Beranda » Wisata Jogja » Desa Wisata Pulesari | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Desa wisata Pulesari adalah sebuah desa yang terletak di Kota Yogyakarta dan telah dijadikan sebuah kawasan wisata sekitar tahun 2012. Desa Pulesari ini memiliki alam yang masih bagus dan masih asri dan hingga saat ini masyarakatnya pun masih melestarikan keadaan alamnya. Karena keadaan alamnya yang memiliki karakteristik dan masih indah membuat warganya memiliki keinginan untuk membuat sebuah desa wisata.

DESA-WISATA-PULESARI

Penasaran dengan kesegaran alam Desa Wisata Pulesari? Anda bisa mengunjunginya sekarang juga dengan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata.

Di Desa Wisata Pulesari ini pengunjung akan di tawarkan dengan sebuah wahana agrowisata salak yang menjadikan salah satu ciri khas desa tersebut. Tidak hanya wahana agrowisata yang disajikan untuk pengunjung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti kegiatan Outbond, mengenal beberapa macam olahan makana dan minuman yang berbahan dasar salak, mengelilingi sekitar desa dan lain lainnya.

Hal Menarik di Desa Wisata Pulesari

DESA-WISATA-PULESARI

1. Kuliner

Kuliner yang di tawarkan di Desa Wisata Pulesari ini bersangkutan dengan makanan yang biasanya dikonsumsi dalam sehari hari. Dan tidak hanya makanan saja namun ada juga beberapa minuman khas.

Kuliner khas yang disajikan ialah :

  • Sego Megono
  • Pepes Nila
  • Sego Pecel

Minuman khas yang disajikan ialah :

  • Jaeser
  • Wedang Jaburan
  • Kolak Salak

2. Outbond

Kegiatan Outbond memang tidak pernah lepas dari kegiatan yang ada di sebuah desa wisata. Mengapa demikian, karena kegiatan Outbond ini dapat memberikan banyak manfaat, seperti mengatur olah pikir kita, rasa dan raga kita dan mengembangkan sebuah kekompakan antar individu dalam sebuah team dan dapat menelusuri alam serta belajar tentang alam.

Beberapa wahana Outbond yang disediakan ialah :

  • Jaring Rintang Air
  • Merangkak Ban diatas Air
  • Gubuk Hujan
  • Tangga Tebing Goyang
  • Lompat Ban diatas Air
  • Menangkap Ikan
  • Sandal Bakiak
  • Gobak Sodor
  • Jethungan
  • Jembatan Goyang
  • Mengisi Air Bumbong

Ingin mencoba sensasi Outbond di Desa Wisata Pulesari? Pesan paket tour Jogja dari Widyalokawisata dan dapatkan pengalaman outbond terbaik.

3. Kunjungan Goa Bersejarah

Di Desa Wisata Pulesari memiliki 6 buah Goa bersejarah yang mana menurut cerita masyarakat Goa tersebut digunakan warga setempat untuk bersembunyi dari kekejaman penjajah pada zaman dahulu.

Tentunya ada beberapa motif yang lain namun masyarakat sejauh ini hanya dapat memberikan informasinya sebagai tempat untuk bersembunyi. 6 buah Goa yang ada memiliki berbeda beda nama yaitu ; Goa Dampar, Goa Canguk, Goa Leri, Goa Leri, Goa Wayang, Goa Ular dan Goa Maling.

4. Tracking Sungai

Ketika pengunjung menyusuri tracking sungai ini akan di hadapkan dengan keindahan sungainya yang jernih dan kerindangan tumbuhan di sebelah kanan dan kiri sungai hingga akan bertemu dengan wahana wahana yang mengasikkan seperti ; wahana titian bambu, wahana jembatan goyang, wahana spiderman, wahana tangkap air, dan hingga air terjun.

5. Kebun Salak

Kebun salak ini ialah sebagai kebun yang dimiliki Desa Pulesari dan menjadi mata pencaharian hampir semua masyarakat desa. Mengunjungi kebun salak ini tentu bukan hanya untuk mengunjungi saja namun dari pihak pengelola mempunyai sebuah tujuan kepada setiap pengunjung untuk sebuah edukasi.

Dimana edukasi yang di tujukan oleh pengelola supaya pengunjung bisa mengetahui cara bagaimana membudidayakan pohon salak yang baik dan benar untuk menghasilkan buah salak yang bagus. Pengunjung pun bisa secara langsung memilih dan memetik buah salak yang ingin dibawa sebagai oleh oleh dan yang nantinya bisa dibayar ketika selesai mengunjungi kebun salak tersebut.

6. Upacara Adat Sadranan

Upacara Sadranan ini merupakan sebuah simbol atau wujud syukur yang dilakukan masyarakat untuk menghormati kepada orang orang yang telah meninggal dengan cara berdoa bersama sama. Masyarakat biasanya melakukannya pada bulan Ruwah menjelang bulan puasa. Biasanya kegiatannya berupa tahlilan dan pengajian dan dilkukan di halaman pemakaman.

7. Upacara Adat Pager Bumi

Upacara Adat Pager Bumi ini biasanya dilakukan setiap tahun dengan maksud sebagai rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi. Rute untuk kirab budaya ini dilakukan dari pelataran Masjid Darussalam menuju ke Makam Pulesari.

Ada beberapa kelompok seni yang berpartisipasi dalam kegiatan Upacara Adat Pager Bumi seperti,  Bregade Pager Bumi, Pasukan pembawa Tombak Kyai Pule, Pasukan pembawa Keris Kyai Panjolo, Pasukan pembawa Mustoko tinggalan Kyai Somonawi, Paukan pembawa Gunungan Mulu Wetu, Pasukan pembawa Gunungan Kupat, Pasukan pembawa Ambengan, Bregada Rampak Buto “Siswo Kawedar”.

8. Kesenian Religi Hadroh

Kesenian ini hampir sama dengan kesenian Hadroh pada umumnya yang bisa kita jumpai dimanapun. Kesenian ini juga melantunkan sholawat sholawat Nabi.

9. Prajurit Bergodo

Prajurit ini merupakan sebuah barisan yang diltih secara khusus untuk mengiringi sebuah Raja atau Permaisuri ketika melakukan sebuah perjalanan. Di Desa Pulesari ini Prajurit Bergodo hanya untuk mengiringi kegiatan yang diadakan oleh masyarakat dengan tujuan lain untuk melestarikan budaya.

10. Tarian Salak

Tarian Salak ini adalah interpretasi masyarakat atas sebuah potensi tumbuhan salak pondoh yang melimpah di Desa Pulesari. Biasanya Tarian Salak ini di lakukan dengan jumlah orang 4 laki laki dan 8 orang perempuan.

Lokasi & Rute

Lokasi Desa Wisata Pulesari ini berada di kaki Gunung Merapi dan beralamat di Dusen Pulesari, RT 1, RW 22, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

DESA-WISATA-PULESARI

Rute untuk menuju tempat wisata satu ini juga termasuk mudah dijangkau. Dari pusat Kota Yogyakarta silahkan lakukan perjalanan melewati Jalan Kh. Ahmad dahlan hingga sampai perempatan kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Utara melewati Jalan Letjen Suprapto.

Lanjutkan perjalanan lurus sampai bertemu pertigaan kemudian belok ke arah kanan melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram kemudian lurus hingga melewati Jalan Tentara Pelajar lalu melewati Jalan Magelang dan lanjutkan perjalanan menuju Jalan Turi kemudian ikuti papan penunjuk arah hingga sampai ke Desa Wisata Pulesari.

Harga Tiket Masuk

Untuk Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari tidak dikenakan biaya namun untuk memilih paket seperti Outbond akan dikenakan biaya paket.Adapun biaya parkir untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 2.000,- dan roda empat dikenakan biaya Rp. 5.000,-.

Jika Anda menggunakan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata, maka Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Mengingat harga paketnya ini sudah mencakup keseluruhan perjalanan Anda. Dalam hal ini termasuk biaya masuk ke tempat wisata.

Tips Wisata

Untuk mengunjungi Desa Wisata ini baiknya menentukan waktu yang tepat. Jika ingin mendapatkan Kearifan Budaya Lokal maka sebaiknya pergi pada waktu tertentu karena akan banyak kegiatan masyarakat. Sedangkan untuk kegiatan Outbond bisa mendatangi kapan saja.

Dan jika berkunjung ke Desa ini baiknya harus mentaati peraturan yang ada serta menghormati alam sekitar yang ada di Desa tersebut.

Cukup banyak bukan hal menarik yang bisa ditemukan saat berkunjung ke tempat wisata satu ini? Jika Anda sudah memiliki rencana perjalanan, langsung saja, pesan paket wisata Jogja di Widyalokawisata. Selain dihantarkan menuju Desa Wisata Pulesari, Anda juga akan diantarkan mengunjungi tempat-tempat wisata menarik lainyya yang ada di Yogyakarta.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.