Pantai Drini yang dijuluki “Pantai Perawan” merupakan wisata pantai Gunung Kidul yang terkenal masih alami, asri, dan bersih. Ketika berkunjung ke pantai ini, kamu dapat menikmati pemandangan tebing besar yang dipenuhi rerumputan. Lengkap dengan hamparan pasir putih serta ombak yang tenang untuk bermain air. Pantai Drini dulu jarang terjamah oleh wisatawan karena kondisi jalan menuju kesana cukup berkelok-kelok dan terjal.

Berikut pembahasan tentang Pantai Drini.

Daya Tarik Pantai Drini

PANTAI DRINI

Pesona Pantai Drini sudah tersiar di antara wisatawan yang bertandang ke Gunung Kidul Yogyakarta. Saat pulang pasti ada yang susah move-on, karena pantai ini benar-benar indah. Terutama ombaknya yang tidak seganas pantai-pantai lain, udaranya pun terasa sejuk. Selain itu terdapat daya tarik berikut:

Spot Snorkeling

Salah satu hal yang jarang ditemukan wisatawan pada deretan pantai Gunung Kidul adalah spot snorkeling. Kalau di Pantai Drini, kegiatan ini menjadi daya tarik sebab wisatawan dapat melihat pemandangan bawah laut yang menawan. Spot snorkeling Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian. Untuk kedalamannya sekitar 1-2 meter, sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Kamu yang belum pernah snorkeling boleh langsung coba. Dijamin akan merasakan pengalaman baru yang tak terlupakan.

Permainan Kano

Selain snorkeling, wisatawan Pantai Drini juga bisa bermain perahu kano di pinggiran. Kapasitas kano kecil muat 1 orang, sedangkan kano besar muat sampai 4 orang. Untuk durasi sewa dapat disesuaikan kebutuhan wisatawan. Nah, sebelum bermain akan ada pemandu yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan wahana tersebut. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan bermainlah sepuasnya.

Trekking di Bukit Karang

Selain mempercantik Pantai Drini, bukit karang yang berada di sebelah timur dan barat dapat dinaiki oleh wisatawan. Dari atas sana, kamu bisa melihat lautan biru luas serta pulau kecil yang terletak dekat pantai. Sebelum menaiki bukit karang, pastikan tidak saat air laut pasang karena trek-nya akan tergenang.

PANTAI DRINI JOGJA

Kuliner Khas Pantai

Beragam kuliner khas pantai siap mengisi perut yang lapar, terutama setelah beraktivitas seharian. Di Pantai Drini terdapat warung makan yang siap memasak hasil tangkapan nelayan. Soal harga tinggal tanyakan langsung ke pemilik warung, tentunya masih terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Drini

Dimana letak Pantai Drini? Yaitu di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Drini bersebelahan dengan Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Untuk mengunjungi objek wisata ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 61 KM. Perjalanan ke Pantai Drini menghabiskan waktu sekitar 2 jam dari Kota Jogja.

Berikut cara menuju Pantai Drini:

  •       Arahkan kendaraan ke Jalan Imogiri Barat-Siluk – lalu ambil arah Barongan-Bibal – ikuti arah Bibal-Panggang – menuju Jalan Pantai Selatan Jawa – ke Jalan Drini di Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi wisata mudah untuk ditemukan karena ada banyak sekali papan petunjuk arahnya. Ikuti saja petunjuk tersebut atau kamu bisa membuka aplikasi maps online di hp. Setibanya di Pantai Drini, kamu akan melihat pemandangan pantai pasir putih Gunung Kidul yang masih alami. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah menentukan jenis transportasi yang digunakan.

Karena dari Kota Jogja ke Pantai Drini belum bisa naik transportasi umum, jadi harus sewa atau bawa kendaraan pribadi. Khusus sewa mobil Jogja dari Widyaloka Wisata, kamu akan memperoleh fasilitas driver + BBM + retribusi parkir. Silahkan booking sekarang juga.

Jam Buka dan Fasilitas di Pantai Drini

Alangkah baiknya sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata kamu sudah mengetahui jam operasionalnya. Khusus Pantai Drini Gunung Kidul buka selama 24 jam setiap hari. Namun Jika ingin melihat pemandangan secara jelas ketika sewa mobil di jogja, kamu disarankan berkunjung pada pagi hari sampai siang hari saja. Jarang ada wisatawan yang datang malam hari, kecuali untuk camping.

Pantai Drini mempunyai beberapa fasilitas yang cukup memenuhi kebutuhan wisatawan selama berada di sana. Mulai dari lahan parkir yang dapat menampung motor, mobil, serta bus-bus besar. Kemudian fasilitas kamar mandi bagi yang ingin membersihkan diri setelah berenang, mushola untuk ibadah, hingga warung makan. Kamu juga akan menemukan gazebo, spot foto, penyewaan kano, dan penginapan di sepanjang jalan menuju Pantai Drini.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Pantai Drini wajib masuk dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi selama di Yogyakarta. Karena kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya yang hanya berkisar Rp. 10.000 saja. Dengan harga yang cukup murah, kamu sudah bisa menikmati wisata Pantai Drini. Untuk penyewaan kano harganya mulai dari Rp. 50.000 – Rp 100.000. Sedangkan parkir kendaraan dibedakan sesuai jenisnya, yaitu motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000, dan bus Rp. 20.000.

Saat berada di Pantai Drini, jangan lupa menjaga kebersihan dan keasrian alam, ya. Sekian juga pembahasan kali ini, jika bermanfaat bisa kamu share ke teman-teman. Terutama informasi terkait paket liburan yogyakarta murah Widyaloka Biro Tour Terpercaya yang menawarkan trip Pantai Drini dan ke tempat wisata menarik lainnya.