Gunung Andong – Bagi kamu yang sangat mencintai pemandangan alam, menikmati liburan ke Gunung Andong adalah pilihan yang tepat. Gunung Andong adalah tempat yang sangat populer untuk pecinta alam, terutama pendaki. Bukit yang satu ini sendiri tidak pernah sepi dari pengunjung, dimana memang ada banyak sekali daya tarik yang bisa kamu temukan selama mengunjungi lokasi yang satu ini. 

Sekilas Tentang Gunung Andong 

Gunung Andong sendiri tepat berada di sebelah Gunung Telomoyo, dimana secara posisinya berada di Semarang, Salatiga dan Magelang. Memiliki ketinggian 1.463 mdpl, tentu saja pemandangan di bukit yang satu ini sangat indah. Banyak juga yang menyebutnya sebagai Gunung Andong. 

Banyak sekali pendaki yang memilih Andong untuk jadi lokasi pendakian, terutama bagi yang masih pemula. Hal ini sendiri karena trek yang dilalui tidak terlalu sulit. Tidak hanya memiliki pemandangan yang sangat indah. Pada kenyataannya, Bukti Andong punya cerita misteri sendiri yang cukup terkenal. 

Tentu saja, bagi para pendaki ada cerita misteri ini menambah keseruan saat menuju puncak Gunung Andong. Namun, karena memang masih memiliki alam yang sangat terjaga sekali, kamu yang berencana ke Gunung Andong jangan pernah melakukan hal yang diluar etika. Kita harus menghormati alam dengan sangat baik. 

Daya Tarik dari Bukti Andong 

Tentu saja, berlibur ke Gunung Andong adalah pilihan yang tepat apabila kamu ingin healing. Ada banyak sekali hal menarik yang dapat kamu temukan serta berbagai aktivitas seru selain mendaki. Di bawah ini adalah beberapa daya tarik dari Gunung Andong: 

Menikmati Pagi Hari dengan Sunrise

Memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut, Gunung Andong menjadi lokasi yang tepat untuk kamu menikmati keindahan pagi hari. Dari bukit ini, kamu dapat melihat sunrise dengan jelas ketika cuaca sedang cerah. Para pendaki yang mengunjungi Gunung Andong, biasanya akan berkemah untuk menikmati seluruh keindahan alamnya. 

Mendaki dan Trekking 

Jelas daya tarik utama dari Gunung Andong adalah kamu dapat mendaki dan trekking hingga ke puncak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mendaki ke puncak Gunung Andong tidak terlalu berat. Namun, tetap saja kamu harus memiliki fisik yang fit untuk mencapai puncaknya. Mengingat kamu harus trekking dalam waktu yang lama hingga mencapai ke puncak. 

Waktu yang tepat untuk mendaki ke Gunung Andong adalah pada saat musim kemarau. Meski terkesan akan panas, tapi pada kenyataannya adalah tidak akan terlalu panas. Mengingat suasana di Gunung Andong masih sejuk karena masih terjaga keasriannya. Kamu yang mungkin baru pertama kali mendaki, ada baiknya tidak sendirian agar perjalanan tetap dalam keadaan yang aman. 

Berkemah di Gunung Andong

Sudah disebutkan juga sebelumnya bahwa banyak pendaki yang mengunjungi Gunung Andong untuk berkemah. Di atas Gunung Andong ada beberapa spot camping ground yang termasuk luas. Aktivitas utama ketika di Gunung Andong memang berkemah dan sudah pasti kamu akan bertemu dengan pengunjung lain di puncaknya. 

Saat berkemah di Gunung Andong, ada baiknya membawa peralatan sendiri. Pihak pengelola dari Gunung Andong tidak banyak menyediakan banyak peralatan berkemah. Selain itu, ketika berkemah di Gunung Andong, pastikan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Semua sampah dari sisa berkemah baiknya kamu bawa turun. Jangan sampai kamu merusak keadaan alam di sekitar Gunung Andong. 

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Gunung Andong

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Gunung Andong menggunakan sewa mobil yogyakarta, maka alamat tepatnya adalah berada di Desa Sawit, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kamu dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan pintu masuknya. 

Gunung Andong sendiri dibuka selama 24 jam, jadi bagi kamu yang ingin menikmati sunset dan sunrise bisa datang kapan saja. Bahkan bagi kamu yang tidak ingin berkemah masih bisa datang kapan saja dan ada banyak gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah sebagai berikut: 

Tiket Masuk Pendakian + RetribusiRp. 20.000
Parkir MobilRp. 10.000 
Parkir MotorRp. 5.000
Penitipan HelmRp. 1.000

 

Gunung Andong sebagai tempat favorit untuk mendaki termasuk memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya adalah tempat parkir yang luas, toilet, area berkemah dan masih banyak lagi. Bahkan jika kamu tidak ingin berkemah ada banyak sekali penginapan yang dekat dengan Gunung Andong. 

Apabila kamu ingin mengunjungi Gunung Andong dan juga tempat wisata lain yang ada di Jawa Tengah dan tour di Jogja, maka bisa menghubungi Widyaloka Wisata. Dimana kami akan menjadi teman kamu selama berlibur di berbagai tempat wisata populer. Kami pun memiliki pelayanan lengkap yang akan memberikan kesan tidak terlupakan selama kamu liburan.