Pantai Parang Endog – Berlibur ke Yogyakarta memang tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai. Keindahan pantai yang ada di Yogyakarta tidak kalah indah dari Bali atau Lombok. Ada satu lokasi yang wajib sekali kamu kunjungi jika berada di Yogyakarta, yaitu Pantai Parang Endog. Di destinasi wisata ini, kamu akan menemukan daya tarik yang sangat luar biasa. 

Sekilas dari Pantai Parang Endog Yogyakarta 

Pantai Parang Endog letaknya sendiri berada di Kabupaten Gunung Kidul, walaupun lokasinya sangatlah dekat dengan Pantai Parangtritis. Lokasi wisata ini kerap disebut dengan Bukit Parang Endog yang diambil dari bentuknya yang mirip telur. Pengunjung yang datang ke Pantai Parang Endog pun kebanyakan duduk santai melihat keindahan alam. 

Pantai Parang Endog menawarkan panorama yang sangat indah dan juga ada banyak aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan. Ketika kamu sudah berada di Pantai Parang Endog, jelas akan terpesona dengan pemandangan sekitar. Jadi, jika kamu ke Yogyakarta, jangan sampai tidak mampir ke Pantai Parang Endog. 

Daya Tarik dari Pantai Parang Endog Yogyakarta

Pantai Parang Endog

Pantai Parang Endog

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Pantai Parang Endog memiliki daya tarik tinggi sebagai tempat wisata. Tidak hanya keindahan alamnya saja, tapi juga ada banyak aktivitas seru dan beberapa spot menarik untuk kamu kunjungi. Berikut ini adalah beberapa daya tarik dari Pantai Parang Endog: 

Pemandangan Matahari Tenggelam 

Daya tarik utama dari Pantai Parang Endog adalah pemandangan matahari tenggelam. Dimana memang wisata ini menjadi spot melihat sunset terbaik di Yogyakarta. Tidak heran bila pada saat menjelang sore, lokasi dari Pantai Parang Endog akan sangat ramai. Hal ini karena memang panorama sunset di Pantai Parang Endog sangatlah indah. 

Bentuk dari Pantai Parang Endog yang seperti bukit, memungkinkan pengunjung untuk melihat matahari terbenam dari ketinggian dengan pemandangan laut selatan. Inilah yang membuat Pantai Parang Endog menjadi sangat wajib untuk kamu kunjungi. Pastikan kamu mengunjungi Pantai Parang Endog pada saat cuaca sedang cerah. 

Aktivitas Paralayang

Pantai Parang Endog juga dikenal dengan nama Bukit Paralayang, dimana memang aktivitas seru yang disediakan adalah Paralayang. Bagi kamu yang mungkin menyukai tantangan ekstrim, maka paralayang bisa menjadi pilihan yang tepat. Melakukan kegiatan ini di Pantai Parang Endog pun akan memberikan pengalaman berbeda. 

Apalagi nantinya kamu bisa menikmati keindahan pemandangan laut dari ketinggian. Tenang saja, untuk melakukan paralayang di Pantai Parang Endog nantinya akan ditemani oleh pemandu handal. Jadi, kamu bisa menikmati kegiatan paralayang dengan perasaan yang aman dan sudah pasti menyenangkan. 

Fenomena Air Terjun Musiman 

Salah satu hal menarik yang dapat kamu temukan di Pantai Parang Endog adalah bisa melihat air terjun musiman. Kenapa begitu? Karena air terjun ini hanya bisa kamu nikmati ketika musim penghujan. Hal ini karena Sendang Beji meluap saat musim penghujan. Tidak heran jika pengunjung di Pantai Parang Endog selalu ramai, meski cuaca sedang tidak cerah. 

Menikmati Wisata Kuliner 

Daya tarik lain yang juga bisa kamu temukan di Pantai Parang Endog adalah dapat berwisata kuliner. Lokasinya yang sangat dekat dengan ikon dari kota Yogyakarta, yaitu Pantai Parangtritis, membuat sekitarnya  banyak warung, resto hingga cafe kekinian. Kamu pun bisa menikmati wisata kuliner sambil melihat keindahan alam di Pantai Parang Endog.

Naik Jeep dan Wahana Lain 

Tidak hanya paralayang saja yang ada di sekitar Pantai Parang Endog, tapi juga jeep, atv hingga kuda. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan mencoba berbagai wahana yang disediakan. Tentu saja, nantinya kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda, apalagi jika naik wahana–wahana tersebut bersama dengan keluarga dan teman. 

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Parang Endog

Bila kamu berencana untuk mengunjungi Pantai Parang Endog, maka alamatnya adalah di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya dapat dikatakan tidak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, yaitu sekitar 30 km saja atau ditempuh dalam waktu satu jam. 

Untuk jam operasional dari Pantai Parang Endog adalah 24 jam dan buka dari Senin hingga Minggu serta hari libur nasional. Namun, rata-rata resto atau warung di sekitar Pantai Parang Endog tutup selepas senja. Sedangkan beberapa wahana seperti paralayang pun juga hanya dari pagi hingga sore. 

Harga tiket masuk Pantai Parang Endog juga sangatlah murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang untuk retribusi dan juga biaya parkir dari Rp. 3.000 hingga Rp. 20.000. 

Pantai Parang Endog merupakan wisata yang tepat untuk kamu kunjungi jika ingin mencari paket liburan ke Yogyakarta bersama dengan keluarga atau teman. Jika kamu ingin lebih mudah mengunjungi Pantai Parang Endog, maka bisa menghubungi Widyalokawisata. Kami memiliki paket wisata untuk Pantai Parang Endog dan juga beberapa wisata lain yang ada di Yogyakarta.

By Published On: 24 April 2024Categories: Wisata Jogja

Promo Paket Tour Terbaik

  • aktivitas outbound jogja 1
    Outbound 1 Day
    Outbound

    Harga Mulai:

    460000

    340000

  • D_Kaliurang-Resort-Romantic-set-up-room
    3H2M Honeymoon Jogja
    Honeymoon

    Harga Mulai:

    6750000

    5900000

  • aktivitas outbound jogja lava tour merapi
    3H2M Gathering Jogja Paket 2
    Gathering

    Harga Mulai:

    2250000

    1899000

  • Golden-Sunrise-Bukit-Sikunir-Dieng
    3H2M Gathering Dieng
    Gathering

    Harga Mulai:

    1750000

  • outbound-vw safari
    2H1M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    1426000

    1196000

  • gathering-rafting oya
    3H2M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    2159000

    1699000