Beranda » Wisata Jogja » Nyantai Asik Bersama Keluarga di Pantai Baru Bantul

Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sebuah pantai yang namanya mungkin masih sangat terlalu asing, dikawasan ini sebenarnya kawasan yang bukan benar-benar baru akan tetapi ini sebuah kawasan yang lama dan dicoba dibuat untuk menjadi kawasan seperti baru. Hal ini karena disepanjang jalan kawasan in memang kurang begitu diminati. Sebenarnya kawasan ini jika dilihat tempatnya sangat menarik.

PANTAI-BARU

Kami akan memberikan informasi mengenai Pantai Baru Bantul yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan lebih tepatnya berada di sebelah timur Pantai Pandansimo yang memilik mercusuar di dalamnya. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai salah satu pantai di Bantul, mari kita lanjutkan.

Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di Bantul memang menyimpan banyak sekali pesona yang belum dikelola dengan baik. Khususnya wilayah Bantul ini yang seakan menjadi tempat yang menakutkan.

Kenapa bisa dibilang menakutkan? Karena, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, namun tidak melihat banyaknya wisatawan yang menikmati pantai ini.

Sangat berbeda dengan kawasan pantai di Bantul lainnya seperti Pantai Parangtritis atau Pantai Depok. Lokasi wisata ini masih sepi bukan karena tidak memiliki pemandangan yang indah, sebenarnya ada banyak sekali pemandangan yang indah sehingga bisa di ekspos lebih jauh lagi.

pantai-baru

Apalagi pantai ini masih terbilang sepi, sehingga sangat nyaman sekali untuk beraktifitas, anda juga akan merasakan seperti mempunyai pantai pribadi.

Selain itu, Pantai yang berada di Kabupaten Bantul ini juga memiliki sejarah yang memang seru untuk disimak. Pasalnya dalam sejarah ada sebuah misteri didalamnya.

Kawasan pantai ini memang tidak bisa dipisahkan dari keluarga keraton. Banyak sekali yang tidak tahu kenapa warga keraton memilih kawasan ini sebagai tempat pertapaan.

Bahkan Petilasan pertapaanpun masih dirawat dengan sangat baik dan konon menjadi tempat keramat. Buat anda yang tidak tahu petilasan adalah suatu tempat yang pernah disinggahi atau didiami oleh seseorang (yang penting).

Walaupun, pada waktu tertentu kawasan ini digunakan sebagai tempat untuk event nasional. Jadi, anda jangan heran jika berkunjung ke sini di waktu tertentu. Wisatawan akan melihat beberapa orang yang untuk menikmati pantai ini dengan cara yang berbeda.

Daya Tarik Wisata

PANTAI-BARU

1. Wisata Edukasi

Destinasi di ujung selatan Kota Jogja ini menawarkan banyak pesona yang mungkin tidak dimiliki oleh tempat lain. Seperti wisata edukasi ini yang bisa dinikmati. Luas lahannya mecapai 4000 meter persegi, membuat tempat ini bisa menghadirkan wisata edukasi yang cukup menarik. 2.

2. Adanya Hiburan di Dalam Pantai

Pada momen tertentu ada penampilan band maupun campur sari yang bisa anda nikmati disini. Disini juga tersedia persewaan All Terrain Vehicle yaitu kendaraan roda empat untuk menempuh area jalan yang sulit. Jika anda tertarik anda bisa membayar Rp 30.000,- dalam waktu penyewaan 15 menit. Dengan menggunakan kenddaraan ini, anda bisa menelusuri pantai tanpa harus berjalan kaki.

3. Biogas

Wisata ini tepat berada di jalan masuk Pantai Baru Bantul. Ada kandang ternak dan pembuatan Biogas. Anda bisa mengelilingi kandang sembari memberikan mereka makan. Atau melihat biodigester dan genset biogas. Anda tidak perlu khawatir, hewan ternak disini sangat ramah. Akan tetapi berada di kawasan ini memang sedikit menghadirkan bau tidak sedap. Tetatpi bau ini dihadirkan bukan dari pembuatan gas melainkandari kotoran hewan ternakyang akan dimanfaatkan untuk pupuk dan energi biogas.

4. Kincir angin

Mungkin anda saat mendengar nama ini akan membayangkan kincir angin yang besar seperti di negeri Belanda. Kincir angin disini tidak memanfatkan air sebagai sebuah energi. Melainkan tenaga angin yang akan dirubah menjadi energi hybrid. Disini anda bisa mengambil gambar Pantai Baru Bantul yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya.

Sangat sayang sekali bila pemandangan bagus dan keren seperti ini dilewatkan begitu saja. Selain itu, wisatawan juga akan disuuhkan sebuah teknologi yang cukup mengesankan. Panorama tersebut adalah kolam ikan air tawar. Dimana kolam tersebut telah dipasang teknologi aquaponik.

5. Banyaknya poho cemara udang

Ada banyak pohon cemara udang yang tumbuh dari tahun 1999. Dengan adanya penanaman ini bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. Ada banyak wisatawan yang memanfaatkan pohon cemara udang ini untuk spot foto.

Fasilitas

Birunya Air Laut Pantai Baru

  • Toilet dengan biaya Rp. 2000,-
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat parkir luas
  • Hiburan diwaktu tertentu
  • Kolam renang mini
  • ATV

Tiket Masuk Lokasi

Harga tiket masuk  cukup murah yaitu Rp. 4000/orang. Harga tiket ini sudah termasuk standar di pantai daerah Bantul. Sedangkan untuk anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan sepedah motor akan dikenakan biaya tiket parkir. Jika menggunakan kendaraan mobil Rp. 5000,-  sedangkan sepedah motor Rp. 2000,- dan untuk bus di kenakan biayaparkir Rp. 15.000.

Lokasi dan Akses Menuju Lokasi 

Lokasi Pantai Baru Bantul ini ada di dusun Ngentak, ds. Poncosari, kec. Srandakan, Bantul, DIY kode pos 55762. Lokasi ini bisa di tempuh dari jalan pusat Yogyakarta jalan terus ke selatan lalu ambil jalur ke Bantul.

Selanjutnya anda harus terus ke bundaran Srandakan penghubung Bantul dan Kulonprogo. Dari sini anda bisa mengambil arah ke kiri lalu terus ke selatan. Berikutnya akan ada papan jalan penunjuk arah Pantai Baru dengan Pantai Kuwaru.

Dari situ anda bisa mengikuti beberapa petunjuk yang ada di sepanjang jalan. Sampai anda tiba di gerbang pantai, akan nampak ujung mercusuar dari sela-sela pohon cemara serta pohon bakau.

Atau lewat dari rute lain menuju Pantai Baru dari Yogyakarta, ke selatan melalui jalan brigjen katamso lurus sampai pada jalan parangtritis lurus hingga sampai pertigaan jalan belok ke barat hingga melalui jalan cepit tembi.

Setelah itu terus hingga ke pertigaan lalu ke selatan. Sampai melalui jalan bantul dan jalan wakhid hasyim anda bisa lurus terus hingga bertemu perempatan belok ke barat melalui jalan srandakan hingga ke Pantai Baru Bantul.

Dari kota jogja kira- kira berjarak 31.4 km dengan waktu tempuhnya sekitar 1 jam jika mengendarai motor.

Tips Berwisata

  • Pertama, sebelum anda pergi liburan pastikan tubuh anda atau kerabat anda dalam keadaan fit atau baik.
  • Kedua, bawa keperluan yang anda butuhkan selama berlibur.
  • Ketiga, jika anda ingin berjemur disarankan anda membawa sunblock SPF tinggi agar kulit anda tidak terbakar dibawah teriknya matahari.
  • Ke empat, persiapkan kamera dan Powerbank.
  • Ke lima, disarankan untuk anda membawa baju ganti.
  • Ke enam, disarankan untuk anda menggunakan alas kaki atau pakaian yang nyaman.
  • Ke tujuh, kalian jangan sampai lupa jika berwisata kalian harus menjaga kebersihan lingkungan pantai atau sekitar pantai.

Demikianlah ulasan tentang Pantai Baru Bantul yang wajib anda datangi. Anda dapat mengunjungi lokasi ini dengan memilih Paket wisata Jogja 3 hari 2 malam dari Widyalokawisata. Jangan lupa untuk mengajak kerabat, keluarga, teman atau pasangan tersayang anda untuk melihat indahnya dan kerennya pemandangan di selatan Jogja ini. Agar kita bisa ceria dan bahagia bersama..

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.