Beranda » Wisata Jogja » Mau ke Bantul? Kunjungi yuk Beberapa Tempat Wisata Hits Berikut Ini

Yogyakarta memang tempat yang menarik buat liburan, karena ada banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. tapi mungkin sebagian besar dari kalian yang sudah beberapa kali ke Jogja akan bosan karena mengunjungi objek wisata yang sama terutama objek wisata di kota Jogja. Kali ini saya akan membagi sedikit cerita dan informasi seputar objek wisata yang seru yang ada di Bantul Yogyakarta.

Bantul sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Yogyakarta, letaknya berada di sebelah selatan kota Jogja. Bantul sendiri cukup terkenal dengan objek wisata Pantainya selain itu ada juga objek wisata menarik lainnya. biar gak kelamaan silahkan simak beberapa objek wisata menarik yang ada di Bantul di bawah ini

Hutan Pinus Mangunan

Hutan-Pinus-Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Objek wisata saty ini merupakan salah satu objek wisata yang terkenal yang ada di Bantul. Lokasinya selain memiliki banyak spot foto yang menarik dengan latar pepohonan Pinus dan fasilitas rekreasi yang terbuat dari kayu, udara disini juga sejuk dan segar.

Lokasi tempat wisata ini berada di desa Mangunan, kecamatan Dlingo kab. Bantul. Jarak dari kota Jogja sekita 24 Km dan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dengan kendaraan pribadi. Fasilitas disini juga cukup lengkap dan biaya masuknya juga murah.

Paket-wisata-Jogja

Kebun Buah Mangunan

Kebun-Buah-Mangunan

Kebun-Buah-Mangunan

Objek wisata yang tidak terlalu jauh dari hutan Pinus Mangunan ini memiliki pemandangan alam yang sangat sangat indah. Objek wisata ini selalu rame dikunjungi wisatawan luar dan dalam negeri. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini yaitu pagi dan sore hari. Sebab kalian dapat menikmati momen terbitnya matahari dibalik lautan awan dan juga matahari terbenam di sore hari. Tempat ini juga ditanami beraneka macam buah buahan. Akses menuju tempat ini sangat mudah dan biaya masuknya juga murah.

Bukit Lintang Sewu Mangunan

Bukit-Lintang-Sewu

Bukit Lintang Sewu

Objek wisata ini sangat cocok buat kalian yang gemar berburu sunset. Objek wisata yang berada di selatan hutan Pinus Mangunan ini juga menyediakan spot foto yang tentunya instgramworthy banget. Selain itu hampir seperti Bukit Bintang, pemandangn cityscape kota Jogja pada malam hari sangat cantik. Harga tiket masuk lintang sewu Rp 3.000. apabila membawa kendaraan, dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Disini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap.

Hotel-Murah-Jogja

Jurang Tambelan Kanigoro

Jurang-Tembelan

Jurang Tembelan

Lokasi wisata ini juga dekat dengan kebun buah Mangunan sebab berada di desa yang sama. disini kalian akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang hijau dan juga aliran sungai diantara perbukitan dari atas ketinggian. Kalian juga dapat menikmati momen sunrise atau sunset yang cantik dari tempat ini. Terdapat gardu pandang berbentuk kapal dan perahu membuat tempat ini menjadi objek foto yang instagramworthy.

 

Hutan Pinus penger

Tempat ini bisa dibilang menjadi objek wisata alternatif selain hutan Pinus Mangunan yang ada diperbukitan Dlingo. Sebab Pinus penger menyuguhkan daya tarik yang lebih alami dan juga asri. Dari atas sini kalian dapat menikmati pemandangan yang menarik. Terutama malam hari, kalian dapat melihat banyaknya cahaya lampu rumah warga seperti bintang dari atas bukit ini. Disini juga banyak spot foto yang menarik yang tentunya kece abis.

Hutan-Pinus-Pengger

Hutan Pinus Pengger

Wisata Watu Goyang

Watu-Goyang

Watu Goyang Bantul

Satu lagi objek wisata dengan panorama alam yang indah dari atas ketinggian. Hampir sama dengan objek wisata diatas tempat ini menjadi objek wisata andalan untuk menikmati panorama alam baik itu siang,sore atau malam hari. Tempat ini juga meyediakan fasilitas lengkap seperti parkir, toilet, gazebo, gardu pandang berbagai bentuk dan lain sebagainya.

Puncak Becici Dlingo Bantul

Puncak-Becici

Puncak Becici Bantul

Objek wisata ini juga menawarkan panorama alam yang indah, dimana kalian dapat melihat hijaunya hamparann sawah ditambah dengan hijaunya hutan Pinus yang ada disekitar dari atas ketinggian. Lokasi ini memilki spot foto yang instagramworthy yang kekinian. Untuk masuk ke objek wisata ini kalian cukup membayar biaya parkir 3.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Lokasi ini tidak jauh dari kebun buah Mangunan, akses jalannya mudah dan juga sudah ada papan jalan yang dapat kalian ikuti.

Pintu Langit Dahromo Dlingo Bantul Yogyakarta

Pintu-Langit-Dahromo

Pintu Langit Dahromo

Objek wisata yang ada di lokasi perbukitan Dlingo ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Sesuasi namanya disini terdapat gardu pandang atau objek foto berupa pintu dengan latar belakang pemandangan langit dan juga hijaunya hutan Pinus mebuat lokasi Ini instgaramable. Lokasi ini juga tidak jauh dari puncak becici atau hutan Pinus Penger. Biaya masuknya juga murah yakni Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000.

Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit Bantul

Lokasi objek wisata ini dekat kebun buah dan juga Hutan Pinus Mangunan. Lokasi wisata ini lebih dikenal dengan sebutan Rumah Hobbit. Sebab ada beberapa bangunan yang dibuat menyerupai rumah hobbit yang ada di film. Lokasi ini memiliki banyak spot foto yang menarik mulai dari Rumah Hobbit, rumah seribu kayu dan lainnya. kalian juga dapat menikmati udara segar khas pepohonan Pinus. Harga tiket masuk ke lokasi ini Rp 3000. Kalian juga perlu membayar tiket parkir mulai dari Rp2000 hingga Rp 20.000

Tebing Watu Mabur Bantul

Objek wisata murah meriah yang ada di Bantul ini wajib kalian kunjungi karena banyak spot foto menarik dengan panorama langit, awan dan hijaunya hutan Pinus. Lokasi ini tidak jauh dari kawasan hutan Pinus Mangunan. Panorama yang disguhkan dengan property yang ada jika disatukan akan menghasilkan objek foto yang sangt cantik. Disini, Kamu juga bisa camping bersama teman sambil menikmati keindahan alam.

Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Ekowisata-Jatisari

Ekowisata Jatisari

Tempat ini memang tidak setenar objek wisata perbukitan yang ada disekitarnya, namun tempat ini menawarkan beberapa keindahan alam dalam satu tempat. Disini kalian dapat menikmati perbukitan hijau, tebing kapur, goa dan juga air terjun. Tentu daya tarik utamanya adalah sunrise dan lautan awannya, sore hari pemandangan sunsetnya juga tidak kalah indahnya. Tempat ini berada di desa Muntuk, Dlingo Bantul. Harga tiket masuk nya yaitu Rp 2000 per orang. Kalian juga perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Objek wisata ini wajib kalian kunjungi kalau berlibur ke Jogja. Terlepas dari cerita mistisnya lokasi ini juga menjadi tempat wisata yang populer dikalangan wisatawan. Pantai yang terletak sekita 27 Km dari kota Jogja ini juga menarakan pemandangan yang indah. Fasilitas disini cukup lengkap dan biaya masuknya murah yaitu Rp 5.000 aja. Karena ombaknya yang besar kalian tidak dianjurkan berenang disini. Tapi jangan khawatir karena ada banyak aktivitas seru yang dapat kalian lakukan di Pantai tersebut.

Gumuk pasir parangkusumo

gumuk-pasir

Lokasi ini dekat dengan Pantai Parangtritis. Lokasi ini sempat terkenal sebab pernah digunakan sebagai lokasi syuting video klip penyanyi Agnez Monica. Hamparan pasir yang luas dengan beberapa gundukan ini bisa kalian manfaatkan sebagai area sandboarding. Selain itu kalian juga dapat menikmati momen sunset yang cantik dari tempat ini. Kalian juga tidak perlu membayar tiket masuk untuk menuju ke lokasi. Lokasi yang unik membuat tempat ini digunakan beberapa pasangan sebagai tempat foto prewed.

Pantai Pandansari

pantai-pandansari

Pantai ini terletak di desa Gadingsari, Saden, Bantul dan berjarak sekitar 14 Km dari kota Jogja. Pantai ini memiliki daya tarik yang unik karena terdapat mercusuar yang dapat kalian naiki dengan membayar 5 ribu rupiah per orang. Selain itu tedapat juga kebun buah naga dimana kalian dapat memetik sendiri buahnya. Di Pantai tersebut juga ada banyak spot foto yang menarik. Biaya masuk Pantai tersebut juga murah yaitu 3 ribu rupiah per orang. Selain harga tiket masuk yang murah, faslitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Pantai Goa Cemara

pantai-goa-cemara

Pantai ini juga cukup terkenal selain Pantai Parangtritis yang ada di Bantul. Dibandingkan dengan Pantai yang lain, Pantai ini memliki keunikan yaitu terdapat deretan pohon cemara yang seolah olah membentuk goa di pinggiran Pantai. Lokasi inilah yang banyak dimanfaatkan wisatawan untuk berselfie / berfoto ria. Pantai ini berlokasi di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, DIY. Harga tiket masuk ke Pantai tersebut juga terbilang murah yaitu hanya Rp 3.000 per orangnya.

Pantai Baru Jogja

pantai-baru

Pantai ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan juga Pantai cemara. Sesuai namanya Pantai ini terbilang baru dan juga tidak terlalu rame, lokasi ini bisa menjadi alternatif jika kalian ingin berlibur ke Pantai. Yang menjadi unggulan di Pantai ini yaitu menu seafood dan jual pemandangan alam sunsetnya yang mempesona. Pantai ini berlokasi di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Jogjakarta. Berjarak sekitar 30 – 45 menit dari kota Jogja. Harga tiket masuk Pantai ini terbilang murah yakni Rp 4000 per orang.

Pantai Depok Bantul Jogja

pantai-depok-

Pantai ini juga cukup terkenal selain Pantai Parangtritis. Pantai ini juga terkenal dengan hidangan seafood yang lezat yang dijual oleh warga setempat. DiPantai ini juga terdapat pelelangan ikan segar yang harganya cukup murah. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik sendiri kalo kalian berkunjung kesana, kalian bisa menikmati makanan laut segar hasil tangkapan nelayan atau membawa pulang. Pemandangn laut dari Pantai Depok juga indah. Untuk biaya masuk ke Pantai tersebut yaitu Rp 5000/orang.

Goa Selarong Bantul Yogyakarta

goa-selarong

Berlanjut ke wisata sejarah dan religi, Bantul juga mempunyai goa selarong. Tempat ini menurut sejarah menjadi tempat bersemedi pangeran Diponogoro. Di tempat ini juga terdapat area perkemahan yang buat camping bersama keluarga atau sahabat. Arsitektur goa yang indah dan juga adanya kawasan hutan hijau membuat tempat ini patut kalian kunjungi. panorama sekitar juga sangat bagus buat objek foto. Lokasinya berada di Dusun Kembangputihan, Pajangan, Bantul. Tiket masuk kesini yaitu Rp. 4.000 per orang.

Makam Imogiri Bantul Yogyakarta

makam-imogiri

Makan ini merupakan makam para raja raja dari kerajaan mataram. Makam ini juga dianggap keramat oleh warga sekitar. Selain kaya akan wisata religi dan sejarahnya, objek wisata makam Imogiri juga memiliki view yang bagus karena berada di lokasi perbukitan. Makam ini berjarak sekitar 30 menit dari kota Jogja. Selain akses jalan yang mudah, harga tiket masuk juga murah kalian hanya perlu mengisi buku tamu dan membayar uang sumbangan seikhlasnya. Fasilitas yang ada disini juga terbilang lumayan.

Goa Cerme Bantul Yogyakarta

goa-cerme

Goa ini berada di selatan Imogiri tepatnya di perbatasan antara kabupaten Bantul dan juga kabupaten Gunung Kidul. Goa ini memiliki panjang 1, 5 Km dengan stalaktik dan stalakmitnya dan juga air terjun bawah tanahnya yang sangat indah. Biaya masuk area Goa ini yaitu Rp 3.000 per orang. Kalo kalian ingin masuk kedalam goa kalian perlu membayar Rp 50.000 dan akan ditemani 1 pemandu. Kalian juga bisa menyewa headlamp atau alat – alat lainnya disini agar mempermudah kalian ketika menyusuri perut goa.

Wisata Kebun Bunga Resoinangun Jogja

kebun-bunga-resoinangun

Objek wisata ini cocok buat kalian yang mencari sopt foto dengan latar belakang aneka bunga. Lokasinya  ada di Jalan Jalur Lintas Selatan,tepatnya berada di alamat Srigading, Sanden, Bantul. Untuk harga tiket masuknya juga murah yaitu Rp 5.000 per orang. Selain aneka jenis bunga, disini juga disediakan property tambahan supaya hasil foto kalian lebih cantik. Selain itu tempat ini juga cocok untuk menikmati momen sunrise atapun sunset. Tentu lokasi ini sangat instagramworthy apalagi buat kalian yang aktif di medsos.

Wisata alam Curug Banyunibo

curug-banyunibo

Wisata alam berupa air terjun ini treletak di desa sedangsari, kecamatan Pajangan, Bantul. Curug Banyunibo memiiliki air terjun setinggi 10 meter dan airnya juga cukup jernih serta aliran airnya tidak terlalu deras. Sangat pas buat bermain air, berenang ataupun sekedar bersistirahat di gazebo. Pemandangan air terjun dan juga pepohonan membuat suasa sangat sejuk dan adem. Cukup membayar parkir aja kalo berkunjung kesini. Kalian juga dapat menjadikan air terjun menjadi spot foto yang instagramworthy. Fasilitas yang ada disini yaitu warung makan, toilet dan juga lahan parkir.

Rumah Budaya Tembi

rumah-budaya-tembi

Berlokasi di dusun Tembi Umbulharjo, Bantul tempat ini wajib kalian kunjungi kalo ingin berwisata  budaya di Jogjakarta. Disini terdapart fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, area pertunjukan, area outbond penginapan dan lain lain. Disini kalian dapat belajar membatik, gamelan, kerajinan tradisional, dan lain lain. Kalian juga akan melihat prabotan tradisioanl Jawa seperti keris dan lainnya. Untuk mencoba kegiatan yang ada kalian bisa memilih paket kegiatan dengan harga mulai dari Rp 125.000 – Rp300.000.

Begitu banyak nya wisata yang ada di Yogyakarta yang menarik tentu membuat kalian akan rindu dan ingin kembali lagi ke Jogja. Tips jika kalian ingin berlibur ke Jogja, sebaiknya persiapkan budget yang lebih, mencari tau tempat penginapan yang cocok dengan kantong kalian, sebaiknya berlibur bersama teman, keluarga atau pasangan, dan yang terpenting kondisi kesehatan harus fit biar liburanmu jadi maksimal.

Nah, itu tadi beberapa objek atau destinasi wisata yang ada di Bantul Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Semoga artikel diatas dapat membantu dan menambah referensi kalian untuk mencari tempat wisata menarik dan juga instagramworthy yang kekinian yang ada di Jogja, terutama destinasi wisata yang ada di kabupaten Bantul Derah Istimewa Yogyakarta. Oiya sekedar informasi, kalian juga bisa menikmati liburan seru nan menyenangkan dengan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata.com.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.