Beranda » Wisata Jogja » Candi Banyunibo | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Candi Banyunibo di Yogyakarta adalah sebuah komplek candi Buddha yang juga termasuk kawasan wisata. Nama candi tersebut diambil dari bahasa Jawa, kata banyu adalah air, dan kata nibo diambil dari kata tibo yang berarti jatuh. Apabila diartikan keseluruhan, candi ini mempunyai makna yaitu air yang jatuh. Dengan segudang ceritanya yang dimilki candi ini juga menjadi salah satu candi yang wajib dikunjungi.

Candi dengan Segudang Cerita Menariknya

CANDI-BANYUNIBO

Promo : Paket Wisata Jogja 2020

Jika Anda datang atau berkunjung ke candi yang telah didirikan dari abad ke-9 ini, Anda akan merasakan liburan yang tidak hanya seru dan menyenangkan namun juga mengedukasi.

Selain bisa mengabadikan foto di setiap spotnya yang bagus, Anda juga dapat melihat pemandangan serta mempelajari sejarah candi dengan seksama. Maka dari itu ada beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan di candi ini.

Daya Tarik

Sejarah

Sejarahnya, Candi Banyunibo awalnya ditemukan dalam kondisi tidak utuh yang berupa reruntuhan batu saja. Penelitian dan proses penelitian mulai dilakukan pada tahun 1940-an dan dilanjutkan ke proses penyusunan yang telah dilakukan pada tahun 1943.

CANDI-BANYUNIBO

Candi yang diketahui telah dibangun sekitaran abad ke-9 ini pada era Kerajaan Mataram Kuno di pugar dengan sistem bertahap. Pada tahapan pertama mulai dilakukan untuk menyelesaikan sisi alas, kaki, tubuh, pelataran serta bagian pagar candi yang di utara.

Tahap pemugaran kedua dilaksanakan pada tahun 1976 untuk menyelesaikan atap, stupa puncak candi utama. Pemugaran selesai pada 1978.

Asal Usul Nama Candi

CANDI BANYUNIBO

Banyunibo terdiri dari dua suku kata yaitu “banyu” dan “tibo” diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air dan jatuh. Bila digabungkan menjadi Banyunibo yang berarti air yang jatuh atau menetes. Konon penamaan candi tersebut disebabkan oleh banyaknya ornamen yang terlihat hampir di semua bagian pada candi.

Dari warga sekitar, candi tersebut sering dikenal disebut dengan sebutan “Si Sebatang Kara Banyunibo” karena keberadaannya terpisah dari candi lainnya.

Candi yang terlihat kokoh ini semakin megah apabila dilihat dari jauh. Akan tetapi, jika Anda lihat dari dekat kawasan candi ini sangat kecil apabila dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

CANDI-BANYUNIBO

Pada bagian utama candi sekelilingnya terdapat beberapa stupa di permukaan tanah, dan  bahkan dasar-dasar bongkahan candi yaang asli bisa Anda lihat secara langsung. Stupa yang disusun sejajar dengan masing-masing terdiri dari tiga stupa pada bagian selatan dan juga timur.

Bentuk bangunan candi ini melengkung dengan dihiasi oleh beberapa stupa soliter. Menurut kepercayaan, atapnya yang melengkung merupakan lambang dari bunga teratai, namun sebagian peneliti menyatakan bahwa bentuk ini menggambarkan atap serat ijuk yang biasa ditemukan pada desain arsitek Jawa Kuno.

Fasilitas

Fasilitas penunjang di kawasan candi ini sudah terbilang memadai, fasilitas-fasilitas yang tersedia memang diperuntukan ke para pengunjung agar wisata tetap merasa nyaman ketika sedang berada di kawasan candi. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia :

  • Toilet umum yang bersih dan nyaman
  • Area parkir yang luas
  • Tersedia papan informasi untuk para wisatawan
  • Terdapat kursi-kursi untuk wisatawan beristirahat

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk candi tergolong murah, untuk Anda yang akan melakukan wisata sejarah, candi tersebut bisa menjadi pilihan utama, yang dimana Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk wisatawan juga diberlakukan dengan biaya yang sama tidak lebih mahal atau lebih murah.

Untuk harga parkir  kendaraan, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk motor atau kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil atau sejenisnya.

Lokasi

Kawasan wisata sejarah Candi Banyunibo berada di Dusen Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebuah candi yang letaknya di sebuah lembah kecil ini di kelilingi oleh sawah yang keberadaan tidak jauh dari Taman Arkeologi Ratu Boko sekitaran 2 km ke arah timur.

Rute

Rute menuju kawasan wisata candi ini cukup mudah. Apabila memulai perjalan dari Kota Yogyakarta, lokasi candi bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 35 menit berkendara normal. Menggunakan rute tercepat dengan melalui Jalan Laksda Adisujipto menuju ke Jalan Raya Solo – Yogyakarta lalu ambil Jalan Opak VIII di Jirak.

Tahap berikutnya Anda hanya melanjutkan perjalan ke Jalan Prambanan kemudian belok ke Jalan Prambanan dan masih di Jalan Ratu Boko hingga Anda sampai ke lokasai candi. Jika ingin menggunakan transportasi umum, silahkan gunakan Transjogja dengan KOR-1A, bus tersebut akan menghantarkan Anda sampai ke lokasi dengan akan membutuhkan waktu 70-90 menit perjalanan.

Tips berwisata

Agar perjalana wisata Anda tetap seru dan menyenangkan, disini terdapat beberapa tips yang perlu Anda persiapkan dan lakukan.

  1. Membawa kendaraan pribadi agar lebih cepat sampai dan mudah untuk mengakses lokasi candi atau wisata lain yang ada di dekatnya.
  2. Datang dengan kondisi fit
  3. Membawa payung, topi, dan kacamata hitam apabila datang pada siang hari.
  4. Menggunakan pakaian yang nyaman
  5. Menggunakan alas kaki yang cocok dibawa berjalan dan nyaman
  6. Membawa air mineral
  7. Menjaga kebersihan lingkungan

Penutup

Paket wisata Jogja Widyalokawisata hadir dengan berbagai jenis tempat wisata terbaik. Sebagai wisatawan yang baru pertama kali datang ke Jogja, akan mendapatkan layanan perjalanan yang menyenangkan. Bukan hanya tempatnya yang menarik. Lebih dari itu pelayanan yang dihadirkan juga sangat lengkap.

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Dengan segala kenyamanan yang dihadirkan tersebut, para wisatawan akan mendapatkan layanan perjalanan terbaik. Kami memiliki beberapa rekomendasi paket wisata yang bisa Anda jadikan sebagai teman saat melakukan perjalanan. Berikut ini beberapa pilihan paket yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai Candi Banyunibo yang ada di Kota Yogyakarta, serta rekomendasi paket wisata Jogja terbaik. semoga dengan artikel ini dapat menamabah wawasan Anda tentang destinasi wisata khususnya wisata sejarah candi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.