Grojogan Pucung – Wisata alam yang ada di Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya jika dibahas. Hampir setiap kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta punya wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan. Di Kabupaten Bantul, ada satu wisata alam yang cukup tersembunyi, yaitu Grojogan Pucung. Wisata air terjun ini sangatlah indah dan bisa kamu jadikan lokasi berlibur. 

Sekilas Tentang Grojogan Pucung Bantul 

Grojogan Pucung merupakan air terjun yang letaknya masih sangat alami. Untuk mencapai ke lokasi tidaklah begitu sulit, karena warga sekitar memberikan akses yang cukup untuk pengunjung. Sekitar Grojogan Pucung pun masih ditutupi oleh pepohonan yang lebat, sehingga suasananya sangatlah asri. 

Tinggi dari Grojogan Pucung sekitar 15 meter dan memiliki bentuk melebar. Airnya langsung jatuh ke kolam alami yang ada di bawahnya. Dimana kolam alami ini kerap digunakan pengunjung untuk bermain air atau berenang. Debit air dari Grojogan Pucung terbilang stabil, meskipun pada saat musim kemarau. 

Tidak heran jika Grojogan Pucung kerap dikunjungi wisatawan pada saat musim kemarau. Selain cuaca yang cerah, kesegaran airnya menjadi incaran. Cocok sekali untuk wisatawan yang memang ingin healing dan menghabiskan waktu di alam. 

Grojogan Pucung masih dikelola oleh pemuda desa setempat dan belum ada campur tangan dari pemerintah. Jadi, jika kamu berlibur di Grojogan Pucung pastikan tetap taat akan peraturan yang dibuat, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan sekitarnya. 

Grojogan Pucung

Grojogan Pucung

Daya Tarik dari Grojogan Pucung Bantul 

Grojogan Pucung merupakan tempat wisata yang masih termasuk sangat sepi. Bukan karena aksesnya yang sulit, tapi memang masih belum ada fasilitas yang memadai. Namun, tentu saja Grojogan Pucung punya daya tarik sendiri, yaitu sebagai berikut: 

Bermain Air di Grojogan Pucung

Saat kamu sampai di lokasi, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bermain air. Kolam yang terletak di bawah Grojogan Pucung menjadi lokasi tepat untuk kamu untuk berenang. Kedalaman dari kolam ini termasuk sangat aman dan airnya jernih, jadi kamu bisa main air dengan bebas. 

Hanya saja, hal yang harus kamu perhatikan adalah ketika debit air sedang tinggi. Grojogan Pucung terkenal memiliki debit yang stabil meski saat musim kemarau. Pada musim hujan, maka debit air akan meningkat, sehingga kamu diharapkan berhati-hati. Bermain air di Grojogan Pucung akan jadi pengalaman menyenangkan terutama untuk kamu yang ingin healing. 

Bersantai di Grojogan Pucung

Keindahan alam dari Grojogan Pucung sudah dapat dipastikan sangatlah indah. Suasana sekitar yang masih asri, membuat Grojogan Pucung sangat cocok untuk tempat bersantai. Suara air terjun akan memberikan ketenangan sendiri. Bila kamu sudah bosan dengan hiruk pikuk kota, maka mengunjungi Grojogan Pucung bisa jadi pilihan yang tepat. 

Kamu hanya perlu duduk-duduk saja sekitar kolam alami di Grojogan Pucung dan menikmati keindahan alamnya. Jika kamu ingin piknik di Grojogan Pucung, juga dapat dilakukan. Hanya saja harus memperhatikan kebersihan sekitar. Jangan sampai kamu mengotori area Grojogan Pucung agar keindahan alamnya tetap terjaga. 

Berfoto di Grojogan Pucung

Jika kamu hobi hunting foto, Grojogan Pucung adalah lokasi yang tepat. Seperti yang sudah disebutkan berkali–kali bahwa alam sekitar Grojogan Pucung ini masih sangat asri dan dijaga dengan baik. Foto yang kamu dapatkan di Grojogan Pucung sudah pasti sangat estetik. Terutama ketika kamu berfoto di bawah air terjun, pasti cocok untuk dipasang di media sosial. 

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Grojogan Pucung 

Bagi kamu yang ingin berlibur di Grojogan Pucung, maka letak tepatnya wisata ini adalah di Kalipakem, Seloharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat kota Yogyakarta jaraknya 25,2 km atau memakan waktu perjalan sekitar 1 jam perjalanan. Pastikan kamu telah mengatur waktu bila ingin mengunjungi Grojogan Pucung. 

Jam operasional dari Grojogan Pucung adalah mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Grojogan Pucung adalah saat pagi hari menjelang siang. Dimana saat tersebut, Grojogan Pucung masih terbilang sepi dan juga udara sangat sejuk. 

Untuk harga tiket masuk Grojogan Pucung adalah seikhlasnya saja. Mengingat Grojogan Pucung masih dikelola secara mandiri oleh pemuda sekitar. Jadi, kamu jangan heran jika sekitar Grojogan Pucung masih belum ada fasilitas yang memadai. Tapi, sudah disediakan kamar ganti atau bilas jika kamu ingin berenang. 

Grojogan Pucung adalah salah satu wisata di Yogyakarta masih terbilang sepi. Bila kamu ke Grojogan Pucung akan lebih mudah jika menghubungi Widyaloka Wisata. Kami adalah agen perjalanan wisata dan tour di Yogyakarta yang sudah terpercaya dan siap menjadi sahabat saat kamu liburan. Kami memiliki pilihan paket liburan terbaik yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. 

By Published On: 25 April 2024Categories: Wisata Jogja

Promo Paket Tour Terbaik

  • aktivitas outbound jogja 1
    Outbound 1 Day
    Outbound

    Harga Mulai:

    460000

    340000

  • D_Kaliurang-Resort-Romantic-set-up-room
    3H2M Honeymoon Jogja
    Honeymoon

    Harga Mulai:

    6750000

    5900000

  • aktivitas outbound jogja lava tour merapi
    3H2M Gathering Jogja Paket 2
    Gathering

    Harga Mulai:

    2250000

    1899000

  • Golden-Sunrise-Bukit-Sikunir-Dieng
    3H2M Gathering Dieng
    Gathering

    Harga Mulai:

    1750000

  • outbound-vw safari
    2H1M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    1426000

    1196000

  • gathering-rafting oya
    3H2M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    2159000

    1699000