Wisata Jogja Hutan Pinus Pengger dan Keindahannya

Hutan Pinus seolah-olah menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang memiliki daya tarik kuat untuk dikunjungi. Tidak berbeda dengan hutan pinus yang tumbuh di tempat yang tinggi, suasana sejuk asri serta bau khas dari getah pohon pinus adalah kondisi yang dimana akan menyuguhkan para pengunjung ketika pertama kali datang. Di sekitaran hutan pinus, para pengunjung dapat berjalan kaki dengan santai mengikuti jalan setapak yang dibuat dan berjalan dibawah rindang pohon pinus.

Rindangnya tumbuhan dan rapatnya barisan dari pohon pinus yang begitu besar dan tinggi membangun suasana yang amat sangat sejuk serta teduh bahkan terkadang menimbulkan suasana remang di beberapa tempat karena saking tertutupnya dari pancaran sinar matahari. Agar bisa memasuki area hutan pinus, para pengunjung nanti akan berjalan kaki melalui beberapa anak tangga.

Daya Tarik Lokasi Tempat Wisata Jogja Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger terlihat akan mengikuti kesuksesan dari Hutan Pinus Asri yang merupakan pendahulunya akan tetapi berada di dalam satu wilayah yakni di daerah Dlingo. Kejelian warga setempat dalam mengelola potensi dari Hutan pinus menjadi sebuah objek wisata yang keren pun berhasil. Dari pengelola pun menyadari bahwa Hutan Pinus Pengger harus memiliki keunikannya tersendiri.

Agar menjadikan Hutan Pinus Pengger sebagai tempat wisata yang sedikit berbeda dibanding tempat-tempat lain. Para warga setempat membangun berbagai wahana kreatifitas dalam mengelola fasilitas seperti menyediakan instalasi seni dengan berbagai macam bentuk yang tersusun dari beberapa ranting pohon yang telah kering.

Ketika Anda mengunjungi Hutan Pinus Pengger, Anda juga dapat melanjutkan perjalanan ke objek wisata lain yang terdapat di wilayah Desa Dlingo ini dan nantinya bisa menikmati sunset di Puncak Pengger yang bisa menjadi jamuan penutup Anda ketika berkunjung ke Hutan Pinus Pengger.

Hal Menarik Lain di Hutan Pinus Pengger

Pemandangan Hutan Pinus Pengger

Tempat wisata Jogja satu ini berada dekat dengan Bukit Bintang. Dari Bukit bintang jaraknya sekitar 3,6 km ke Hutan Pinus Pengger. Lokasi tersebut dapat Anda jadikan sebagai tempat beristirahat sebelum Anda melanjutkan perjalanan ke hutan pinus. Nah, jika Anda ikut penasaran dengan lokasi wisata lainnya selain dari hutan pinus maka Anda dapat memilih alternative lain seperti Puncak Becici, Seribu Batu Songo Langit dll dan jarak antar objek wisata tidak terlalu jauh.

Apabila Anda seorang yang suka dengan wisata sejarah, Anda dapat mengawalinya dari Candi Boko, Candi Ijo, pemakaman imogiri serta museum dirgantara merupakan pilihan yang bagus, dan untuk keseluruhan jarak objek wisata yang ada masih dalam radius 12 km dari Hutan Pinus Pengger.

Begitu banyak hal yang bisa Anda dapatkan dan nikmati ketika berkunjung ke Hutan Pinus Pengger, yang akan membuat Anda ingin mengunjunginya kembali karena menyimpan sejuta keindahan serta membuat para pengunjung merasa ketagihan untuk datang kembali ke Hutan Pinus Pengger.

Fasilitas Hutan Pinus Pengger Jogja

Fasilitas yang tersedia di wisata Jogja Hutan Pinus Pengger sudah terbilang lengkap yang bisa digunakan untuk para wisatawan yang datang dan dapat menunjang kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin berkeliaran di area hutan pinus.

Di Hutan Pinus Pengger ini telah tersedia macam fasilitas seperti :

  1. Mushola
  2. Food court atau pusat kuliner
  3. Area parkir
  4. Toilet

Serta fasilitas lain yang sedikit berbeda dan dimiliki oleh objek wisata tersebut yakni spot foto yang menunjang untuk menghasilkan foto yang bisa dibagikan ke sosial media seperti rumah pohon, jembatan kayu, tangan raksasa serta yang baru yakni piramida ala suku Indian yang unik. Dengan spot foto yang berada di ketinggian akan memanjakan mata para pengunjung dengan pemadangan hijau yang begitu asri.

Fasilitas lainnya yang ikut tersedia ialah :

  1. Area camping
  2. Jalur tracking
  3. Area bermain berupa ayunan,
  4. Warung jajanan
  5. Tempat beristirahat berupa gazebo

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Hutan Pinus


Hutan Pinus Pengger sendiri berada di wilayah Desa Terong, Desa Sendangsari, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Yogyakarta. Lokasi tersebut berjarak sekitar 25km atau akan menghabiskan waktu sekitar 45menit jika diukur dari titik pusat kota Jogja.

Tarif yang akan dikenakan untuk menikmati keindahan hutan pinus yakni Rp. 2.500. / orang. Serta Rp 2.000. untuk parkir motor dan Rp 5.000 unruk parkir mobil serta parkir bis dikenakan tariff sebesar Rp 20.000. Sedangkan jika Anda ingin mengabadikan foto atau video di spot-spot yang sudah tersedia, Anda hanya akan dikenakan retribusi seikhlasnya sebagai penunjang untuk mengembangkan objek wisata tersebut.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Walaupun lokasinya masih masuk ke wilayah Kabupaten Bantul akan tetapi Hutan Pinus Pengger justru lebih mudah diakses bila melalui jalan Wonosari yang merupakan jalan penghubung antara Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul.

Apabila Anda dari pusat kota Jogja, Anda hanya langsung menggunakan jalan yang mengarah ke Wonosari, Piyungan, kemudian sampai ke Bukit Bintang lalu Anda akan tiba di Pathuk. Bila mengarah ke kiri Anda akan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, maka dari itu Anda harus mengarah ke kanan yang menuju kearah Raya Patuk, Dlingo.

Tidak jauh lagi, yakni sekitar 4,5 km Anda akan dibimbing oleh petunjuk jalan yang tersedia, apabila bingung dengan persimpangannya, Anda bisa menanyakan langsung ke warga setempat atau gunakan GPS yang saat ini sudah semakin akurat untuk menentukan lokasi Hutan Pinus Plengger berada.

Tips Berwisata ke Hutan Pinus Pengger

Agar dapat berwisata dengan nyaman, alangkah baiknya Anda memeriksa kendaraan pribadi Anda apakah dalam kondisi bagus untuk memulai perjalan ke hutan pinus. Selain itu gunakan pakaian yang cocok untuk berwisata santai dan akan tidak cocok bila Anda datang dengan menggunakan pakaian kantor.

Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki, karena medan di hutan pinus naik turun dan didominasi oleh tanah, maka dari itu Anda di himbau untuk menggunakan sepatu sneaker dan hindari menggunakan high heels.

Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah, yang nantinya bisa Anda nikimati ketika sudah berada di hutan pinus, dan ingat ! Anda harus tetap bisa menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mengurangi keindahan dari hutan pinus itu sendiri.

Persiapkan baterai Hp atau kamera yang nantinya akan Anda gunakan untuk berfoto dan mengabadikan banyak gambar bersama teman, keluarga atau bahkan dengan kekasih hati.

Pilihan Paket Wisata Hutan Pinus Pengger

Bagi Anda yang pertama kali berkunjung ke Jogja, Anda bisa menggunakan jasa travel. Terkait dengan pemilihan jasa travelnya, Anda bisa menggunakan jasa travel Widyalokawisata. Jasa perjalanan satu ini sudah berpengalaman dalam melayani para wisatawan yang datang ke Jogja.

Terkait dengan harganya, Widyalokawisata hadir dengan harga yang sangat ramah di kantong. Tenang, meskipun hadir dengan harga terjangkau, semua wisatawan tetap mendapatkan fasilitas perjalanan yang sangat lengkap. Perjalanan Anda akan semakin lengkap dengan tour guide yang berpengalaman dan driver yang handal.

Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam

Paket wisata 2 hari 1 malam ini merupakan salah satu jenis paket yang cukup banyak digemari oleh para wisatawan. Paket wisata satu ini siap menghantarkan Anda ke berbagai tempat wisata Jogja, salah satunya Hutan Pinus Pengger.

Jenis paketnya juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kami menghadirkan jenis paket promo, paket premium dan juga paket VIP. Kami menghadirkan harga paling murah Rp. 705.000 dengan peserta mulai 3 orang peserta saja. Dengan biaya tersebut, Anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas lengkap berikut ini:

  1. Penjemputan serta penghantaran peserta tour dari Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal
  2. Makan sesuai dengan jadwal
  3. Transportasi nyaman, ber AC
  4. Guide atau pemandu wisata yang sudah berpengalaman
  5. Tiket masuk tempat wisata
  6. Banner untuk peserta lebih dari 15 orang
  7. Air mineral
  8. Biaya parkir

Beberapa Alasan Paket Wisata Jogja Hutan Pinus Pengger Banyak Peminatnya

  1. Hadir dengan harga paket yang terjangkau
  2. Menghadirkan berbagai objek wisata yang menarik
  3. Menghadirkan spot wisata menarik
  4. Para wisatawan akan diajak ke berbagai spot oleh-oleh

Paket wisata Jogja Hutan Pinus Pengger adalah salah satu jenis paket dengan peminat cukup banyak. Beberapa jenis referensi serta pilihan tempat wisata bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Percayakan perjalanan Anda bersama Widyalokawisata.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *