Goa Jomblang – Apakah kamu mencintai petualangan saat berlibur? Maka Goa Jomblang di Gunung Kidul adalah destinasi wisata yang sangat tepat untuk kamu kunjungi. Goa Jomblang sangatlah terkenal karena untuk mencapai ke lokasi penuh dengan cerita sendiri. Wisata yang satu ini pun belakangan menjadi sangat populer karena memang pemandangannya sangatlah indah. 

Goa Jomblang adalah tempat wisata yang berbeda dari goa yang ada di Gunung Kidul. Tidak seperti goa lainnya yang berbentuk horizontal, Goa Jomblang memiliki bentuk vertikal. Bisa dikatakan Goa Jomblang adalah sebuah sumur alami yang memiliki kedalaman 40 hingga 80 meter. Sehingga untuk ke Goa Jomblang dibutuhkan peralatan lengkap untuk bisa turun ke area dasar. 

Goa Jomblang juga terbentuk secara alami yang prosesnya berjalan selama 15 juta tahun lamanya. Tentu saja ini menjadikan pemandangan di Goa Jomblang sangatlah berbeda dan indah. Kamu sudah pasti akan jatuh cinta dengan pesona dari Goa Jomblang, apalagi ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di goa yang satu ini. 

Cerita Kelam dari Goa Jomblang Gunung Kidul 

Dibalik keindahan dari Goa Jomblang, ternyata ada cerita kelam yang berkaitan dengan sejarah Indonesia, yaitu pada masa pemberontakan PKI. Pada zaman tersebut, ternyata Goa Jomblang dijadikan sebagai pembuangan jenazah, korban dari kebrutalan PKI. Korban yang dibuang di Goa Jomblang sendiri tewas karena ditembak dan lain sebagainya. 

GOA JOMBLANG

Butuh waktu yang lama untuk mengevakuasi seluruh tulang belulang dari korban-korban yang ada di Goa Jomblang. Dimana baru dilakukan pada tahun 1982 dan setidaknya ada 3 truk untuk membawa seluruh tulang yang ditemukan di Goa Jomblang ini. Tidak hanya itu saja, pada masa orde baru lokasi ini juga digunakan Penembak Misterius untuk membuang mayat seperti penjahat, preman hingga pemberontak. 

Di tahun 1990 sendiri, Goa Jomblang sudah berubah total dan kesan kelam akan masa lalu yang terjadi juga perlahan dilupakan. Dimana pada tahun 1984 sendiri, Goa Jomblang menjadi salah satu wisata petualangan terbaik yang terus dikunjungi wisatawan. Jelas ini adalah salah satu wisata yang tepat untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman berbeda. 

Daya Tarik dari Goa Jomblang Gunung Kidul 

Sebagai salah satu tempat wisata alam terbaik yang ada di Yogyakarta, jelas Goa Jomblang punya daya tarik yang tidak bisa terbantahkan lagi. Kamu yang mengunjungi Goa Jomblang juga sangat disarankan untuk dalam keadaan yang sehat karena memang membutuhkan fisik yang prima untuk menjelajahinya. Di bawah ini adalah beberapa daya tarik dari Goa Jomblang: 

Mencoba Vertical Caving di Goa Jomblang

Untuk mencapai Goa Jomblang, vertical Caving adalah cara satu-satunya yang perlu dilakukan. Hal inilah yang membuat Goa Jomblang menjadi sangat menarik karena jelas akan menjadi pengalaman baru bagimu yang baru pertama kali melakukannya. Tenang saja, untuk vertical caving di Goa Jomblang pun sangat aman karena diawasi oleh profesional. 

Uniknya, untuk turun mencapai dasar Goa Jomblang sendiri ada beberapa jalur yang dapat dipilih. Semua rute sendiri nantinya akan didampingi oleh profesional sehingga kegiatan ini sangat aman. Kamu hanya perlu menyiapkan fisik, karena seluruh fasilitas untuk vertical caving sudah disiapkan oleh pengelola. 

Berburu Foto Cahaya Surga 

Daya tarik yang membuat Goa Jomblang sangat terkenal adalah berburu foto cahaya surga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Goa Jomblang memiliki bentuk vertikal. Sehingga mulut goa pada waktu tertentu sendiri pun akan ada cahaya matahari masuk ke dalam goa. 

GOA JOMBLANG JOGJA

Namun, sayangnya untuk bisa mendapatkan pemandangan cahaya surga di Goa Jomblang waktunya sangat terbatas. Sehingga sangat disarankan untuk kamu memastikan kapan waktu  yang tepat untuk berkunjung ke Goa Jomblang. Waktu yang tepat sendiri adalah mulai pukul 11.00 sampai 12.00 saja. Tidak hanya itu saja, pastikan juga cuaca sedang cerah agar bisa mendapatkan fenomena cahaya surga yang sangat indah. 

Menjelajahi Sungai Bawah Tanah 

Di dalam Goa Jomblang juga terdapat sungai bawah tanah yang masih menjadi bagian dari Kali Suci. Untuk bisa menikmati keindahan sungai bawah tanah ini sendiri kamu harus trekking sedikit sepanjang 300 meter. Dimana kamu harus berhati-hati karena penerangan di dalam goa ini sangatlah terbatas. 

Meski demikian, saat kamu trekking tidak akan pernah bosan. Mengingat ada banyak vegetasi yang mungkin tidak pernah kamu temukan. Seluruh vegetasi di Goa Jomblang sendiri sudah ada dari zaman purba, sehingga ini membuat perjalananmu wisata ini menjadi sangat berbeda. Termasuk mempelajari bagaimana Goa Jomblang terbentuk selama beberapa juta tahun lamanya. 

Lokasi, Jam Buka hingga Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Goa Jomblang dengan sewa mobil di jogja, maka alamatnya adalah di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jam buka dari Goa Jomblang mulai dari 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat saat mengunjungi Goa Jomblang ini. 

Untuk harga tiket masuk ke Goa Jomblang adalah tergantung dari paket petualangan yang ingin kamu pilih. Paket susur di Goa Jomblang mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 1.000.000. Kamu juga bisa menyewa kaos kaki khusus dengan harga Rp. 20.000. 

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Goa Jomblang dengan lebih mudah dengan tour yogyakarta murah, maka bisa menghubungi Biro Tour Widyaloka Wisata. Kami punya paket petualangan ke beberapa wisata selain ke Goa Jomblang.