Menikmati Indahnya Sunrise di Punthuk Setumbu

Sunrise Indah di Atas Bukit

Punthuk Setumbu merupakan gugusan bukit dengan ketinggian mencapai 400 mdpl yang berada di area pegunung Menoreh. Dahulunya lokasi tersebut masih dijadikan ladang oleh para penduduk setempat. Semua berubah ketika foto sunrise Borobudur yang indah dan mempesona tersebar di sosial media. Karena hal tersebutlah hingga saat ini banyak orang yang berdatangan untuk menyaksikan sunrise.

Para wisatawan dapat menyaksikan pesona Borobudur di kala pagi buta, maka disarankan untuk para wisatawan agar tiba dilokasi sebelum pukul 05.00.  Jika sudah berada disana tepatnya dari area parkir, Anda perlu melakukan trekking sekitar 15 menit lamanya agar bisa mencapai puncak.

Ingin menikmati sunset dari atas ketinggian? Anda bisa dengan memesan paket wisata Jogja 3 hari dari WIdyalokawisata.

Hal Menarik 

Sunrise Puthuk Setumbu
Sunrise Puthuk Setumbu

Obyek Wisata indah satu ini merupakan lokasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi sebab disini menawarkan pesona keindahan yang unik dan sedikit berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Selain menawarkan keindahan alam yang luar biasa, penduduk lokal yang bermukim di wilayah ini juga sangat ramah terhadap semua wisatawan yang datang.

Di bukit Anda akan menemukan spot terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan dari terbitnya matahari ditambah pemadangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Nah, dari lokasi ini Anda juga dapat menyaksikan pesona keindahan Candi Borobudur saat pagi hari dengan diselimuti kabut. Panorama alam disaat matahari terbit selalu menjadi moment yang disukai para wisatawan.

Dari ketinggian kurang lebih 400 mdpl serta berada digugusan pegunungan Menoreh, bukit satu ini menawarkan pemadangan yang luar biasa, tidak heran jika lokasi tersebut menjadi lokasi favorit untuk wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit, ditambah dengan suasana yang sejuk dan asri menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman yang tidak terlupakan untuk Anda.

Datanglah saat pagi buta, agar Anda tidak ketinggalan moment saat matahari terbit. Karena ketika Anda tiba di Lokasi Anda masih akan melakukan trekking yang juga cukup membutuhkan waktu agar bisa sampai kepuncak. Meski dipaksa untuk berjalan kaki dan akan merasa sedikit melelahkan semuanya akan terbayar lunas ketika Anda sudah tiba dipuncak untuk menyaksikan pesona alam dengan matahari terbit yang juga berlatarkan gunung serta Candi Borobudur.

Fasilitas 

Punthuk-Setumbu
Keindahan Punthuk Setumbu

Dengan sudah diakuinya sebagai lokasi wisata yang cukup digandrungi membuat dinas bersangkutan dan warga setempat berlomba-lomba membangun beberapa fasilitas serta pelayanan sebagai penunjang para wisatawan selama berada di lokasi tersebut. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temui :

  • Area Parkir kendaraan
  • Rumah Panggung
  • Gazebo
  • Kursi-kursi Kayu
  • Kamar mandi / MCK
  • Warung makan
  • Mushola
  • Penginapan
  • Ojek menuju puncak
  • Gardu pandang
  • Camp ground

“Baca Juga : Wisata Desa Pulesari” 

Harga Tiket Masuk

Agar dapat menikmati suguhan yang ada di Punthuk Setumbu, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Bila membawa kendaraan seperti mobil Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 10.000 dan Rp 5.000 untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua atau motor. Dengan harga yang terbilang murah Anda sdaha bisa menikmati lokasi tersebut dengan puas.

Lokasi 

Obyek wisata yang menawarkan pesona keindahan sunrise ini berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa tengah.

Rute Menuju Lokasi

Agar dapat sampai ke obyek wisata dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam perjalanan kendaraan normal. Bila memulai perjalan dari pusat kota Yogyakarta Anda akan menempuh jarak sekitar 44 km untuk bisa sampai ke lokasi.

Menuju lokasi tersebut Anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, sebab masih belum ada sarana transportasi langsung. Titik utama Anda untuk dijadikan acuan adalah lokasi Borobudur yang dimana bila Anda sudah sampai di kawasan Borobudur, Anda akan banyak menjumpai plang petunjuk menuju lokasi.

Setalah itu, Anda hanya perlu mengikuti jalan lurus yang mengarah kearah perbukitan Menoreh. Di sela-sela perjalanan, Anda akan menemukan Hotel Manohara yang merupakan tempat penginapan paling direkomendasikan untuk wisatawan mulai dari wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Ingin menuju lokasi dengan mudah? Anda bisa memesan rental mobil Jogja atau paket wisata Jogja 3 hari dari Widyalokawisata.

Tips Berwisata

Pemandangan di Atas Awan
  1. Upayakan untuk datang di saat masuk musim kemarau agar bisa menikmati pemandangan yang indah serta cuaca yang cerah
  2. Membawa kamera DSLR untuk bisa mengabadikan foto terbaik Anda
  3. Menjaga kebersihan serta mematuhi peraturan yang ada
  4. Hari terbaik ketika ingin mengunjungi adalah senin-jum’at agar terhindar dari keramaian pengunjung bila memilih akhir pekan.
  5. Menggunakan alas kaki yang nyaman, tentunya cocok untuk digunakan pada kegiatan outdoor, sebab Anda akan melakukan trekking menuju puncak dengan medan berupa tanah.
  6. Berkunjunglah dalam kondisi fit
  7. Jika Anda ingin melihat sunrise di kala fajar sebaiknya membawa jaket atau pakaian penghangat sebab lokasi  berada di wilayah perbukitan dengan hawa yang dingin.

Demikianlah kilasan singkat mengenai obyek wisata Punthuk Setumbu yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda dikemudian hari yang akan berkunjung ke obyek wisata tersebut, Terimakasih.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *