Beranda » Wisata Jogja » Candi Prambanan, Candi dengan Kisah Cinta yang Menarik

Candi Prambanan merupakan candi tercantik dan tertinggi yang ada di dunia lain halnya dengan Candi Borobudur yang merupakan candi terbesar di dunia. Prambanan sendiri berasal dari pecahan kata Para dan Brahma yang berarti Agung.

CANDI-PRAMBANAN

Candi yang dipersembahkan untuk 3 Dewa

Candi tersebut dibangun pada abad ke 9 masehi dari Dinasti Sanjaya oleh Rakai Pikatan yang dipersembahkan untuk 3 dewa utama agama Hindu yakni Brahma Dewa Pencipta, Siwa Dewa Pemusnah, Wishnu Dewa Pemelihara. Hingga saat ini semakin banyak wisatawan yang berkunjung karena daya tarik dari sejarah candi tersebut.

Daya Tarik

Sejarah

Sejarah singkat dari Candi Prambanan yang dibangun pada abad ke 9 masehi. Ditujukan untuk ke tiga dewa utama dari agama Hindu (Trimurti) yakni Dewa Brahma, Dewa Wihsnu, dan Dewa Siwa.

Perlu Anda ketahui bahwa candi tersebur lebih diperuntukan ke Dewa Siwa untuk memuja sang dewa sebagai dewa pemusnah, karena pada bangunan candi utama terdapat patung dewa Siwa yang tingginya hingga 3 meter.

CANDI-PRAMBANAN

Candi ini menurut prasasti Siwagrha sudah mulai dibangun sekitaran tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan kemudian diteruskan dan dikembangkan oleh Balitung Maha Sambu di masa kerajaan Medang Mataram.

Rakai Pikatan sendiri merupakan Raja dari Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Kuno juga biasa dikenal dengan Medang I Bhumi Mataram, Mataram I, Mataram Hindu atau Mataram Lama, menjadi sebuah nama kerajaan yang memiliki latarbelakang Hindu-Buddha di wilayah Jawa Tengah pada abad ke 9 hingga abad ke 10 Masehi.

Mitos

Mitos dari candi tersebut yang sangat terkenal yakni mengenai cerita rakyat tentang Roro Jonggrang. Roro Jonggrang sendiri digambarkan sebagai sosok putri yang cantik kemudian ia dilamar oleh seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang sendiri memberi syarat untuk dapat meminangnya dengan membuatkan 1000 candi dalam waktu semalam.

CANDI-PRAMBANAN

 

Meski sudah ditolong dengan bantuan jin untuk membangun candi, namun Bandung Bondowoso tetap gagal sebab Roro Jonggrang membuat ayam berkokok lebih cepat yang dimana juga ditandai bahwa hari sudah pagi dan waktu yang diberikan sudah habis.

Dengan cerita rakyat itu akhirnya menimbulkan mitos lain yang semakin berkembang di telinga para wisatawan yakni, apabila sepasang kekasih datang candi tersebut bersama-sama konon hubungan mereka tidak akan abadi alias putus. Percaya tidak percaya hal tersebut bisa kita jadikan sebuah hiburan atau pelengkap untuk menikmati keindahan candi yang penuh akan sejarah ini.

Fasilitas

Sama halnya dengan beberapa daftar candi di Jogja lainnya. Fasilitas di wisata Prambanan begitu lengkap, seperti Bioskop 4D, atraksi memanah, dan spot foto. Disini juga dilengkapi fasilitas umum mulai dari area parkir kendaraan, toilet atau WC umum, pusat informasi, warung souvenir, restoran, masjid dll.

Terdapat juga fasilitas lain termasuk kereta wisata, penyewaan sepeda, golf cart, guide, area taman bermain anak. Tersedia juga bangunan berupa panggung terbuka serta gedung trimurti untuk menyaksikan Sendratari Ramayana di Prambanan.

Untuk penginapannya sendiri, ada begitu banyak macam penginapan di sekitar Candi Prambanan seperti guest house, homestay, hotel atau varian lainnya.

Harga Tiket Masuk

CANDI-PRAMBANAN

Harta tiket masuk kawasan Candi Prambanan terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya :

  1. Harga tiket masuk untuk wisatawan dalam negeri Rp 40.000/orang (dewasa) dan Rp 20.000 (anak-anak 3-10)
  2. Harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara Rp 350.000/orang (dewasa) dan RP 175.000 (anak-anak 3-10)

Untuk harga tiket rombongan minimal 20 orang pelajar atau mahasiswa harus menggunakan surat pengantar dari kampus atau sekolah. Tiket rombongan akan dikenakan biaya Rp 20.000/orang.

Selain dari tiket masuk, dikawasan candi juga menyediakan lahan parkir yang dimana pengunjung yang membawa kendara motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi dan Rute

Rute menuju candi di Jogja satu ini tidaklah sulit. Hanya berjarak 16 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit kendaraan normal. Bila menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan Bus Transjogja A1, bisa memulai dari halte di Malioboro, Terminal Giwangan atau bahkan dari Bandara Adisutjipto.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi candi, Anda bisa memulai perjalanan dengan langsung mengarah ke Jalan Raya Solo-Yogyakarta yang dapat Anda akses dari jalur lingkar luar atau lingkar dalam kota melewati jalan Laksda Adisujipto.

Kawasan wisata candi tersebut terletak di kilometer 16 jalan Solo-Yogya di kiri jalan atau sisi utara jalan raya.

Tips Berwisata

Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke Candi Prambanan, sebaiknya perlu diketahui apa saja kebutuhan atau keperluan yang harus Anda siapkan saat berlibur.

  • Mempersiapkan uang yang cukup untuk membeli tiket masuk, parkir hingga bekal
  • Apabila Anda datang bersama keluarga, dihimbau untuk tidak membawa makanan besar dari luar candi seperti nasi lauk dan sayur-sayurnya karena saat ini hal tersebut sudah dilarang.
  • Bekal yang diperbolehkan masuk ke kawasan candi ialah air mineral, Anda dapat membawa air minum Anda dengan tupper ware atau membeli air minum di warung.
  • Menggunakan kacamata, jika datang di siang hari biasanya matahari sedang terik-teriknya.
  • Membawa payung agar melindungi kepala serta badan dari terik matahari atau jaga-jaga apabila terjadi hujan ketika sedang berada di kawasan candi.
  • Membawa kamera bagi yang ingin mengabadikan moment.
  • Menjaga kebersihan dan jangan merusak fasilitas yang ada.
  • Jangan membuat kegaduhan.

Penutup

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Dalam pilihan paket wisata jogja dari Widyalokawisata terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang sangat direkomendasikan, termasuk Candi Prambanan. Hal itu sudah pasti dengan biaya yang murah serta terjangkau.

Anda bisa dengan mudah menentukan daftar tempar wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada satu hal yang harus diperhatikan. Ketika memilih, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pasalnya, setiap paket wisata Jogja hadir dengan berbagai rekomendasi tempat yang tentunya manarik.

Demikianlah artikel singkat mengenai Candi Prambanan yang berada Kota Yogyakarta, Sleman. Semoga ulasan ini dapat menjadi refrensi bagi Anda di kemudian hari.

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.