Beranda » Wisata Jogja » Susur Goa di Goa Tanding Jogja

Wilayah Gunung Kidul seakan tidak henti-hentinya menawarkan keindahan alam yang wajib untuk dikunjungi, seperti kepemilikan pantai yang begitu banyak dengan pesona keindahan unik-unik, di Gunung Kidul juga terdapat sebuah goa yang sudah cukup dikenal dan selalu ramai pengunjung, yakni Goa Pindul.

Tempat yang Sangat Pas untuk Uji Adrenaline

Namun terdapat satu lagi goa yang menarik dan wajib untuk dikunjungi yaitu Goa Tanding. Meski namanya tidak sebesar Goa Pindul yang sudah sangat terkenal di telinga para wisatawan, goa tersebut juga memiliki sentuhan yang berbeda walau sama-sama merupakan wisata susur gua atau gua bawah tanah seperti halnya yang ada di Goa Pindul.

Daya Tarik

goa--tanding

Wisata susur goa di tempat ini seakan dibuat untuk menandingi Goa Pindul, apabila kita lihat dari namanya yaitu “Goa Tanding”, sebab Goa Pindul sudah begitu ramai dan terkenal serta mampu menyedot para wisatawan setelah wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Akan tetapi setelah ditelusuri lebih dalam ternyata nama “tanding” bukan untuk menandingi Goa Pindul meski tempatnya berdekatan.

Sejarah

Asal mula nama goa tersebut saat seorang warga bejiharjo yang berkeinginan membuat sumur air yang bernama Harto Tanding.

Pak Harto Tanding sendiri terus menggali sumur tapi tak kunjung menemukan air, disaat itu Pak Harto Tanding tetap berusahan dan tidak berhenti untuk menggali yang membuat galiannya semakin dalam.

Ketika alat penggali beliau menembus bagian yang ada di bawah tanah, secara tidak sengaja goa tersebut ditemukan oleh Pak Harto Tanding, dengan begitu Goa tersebut dinamakan “Goa Tanding” yang dimana nama Tanding adalah nama dari Pak Harto Tanding yang merupakan penemuan goa tersebut.

Setelah lokasi tersebut diteliti akhirnya goa tersebut layak untuk dijadikan destinasi wisata baru, sebelum di ekspolarasi seperti sekarang, awalnya pintu masuk goa tersebut hanya melalui sumur Pak Harto Tanding.

Namun kini telah dibangun pintu masuk ke dalam goa untuk memudahkan akses menikmati pesona susur air bawah tanah, disamping Anda pun bisa menggunakan perahu karet agar bisa menikmatinya.

Fasilitas

Fasilitas umum yang tersedia di lokasi wisata goa tersebut sudah tergolong lengkap, fasilitas yang ada diantaranya adalah :

  • Pemandu Wisata
  • Asuransi
  • Makan
  • Minum
  • Penitipan Barang
  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Helm
  • Kapal Karet
  • Jaket Pelampung

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk ke kawasan goa masih tergolong murah dan terjangkau, yakni Rp 10.000 per orang. Untuk dapat menikmati susur sungai di goa ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar RP 150.000 per orang bagi wisata lokal dan biaya tiket masuk sebesar Rp 200.000 per orang untuk wisatawan asing atau mancanegara. Sedangkan biaya parkir dikawasan ini masih gratis.

Lokasi

Lokasi Wisata Goa Tanding berada di Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Apabila ingin mencari lokasi Anda dapat mencari titik lokasi dengan menggunakan google maps yang dimana lokasi goa tersebut sudah terdeteksi oleh fitur ggole maps yang bisa memudahkan Anda mendapatkan lokasi.

Rute

Rute menuju goa tersebut sangat mudah untuk bisa Anda jangkau. Bila memulai perjalan dari kota Jogja silahkan ambil arah ke timut menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, masih terus hingga sampai perempatan, ambil arah selatan melalui Jalan Gedongkuning, kemudian masih lurus sampai di perempatan ke arah timur untuk melewati Jalan Wonosari.

Dari sini masih lurus hingga bertemu pertigaan belok ke barat lurus lagi hingga pertigaan kearah timur melewati Jalan Nasional III, masih jalan terus bertemu pertigaan ke arah timur kemudian ikuti jalan yang ada hingga perempatan ke arah timur melewati Jalan Goa Pindul pos-2 sampai perempatan lagi dan mengarah ke timur ke Jalan Goa Pindul Pos-1, tidak jauh dari sini Anda tinggal mengikuti jalan hingga menemukan plang Goa Tanding.

Jarak yang akan Anda tempuh bila melaju dari pusat Kota Yogyakarta cukup jauh yakni 41 kilometer dan akan membutuhkan waktu tempuh normal dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam 20 menit. Disarankan membawa kendaraan pribadi.

Saran dan Tips

Terdapat saran dan tips ketika ingin mengunjungi Goa Tanding yang ada di Karangmojo Gunung Kidul Yogyakarta, yakni peka akan cuaca agar liburan Anda tidak banyak kendala. Selain itu Anda wajib membawa bekal makanan serta minuman dari rumah atau segala keperluan liburan Anda, seperti halnya kamera yang mungkin Anda ingin mengabadikan moment saat berada di goa ini.

Membawa kendaraan pribadi, menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak lupa membawa baju cadangan yang dimana lokasi wisata tersebut merupakan lokasi wisata susur air. Mempersiapkan kondisi fisik yang baik dan kendaraan yang juga dalam performa baik supaya liburan Anda tetap lancar kemudian patuhi peraturan yang ada agar selalu aman dalam beraktifitas.

Paket Wisata Goa Tanding Jogja

Dengan segala hal menariknya, tidak mengherankan jika Goa yang berada dekat dengan Goa Pindul ini ramai dikunjungi para wisatawan. Bukan hanya dari dalam kota Jogja saja. Lebih dari itu, banyak juga wisatawan dari luar kota Jogja yang berkunjung ke Goa Tanding.

Jika Anda merupakan salah satu wisatawan dari luar Kota Jogja, kami sarankan untuk menggunakan paket wisata jogja yang kami sediakan. Mengingat dengan menggunakan paket perjalanan wisata, Anda tidak perlu repot menyiapkan kebutuhan berwisata. Semua sudah diatur oleh agen travel jogja kami.

Itulah artikel singkat mengenai Goa Tanding yang ada di Gunung Kidul, banyak hal yang bisa Anda rasakan ketika berada di wisata goa susur air ini, jadi tentukan waktu Anda untuk bisa mengunjungi goa tersebut dalam waktu dekat. Terimakasih.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.