Wisata Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo dan Keindahannya

Gumuk Pasir Parangkusumo – Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki macam-macam destinasi wisata, terdapat banyak sekali lokasi wisata yang sedang hits dan tiketnya pun terbilang sangat murah. Tidak hanya itu, Jogja juga menyajikan wisata kuliner, wisata budaya, serta kota nya pun sangat romantic. Jadi akan sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu berlibur ke kota ini.

Dari beberapa destinasi wisata Jogja yang sedang populer salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Jika datang ke tempat ini, Anda akan merasa sedang berada di Timur Tengah karena hamparan pasir yang sangat luas. Disini juga tersedia spot untuk berfoto yang unik dan lucu seperti ayunan dan hiasannya, selain itu juga bisa mengabadikan foto ditengah hamparan pasir yang luas.

Ingin Berkunjung ke Gumum Pasir Parangkusumo? Pesan paket tour Jogja di widyalokawisata.

 Daya Tarik Wisata Jogja Gumuk Pasir

Keindahan Gumum Pasir Parangkusumo

Destinasi wisata Jogja satu ini berada di wilayah Sanden Bantul Yogyakarta tepatnya di sepanjang muara Sungai Opai sampai Pantai Parangtritis. Tempat satu ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Jika di artikan dalam bahasa jawa gumuk adalah sebuah tumpukan atau gundukan yang berarti gumuk disini adalah sebagai tumpukan pasir atau gundukan pasir yang luas.

Terbentuknya sebuah gurun pasir yang biasa disebut Gumuk Pasir Parangkusumo ini mulanya dari ulahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Progo, Kali Opak serta Pantai Parangtritis. Kumpulan pasir yang menjadi gundukan ini berasal dari abu vulkanik Gunung Merapi yang hanyut terbawa aliran Sungai Progo, Sungai Opak serta sungai-sungai lain hingga semua berkumpul Pantai Parangtritis.

1. Julukan Gurun Pasir mini dari Yogyakarta

Jika dilihat dari namanya yakni gumuk pasir atau gundukan pasir yang terbentang cukup luas membuat Gumuk Pasir Parangkusumo sekilas seperti landskap gurun pasir yang ada di Timur Tengah malah pernah disebut-sebut seperti Gurun Sahara dalam versi mini.

2. Berada di antara dua pantai

Apabila Anda sedang mengunjungi Pantai Parangtritis disarankan untuk sekalian mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo karena lokasinya pun cukup dekat dan masih terbilang satu wilayah, yang diamana gumuk pasir ini terletak tepat diantara dua pantai yaitu Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

3. Salah satu pasir yang langkah

Jenis pasir yang ada di Parangkusumo ini merupakan jenis pasir yang langkah, konon pasir ini hanya bisa ditemui di Indonesia dan di Meksiko saja. Maka dari itu, seakan menjadi kebanggan tersendiri bagi kita yang dimana Indonesia menjadi salah satu dari dua jenis keunikan wisata yang jelas-jelas terbentang luas di Indonesia tepat nya di Yogyakarta.

4. Karya seni alami buatan alam

Terciptanya hamparan pasir yang luas ini bukanlah semata-mata buatan manusia melainkan terbentuk dengan sendirinya karena alam. Gumuk Pair Parangkusumo menjadi karya seni yang tercipta alami tanpa campur tangan manusia. Terbentuknya padang pasir ini pun berasal dari material alam seperti abu vulkanik dari Gunung Merapi.

5. Mempelajari secara langsung

Merupakan salah satu dari beberapa destinasi eduwisata di Kota Yogyakarta. Sudah tersedia fasilitas untuk bisa dijadikan sebagai ruang edukasi untuk para pengunjung agar bisa mengetahui lebih jelas mengenai fenomena alam yang satu ini, Anda tinggal mendatangi Laboratorium Geospasil Pesisir yang letak tidak jauh gumuk pasir tersebut.

Di Laboratorium ini Anda akan di edukasi dan dapat mengetahui awal mula terjadinya gumuk pasir hingga berproses menjadi padang pasir yang luas dengan volume pasir yang cukup besar.

6. Spot bermain sandboarding

Akan sangat kurang jika sebuah lokasi wisata tidak menyediakan wahana permainan. Belakangan ini gumuk pasir tersebut sudah semakin popular apalagi dikalangan anak muda ditambah adanya spot untuk bisa bermain sandboarding atau berselancar di padang pasir. Dengan tinggi gundukan pasirnya yang bervariasi membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai area berselancar.

Fasilitas Wisata Jogja Gumuk Pasir 

Berikut beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Gumuk Pasir Parangkusumo ini :

  1. Mushola
  2. Kamar mandi
  3. Area parkir kendaraan
  4. Pos penjaga
  5. Klinik kesehatan
  6. Toko souvenir
  7. Penginapan
  8. Warung makan
  9. Dll

 Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gunuk Pasir Parangkusumo 

Indahnya Gumuk Pasir Parangkusumo

Jam operasional untuk wisata satu ini akan dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana gumuk pasir sampai gelap juga diperbolehkan namun ANda harus meminta izin terlebih dahulu ke para pengelola lokasi wisata gumuk pasir ini.

Harga tiket yang mesti dibayar terbilang murah yakni sebesar Rp 5.000/orang dan untuk biaya parkirnya akan dikenakan uang sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Akses dan Rute Menuju Gumuk Pasir

Alamat lengkap lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Batul, Yogyakarta.

Agar bisa sampai ke lokasi ini, jika Anda berada di pusat kota Jogja Anda mulanya mengambil jalur kearah selatan kota Jogja. Ketika sudah memasukin jalan Parangtritis Anda hanya diminta untuk mengikuti jalan hingga menemukan jembatan panjang.

Setelah itu Anda akan melihat portal retribusi untuk masuk ke wilayah Parangtritis, sekitar 50 meter sebelum portal atau pos retribusi tersebut beloklah ke kanan lalu ikuti jalan hingga Anda menemukan lokasi dari wisata gumuk pasir tersebut.

Adapun rute menuju lokasi wisata adalah dari kota Jogja menuju jln. Parangtritis dengan menuju arah selatan. Saat sudah melaluo jln. Parangtritis anda tinggal mengikuti jalan ke sebelah selatan sampai menemui jembatan yang panjang.

Dari pusat Kota Jogja menuju letak Gumuk Pasir Parangkusumo ini memiliki jarak sekitar 28 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 50 meniat sampai 1 jam perjalan.

Tips Berwisata di Gumuk Pasir Parangkusumo

Suasana Senja di Gumuk Pasir
  1. Memakai alas kaki yang nyaman seperti sandal atau sepatu kets dan jangan menggunakan higheels
  2. Gunakan baju atau pakaian yang agak tipis karena area gumuk pasir cenderung menghasilkan hawa panas
  3. Membawa makanan dan minuman yang Anda butuhkan
  4. Mengunjungi disaat cuaca sedang bagus
  5. Memakai kacamata hitam agar terhindar dari kelilipan pasir atau silau dari terik matahari
  6. Menjaga kebersihan

Itulah beberapa kilassan mengenai destinasi wisata Jogja yang cukup unik ini yakni Gumuk Pasir Parangkusumo. Dengan adanya artikel ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk Anda yang ingin datang ke salah satu wisata yang keren dari Kota Yogyakarta tersebut.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *