Beranda » Wisata Jogja » Candi Rtau Boko | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Kota Yogyakarta tidak hanya memiliki alam yang indah, namun kota tersebut kaya akan sejarah dan budaya yang tentunya sangat menarik untuk dibahas. Tidak heran jika Yogyakarta digadang-gadang sebagai pusat pariwisata setelah Pulau Bali. Kombinasi alam serta budaya di kota yang biasa dikenal dengan Kota Gudeg ini memang sangat luar biasa dan istimewa.

Candi-Ratu-Boko

Candi Bersejarah di Indonesia

Salah satu dari destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta ialah Candi Ratu Boko yang juga merupakan peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Candi ini juga disebut dengan Situs Ratu Boko sebab Ratu Boko merupakan reruntuhan dari sebuah istana serta pada bangunannya tidak ada yang berbentuk seperti candi, justru dikenal dengan Keraton Ratu Boko.

Sejarah

Sama seperti candi lainnya, terdapat seorang legenda dibalik berdiri candi tersebut. Menurut sejarah, dia merupakan Raja yang bernama Prabu Dewatasari atau biasa dikenal dengan sebutan Prabu Boko yang selama hidupnya di Keraton Prambanan.

Berbicara tentang sejarah terbentuknya candi ini, situs yang termasuk peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut berawal dari orang berdarah Belanda dan orang tersebut bernama H.J De Graff di abad ke-7 ia mencatat bahwasannya orang-orang Benua Eropa yang berada di Jawa memberitahu bahwa terdapat peninggalan sejarah purbakala.

Mereka menyampaikan bahwa sudah ditemukannya sebuah reruntuhan bangunan istana di kawasan Bokoharjo. Sesuai sejarah yang ada, Kerajaan Mataram Kuna di abad ke-8 sudah di kuasai oleh Dinasti Syailendra yakni Rakai Panangkaran. Ia sudah ada jauh sebelum masa Raja Samaratungga sang pendiri Candi Borobudur serta Rakai Pikatan sebagai pendiri Candi Prambanan.

Daya Tarik

Situs tersebut terletak di atas bukit dengan tinggi 200 mdpl. Kawasan ini juga termasuk kawasan keraton yang cukup lengkap dibanding keraton Jawa lainnya. Dengan bangunan yang begitu lengkap mulai dari pintu gerbang masuk, tempat tinggal, pendopo, kolam pemandian, serta pagar pelindung.

Terbentang hamparan sawah milik warga, dan sewaktu-waktu terdapat kerata api yang sedang melintas seakan menambah pesona pemandangan di candi ini semakin menarik. Ditambah, udaranya yang sangat sejuk sebab berada di ketinggian dan dikelilingin tumbuhan hijau seperti rumput serta pepohonan.

Cara sederhana menikmati tempat tersebut bisa dengan hanya duduk di kursi-kursi yang telah disediakan. Dari spot inilah Anda dapat menikmati suguhan keindahan pemandangan alam dari ketinggian dan biasanya di kursi ini sering dijadikan spot foto para wisatawan jika waktunya pas, Anda akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat ini di tempat ini.

Fasilitas

Fasilitas di kawasan Candi Ratu Boko sudah semakin lengkap, segala fasilitas yang disediakan untuk menunjang kenyaman para wisatawan selama berkunjung. Berikut beberapa fasilitas yang sudah tersedia:

  1. Mushola/tempat ibadah
  2. Papan informasi untuk para wisatawan
  3. Toko Sovenir
  4. Warung makan atau restoran
  5. Area parkir yang luas
  6. Ruang tunggu sopir
  7. Toilet Umum
  8. Spot foto
  9. Gazebo

Selain para pengelola melengkapi fasilitas umum yang diberlakukan untuk para wisatawan, di moment tertentu biasanya diadakan sebuah pentas atau acara untuk melengkapi liburan para pengunjung. Event yang biasa di buat berupa pertunjukan wayang, orgen tunggal atau kesenian tradisional.

Harga Tiket Masuk

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Harga tiket masuk Candi Ratu Boko tergolong murah. Sesuai dengan suguhan yang diberikan oleh candi tersebut. Jika Anda datang mengunjungi candi tersebut, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40.000 per orang

Sedangkan untuk harga tiket masuk bagi wisatawan asing atau mancanegara yakni sebesar Rp 350.000 per orang. Biaya yang dibebankan ke para wisatawan akan terbayar dengan suguhan yang ditawarkan didalam candi, mulai dari sejarah hingga pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasi

Alamat lengkap Candi berada di Dusun Dawung, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di Jalan Raya Piyungan – Prambanan KM 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memulai perjalanan ke Jalan Jogja-Solo atau bisa juga melewati Jalan Wonosari. Namun untuk pilihan rute tercepat Anda bisa melewati Jalan Wonosari.

Jika dari Stasiun Tugu Yogyakarta, langsung saja untuk melewati jalan Malioboro lurus hingga perempatan 0 kilometer belok kiri kemudian lurus hingga perempatan Gondomanan. Dari perempatan masih lurus terus hingga Jalan Sultan Agung, Jalan Kusumanegara dan bertemu perempatan Gedongkuning, Belok kanan sampai bertemu perempatan PLN Gedongkuning.

Setelah itu belok ke kiri menuju Jalan Wonosari masih lurus sekitar 9 kilometer mengikuti jalan hingga tiba di pertigaan Piyungan belok ke kiri menuju Jalan Prambanan-Piyungan sekitar 9 kilometer lalu lihat papan petunjuk jalan dan ikuti jalan masuk ke Jalan Sambirejo tidak lama berselang Anda akan menumakan lokasi candi yang berada di atas bukit.

Tips Berwisata

Dibawah ini ada beberapa tips berwisata sebelum Anda mengunjungi kawasan wisata Candi Ratu Boko, supaya perjalanan wisata Anda tetap nyaman dan menyenangkan.

  1. Membawa kendaraan pribadi
  2. Membawa uang yang cukup
  3. Membawa kamera jika diperlukan
  4. Membawa air mineral
  5. Menggunakan pakaian yang nyaman
  6. Menggunakan alas kaki yang cocok dan nyaman
  7. Menjaga kebersihan
  8. Mentaati aturan yang ada
  9. Selalu jaga anak-anak bagi Anda yang membawanya
  10. Jika ingin berlibur dengan lebih praktis, bisa menggunakan paket tour Jogja

Beberapa Pilihan Paket Wisata Jogja Lebih Detail Disini

Banyak sekali pilihan paket wisata jogja yang tersedia, seperti Paket Adventure, Culture, Vacation, Wonderfull dan berbagai paket perjalanan lain yang bisa Anda jadikan pilihan saat berkunjung ke Jogja dengan layanan agen travel kami.

Untuk Anda yang penasaran dengan menariknya tempat wisata candi di Jogja, Anda bisa melihat beberapa daftar Candi di Jogja ini. Tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba mengisi weekend dengan berlibur ke berbagai tempat menarik yang ada di Jogja. Ajak orang tersayang untuk menikmati indahnya tempat wisata di Jogja. Segera lakukan reservasi di widyalokawisata.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.