Beranda » Wisata Jogja » Daftar Kuliner Legendaris di Kota Jogja

Daftar kuliner khas Jogja dari waktu ke waktu semakin bertambah, Selain memiliki destinasi wisata yang jempolan dan terkenal dikalangan pelancong dari penjuru Nusantara bahkan mancanegara Jogja juga dikenal dengan reputasi kulinernya yang ringan di kantong, ini tentu semakin membuat betah pelancong untuk berlama-lama di kota istimewa tersebut.

Saat berlibur ke Jogja Anda tidak perlu khawatir dengan urusan perut karena hampir disetiap sudut kota Jogja, Anda akan dengan mudah menjumpai berbagai kuliner khas Jogja dengan harga yang bersahabat.

Buat Anda yang sedang ada di Jogja dan sekitarnya atau bagi para petualang yang akan mengunjungi kota Sultan ini, berikut kami berikan daftar 17 tempat makan khas Jogja yang dijamin menawarkan suasana orisinil Jogja dan pastinya bisa memuaskan perut Anda.

Berikut daftar 17 kuliner khas Jogja yang Widyalokawisata rangkum dan siap menambah destinasi wisata Anda di Jogja.

Gudeg

GUDEG

Temukan Promo Paket Wisata Jogja 3 Hari!!!

Gudeg dan Jogja memang sudah menjadi satu kesatuan dan mustahil untuk dipisahkan. Jika berbicara Jogja, tak lengkap rasanya jika melupakan Gudeg Jogja. Gudeg juga merupakan makanan khas Jogja yang paling terkenal seantero Nusantara.  Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja satu ini. Gudeg sendiri  terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Makanan khas jogja ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Soto Batok Mbah Karto

SOTO-BATHOK-MBAH-KARTO

Jika ingin mencari makanan khas Jogja selain gudeg, soto bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Berbicara soto, Saoto Batok Mbah Karto salah satu soto yang terenak di Jogja. Selain lezat kuliner khas kota pelajar yang satu ini terbilang unik karena penyajiannya menggunakan batok kelapa.

Karena disajikan menggunakan batok dengan porsi yang tidak terlalu banyak, kebanyakan orang yang makan di Saoto Batok Mbah Karto ini selalu nambah. Dengan kuah yang super jernih serta dimbahi kecambah dan beberapa lembar potongan daging sapi dijamin Anda tidak akan puas dengan satu mangkok saja.

Bakmi Jogja

Kuliner khas Jogja selanjutnya yang wajib anda coba adalah Bakmi Jogja. Bakmi Jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas Jawa.

Selain Bakmi Jawa Jogjakarta, di warung-warung bakmi juga biasanya menyediakan menu Bakmi Nyemek, yaitu bakmi yang diberi sedikit kuah sehingga teksturnya menjadi kental dan nikmat. Bakmi Pak Pele yang terletak di dekat Alun-alun Kidul merupakan salah satu penjual bakmi yang kenikmatannya sudah melegenda.

Angkringan

Angkringan merupakan tempat tongkrongan malam hari khas Jogja yang cocok Anda datangi bersama teman dan keluarga. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi menyeruput kopi yang bercampur dengan arang panas di dalamnya kopi ini dikenal  dengan sebutan kopi jos.

Selain kopi jos di Angkringan juga disediakan nasi kucing, nasi dengan ukuran mini dengan harga yang sangat-sangat murah. Di sini juga ada aneka makanan lain, seperti aneka gorengan, sate usus, sate telur puyuh, dan kepala ayam. Angkringan Kang Harjo dan Lik Man merupakan salah satu angkringan paling hits saat ini di Jogja.

Mie Des (Mie Pedes)

Jika Anda tipe wisatawan yang gemar berjalan pada malam hari dan penyuka makanan pedas, Anda bisa merasakan sensasi memakan Mie Des atau Mie Pedes. Makanan khas yang berasal dari Pundong ini terbuat dari pati ketela. Teksturnya kenyal mirip Bakmi Pentil, namun ukurannya lebih besar dan bentuknya berbeda karena pembuatannya dengan cara diiris, bukan digiling seperti bakmi lain. Bakmi ini kebanyakan berjualan pada malam hari.

Saatnya menikmati kuliner khas Jogja dengan memesan paket wisata Jogja 3 hari dari Widyalokawisata.

Pecel Senggol

Bila Anda berjalan-jalan di kawasan Malioboro, sempatkan diri Anda untuk mencari kuliner satu ini. Pecel Senggol yang kami rekomendasikan tepatnya membuka lapak didepan pintu masuk Pasar Bringharjo. Pecel di sini, bisa dikataka yang terenak. Menikmati pecel diantara kerumunan orang dan kebisingan para pengamen tentu merupakan pengalaman yang susah ditemui lho.

Belum lagi Anda harus duduk berdesak-desakan sama pengunjung yang lain. Yang membuat pecel ini khas, adalah pilihan sayurannya yang cukup banyak. Bahkan lebih bervariasi jika dibandingkan dengan pecel-pecel lainnya. Ada Kangkung, tauge, daun pepaya, kembang turi, kenikir, bungan pepaya dan masih banyak lainnya lagi.

Nasi Tiwul

Makanan khas Jogjakarta berikutnya juga berasal dari Gunung Kidul ini sempat menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Namun seiring berjalannya waktu makanan khas Gunung Kidul  ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja yang melegenda.

Walang Goreng

Jika Anda kebetulan sedang berwisata ke daerah pantai di Wonosari, jangan lupa untuk membeli makanan dari Jogjakarta yang terkenal ini. Mencoba makanan ini Anda dijamin akan merasakan pengalaman baru yang unik dan asik.

Meski Walang atau Belalang Goreng terkadang membuat sebagian orang merasa geli untuk memakanannya. Namun, siapa sangka bahwa makanan ini memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya.

Sate Kelinci Mbah Ganis

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahan utama dari kuliner satu ini bukan? Ya betul makanan khas Jogjakarta ini berbahan dasar daging kelinci yang ditusuk menggunakan sebatang lidi kemudian dibakar. Sate Kelinci Mbah Ganis merupakan tempat yang tepat untuk merasakan kelezatan sate kelinc di Jogjakarta.

Karena baru buka pada malam hari dan berada di daerah Kaliurang yang berhawa dingin Sate kelinci Mbah Ganis sangat cocok disantap bersama segelas teh hangat untuk menangkal hawa dingin dari Gunung Merapi.

Geplak

Geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional khas Jogja yang masih dilestarikan sampai sekarang. Adonan makanan khas Jogja ini terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula. Geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna-warni sehingga membuat siapa saja tergoda untk memakannya.

Gatot

Makanan khas Jogja satu ini juga berasal dari kabupaten Gunung Kidul. Gatot terbuat dari sejenis singkong yang dikupas lalu dijemur agar kering. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar singkongnya. Selain Gudeg dan Bakpia, gatot merupakan salah satu kuliner paling digemari oleh wisatawan.

Sate Klathak

Kuliner satu ini sangat cocok bagi Anda penggemar sate kambing. Sate Klatak merupakan salah satu makanan khas Jogjakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasa ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera.

Bakpia Pathuk

Kuliner satu ini sangat cocok untu Anda jadikan oleh-oleh saat berlibur ke Jogjakarta. Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Selain kacang hijau terdapat berbagai varian rasa dari bakpia ini seperti coklat, keju, kopi, dan lain sebagainya.

Yangko

Pesan Paket Wisata Jogja 3 Hari Sekarang Juga

Selain bakpia, yangko juga merupakan makanan khas Jogjakarta yang sering dijadikan oleh-oleh bila berlibur ke Jogja. Yangko sendiri merupakan makanan khas Jogja yang yang terbuat dari tepung ketan. Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Jogja ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Yangko berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Yang membedakan yangko dengan moci hanya pada teksturnya dimana moci memiliki tesktur yang lebih lembek jika dibandingkan dengan yangko.

Oseng-Oseng Mercon

Bagi Anda pecinta makanan pedas kurang afdhol rasanya jika belum mencicipi makanan khas Jogjakarta satu ini. Oseng-oseng Mercon mendapat namanya karena terkenal sangat pedas. Oseng-oseng Mercon sendiri terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga memiliki rasa pedas yang khas. Tapi jangan khawatir, untuk Anda yang tidak suka pedas Anda tetap dapat memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai.

Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo adalah makanan khas Jogjakarta yang biasa disantap dengan nasi merah. Cita rasa pedas dan gurih dari sayur ini ditambah dengan kuah santan kental serta racikan bumbu khas Jawa membuat Sayur Lombok Ijo ini banyak dicari oleh penikmat makanan khas Jogjakarta.

Tengkleng Gajah

Satu lagi kuliner khas Jogja berbahan dasar kambing, disebut tengkleng gajah karena makanan ini disajikan dalam porsi yang besar dan bukan menggunakan daging gajah ya. Tengkleng Gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng ataupun tengkleng goreng. Kedua jenis penyajian ini bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Itu tadi 17 daftar kuliner legendaris paling hits yang bisa Anda datangi saat berlibur di jogjakarta. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi liburan Anda dan Happy Holiday.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.