Beranda » Wisata Jogja » Curug Siluwok | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Beberapa destinasi wisata yang ada di Kulon Progo menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Karena wilayah tersebut menyimpan begitu banyak wisata alam yang luar biasa. Lokasi wisata alam yang ada di Kulon Progo juga cukup dikenal.

Tidak sedikit wisatawan dari luar Jogja sampai para pecinta alam sangat tergodang dengan suasana alam bebas dengan bukit, air terjun, jalan yang curam berkelok serta hamparan hutan rimba.  Salah satu dari beberapa kawasan wisata disini ialah air terjun Siluwok atau Curug Siluwok. Dikawasan ini terdapat banyak air terjun dan Curug Siluwok ini merupakan satu dari puluhan curug yang ada.

Hal Menarik

CURUG-SILUWOK

Kota Yogyakarta sudah sangat dikenal dengan macam destinasi wisatanya yang sangat banyak dan beragam. Letak geografis alamnya yang begitu luar biasa semakin memperkaya daftar spot wisata Jogja yang bagus untuk bisa Anda kunjungi, seperti wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata alamnya yang semua mempunyai kesan.

Salah satu dari banyaknya lokasi wisata yang ada di kota Jogja yaitu air terjun atau Curug Siluwok. Curug Siluwok ini berada di Kabupaten Kulon Progo yang hingga saat ini measih terjaga keasriannya. Letaknya yang berada di wilayah hutan hijau menambah nuansa alami yang selalu terawat.

Ait terjun tersebut sejati tidak begitu tinggi yang dimana ketinggian air terjunnya hanya sekitar 20 meter. Akan tetapi debit air yang ada di Curug Siluwok ini cukup tinggi yang membuat karakter airnya sedikit deras namun sama sekali tidak berbahaya.

Tempat tersebut sangat memanjakan mata dengan airnya yang berwarna biru kehijauan akan menambah keindahan dan pesona curug tersebut. Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat sebuah kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun, akan sangat cocok untuk bisa digunakan sebagai lokasi berenang atau sekedar bermain.

Meski begitu alangkah baiknya untuk selalu berhati-hati sebab kedalaman air di curug ini bisa mencapai 2 meter lebih. Selain dari keindahan air terjunnya, keberadaan tebing-tebing yang ada di wilayah curug juga seakan menambah pesona obyek wisata Curug Siluwok ini.

Untuk para pengunjung yang baru mau mengunjungi lokasi Curug Siluwok tersebut, disarankan untuk lebih mempersiapkan diri terutama oada bagian fisik, sebab Anda akan dipaksa untuk melewati jalan setapak yang memiliki jarak sekitar 700 meter atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi Curug SIluwok.

Ketika dalam perjalanan, Anda bisa saja sewaktu-waktu melihat memandangan yang sedikit berbeda, yakni penampakan gerombolan monyet yang berkeliaran di pepohonan dekat jalur Anda menuju air terjun. Tidak hanya itu selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa jejeran terasiring sawah yang menarik.

Fasilitas Curug Siluwok

CURUG-SILUWOK

Fasilitas yang terdapat di Curug Siluwok masih belum terlalu memadai, maka dari itu para wisatawan harus menyiapkan semua segala keperluan dan kebutuhan yang sekira akan sangat penting ketika berkunjung ke lokasi wisata tersebut, begitu juga untuk bekal makan yang harus Anda bawa dari rumah untuk Anda selama berada di Curug Siluwok ini.

Harga Tiket dan Parkir Curug Siluwok

Untuk dapat memasuki lokasi wisata Curug Siluwok tersebut para wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk. Namun untuk parkir akan dikenakan biaya sendiri, yakni untuk parkir kendaraan sepeda motor akan dikenakan tariff sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Lokasi Air Terjun Curug Siluwok Kulon Progo

Tempat wisata curug tersebut yakni letaknya di wilayah gugusan perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

Rute Menuju Curug Siluwok

Rute untuk dapat sampai ke lokasi wisata tersebut dapat Anda mulai dari Terminal Jombor yang menuju ke Cebongan. Setelah itu ambil jalur mengarah ke Sayegan, dari Sayegan Anda melanjutkan perjalanan menuju Balangan hingga sampai di wilayah Kecamatan Minggir. Di Minggir Anda akan menjumpai Dekso. Nah, dari perempatan tersebut lanjut kearah Samigaluh.

Dari Samigaluh, Anda tinggal mengikuti jalan sampai menemukan petunjuk atau plang arah ke Curug Sidoharjo, kemudian ikuti petunjuknya karena wisata Curug Siluwok Kulon Progo juga sangat dekat dengan kawasan Curug Sidoharjo yang dimana bisa Anda kunjungi sekaligus.

Disamping itu penduduk sekitar yang juga merupakan pengelola Curug Siluwok hingga saat ini masih terus membangun infrastruktur serta beberapa fasilitas penunjang untuk para pengunjung. Maka dari itu para pengelola berharap ke para wisatawan yang akan berkunjung untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan ketertiban di sekitaran wilayah Curug Siluwok.

Jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke Curug Siluwok yakni 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Jarak pusat kota Jogja dengan lokasi Curug Siluwok yakni 31 kilometer untuk waktu tempuh normal jika menggunakan kendaraan bermotor.

Tips Berwisata

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika akan berkunjung ke obyek Wisata Curug Siluwok yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

  1. Membawa kendaraan pribadi agar memudahkan Anda untuk menuju lokasi
  2. Membawa pakaian ganti apabila akan bermain air
  3. Menggunakan alas kaki yang nyaman
  4. Menyiapkan uang yang cukup
  5. Mengisi baterai Hp atau kamera yang nantinya akan digunakan untuk berfoto
  6. Menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan
  7. Selalu dampingin anak bila membawa anak yang masih dibawah umur

Demikianlah ulasan mengenai Curug Siluwok yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi refrensi bagi Anda ketika ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut. Terimakasih…

 

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.