan mobil Rp. 5.000/mobil.

Sedangkan untuk fasilitas umumnya sendiri tidak ada, seluruhnya berada di Pantai Drini. Puncak Kosakora buka selama 24 jam setiap hari.

Bagi yang suka nge-camp, Anda dapat memasukan Puncak Kosakora ke dalam list. Di Puncak Kosakora sendiri sudah ada pengelola yang menyewakan peralatan camping dengan tarif harga bervariasi mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 100.000 sesuai dengan ukuran tenda. Jadi tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah.

Disarankan mengunjungi Puncak Kosakora pada waktu pagi atau sore hari karena anda dapat menyaksikan detik-detik terbit dan tenggelamnya matahari dari puncak bukit. Karena menghadapi medan yang sulit dengan banyaknya bebatuan tajam, maka gunakanlah alas kaki yang nyaman dan aman untuk berjaga-jaga supaya kaki anda tidak terluka. Dan lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *