Beranda » Wisata Jogja » Candi Sambisari | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Candi di Jogja memang banyak tempatnya. Selain Candi Borobudur yang merupakan Candi Terbesar, Kota Jogja juga memiliki daftar candi lain yang tak kalah menarik. Candi Sambisari. Belum lama ini, Candi satu ini sempat viral di Sosial Media. Salah satunya karena spot foto yang menarik dan instagramable. Untuk Anda yang belum pernah berkunjung, berikut ini kami hadirkan beberapa ulasan menariknya.

CANDI SAMBISARI

Sejarah Penemuan Candi yang Menarik

Setelah berabad-abad terkubur di dalam tanah, Candi Sambisari akhirnya ditemukan oleh seorang petani. Meskipun demikian, pesonanya juga tak pudar. Tidak mengherankan jika sampai sekarang candi dengan permukaan yang lebih rendah dari permukaan tanah ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan.

Pada waktu itu Karyowinangun yang tengah mencangkul sawahnya tidak sengaja membentur cangkulnya pada bongkahan batu yang dipahat pada bagian permukaannya. Hingga akhirnya, diteliti oleh Dinas Purbakala dan berhasil dikehatui jika kompenan batu tersebut merupakan bangunan candi. Pada akhirnya, dilakukan eskavasi atau penggalian lanjut.

Penggalian dan penelitian kurang lebih memakan waktu selama 3 windu. Meskipun sudah ditemukan sejak tahun 1966, namun proses pemugaran baru selesai pada tahun 1987. Sesuai dengan nama ditemukannya, Candi ini kemudian diberi nama Candi Sambisari.

Meskipun belum bisa diketahui secara pasti mengenai sejarahnya, namun jika dilihat dari arsitektur bangunannyam Candi ini mulai dibangun pada tahun 812 sampai 838 M.

Baca Juga : Daftar Candi di Jogja dengan Spot Foto Instagramable

Beragam Aktivitas Menarik

 

CANDI SAMBISARI

1. Mempelajari Jejak Sejarah dari Dinding Candi serta Museum

Untuk Anda yang senang belajar sejarah, berkeliling di sekitar Candi Sambisari merupakan aktivitas yang sangat menarik. Anda bisa melihat detail arsitekturnya. Pada bagian kompleks candi Anda akan menjumpai berbagai relung yang didalamnya berii arca. Mulai dari Arca Dewi Durga, Arca Ganesha dan juga Arca Agastya.

Tidak berhenti sampai disitu saja, di dalam bangunan juga terdapat Lingga dan Yoni yang tidak lain merupakan simbol pemujaan kepada Dewa Syiwa. Di dekat candi terdapat sebuah museum yang bisa Anda gunakan sebagai ruang informasi.

Dari dalam museum Anda akan menjumpai berbagai foto bersejarah. Mulai dari foto lingkungan sawah milik Petani Karyowinangun, foto proses evakuasi candi dan berbagai foto menarik lainnya terkait dengan bangunan bersejarah satu ini.

2. Hunting Spot Foto Menarik

Banyaknya wisatawan yang berkunjung salah satunya karena bangunan candi yang menarik dan instagramable. Bukan hanya bangunannya saja, lebih dari itu, di sekitar candi terdapat hamparan rumput yang ditat rapi sehingga semakin menarik jika digunakan sebagai spot foto. Sekilas, lokasi candi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan prewedding atau melakukan sesi foto lainnya.

3. Menikmati Pemandangan Sunset yang Indah

Akhir-akhir baru ramai orang berburu pemandangan senja. Jika Anda merupakan salah satunya, maka datang ke Sambisari merupakan pilihan yang tepat. Setelah puas menikmati pemandangan sekitar, silahkan Anda bersantai sembari menunggu matahari terbenam.

Keberadaan tanaman yang luas dengan rerumputan hijau tertata rapi. Sangat menyenangkan sekali merebahkan badan sembari menunggu matahari terbenam.

Lokasi dan Rute

Meskipun lokasinya berada di desa, namun akses menuju ke lokasi sudah cukup bagus. Lokasinyapun juga dekat dengan wisata candi di Jogja lainnya. Mengenai alamat lengkapnya berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartsani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.

Untuk rutenya, Anda bisa menempuh dengan melewati jalan raya Jogja -Solo. Silahkan Anda ikuti terus rutenya hingga melihat gerbang Angkatan Akademi Udara (AAU). Ambil rut eke arah kiri dan ikuti terus jalannya hingga sampai di Candi Sambisari. Selain mengikuti rute Jogja – Solo, Anda juga bisa menempuh rute melalui Jalan Raya Tajem.

Dibutuhkan jarak tempuh kurang lebih 12 KM dari arah kota Jogja. Jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, kurang lebih sekitar 30 menit.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk bisa menikmati pemandangan yang dihadirkan, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja setiap orangnya. Sedangkan mengenai harga tiket parkirnya, untuk kendaraan bermotor roda dua  dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 dan untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.

Fasilitas

Demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas lengkap untuk para wisatawan seperti:

  • Musholla
  • Ruang informasi
  • Papan informasi
  • Gazebo
  • Toilet
  • Tempat parkir

Bagaimana, sudah siap menikmati pemandangan Candi Sambisari yang menarik? Langsung saja agendakan liburan Anda sekarang juga. Jangan lupa, pesan paket wisata jogja yang Widyalokawisata.com sediakan untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.