Beranda » Wisata Jogja » Pantai Indrayanti | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai di Gunungkidul yang cukup banyak didatangi wisatawan. Hal tersebut tentu erat kaitannya dengan keindahan alam pantai yang menakjubkan. Saat pertama kali datang, anda akan disambut dengan bentang alam yang indah berupa pantai dengan air yang biru lengkap dengan pasir putihnya. Sangat pas untuk memanjakan mata. Terlebih jika anda sehari-hari selalu disibukakn dengan berbagai aktivitas yang padat.

Semakin penasaran dengan keindahan Pantai Indrayanti? Yuk simak terus ulasan berikut ini.

Hal Menarik

Banyak hal menarik yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke pantai satu ini. Menikmati keindahan pantai dengan pemandangan yang bersih tentu menjadi aktivitas menyenangkan. Oiya, jika anda tidak terbiasa dnegan terik matahari, anda tetap bisa menimati keindahan pantai dengan menyewa paying lengkap dengan alasanya. Jasa penyewaan paying ini bisa anda temukan di sekitar tempat wisata. Mengenai harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp. 20.000.

Pantai-Indrayanti

Keindahan Pantai Indrayanti Gunungkidul

Selain menyewa payung, anda juga bisa menyewa gazebo. Gazebo disewakan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 30.000. Dari gazebo anda bisa menikmati keindahan pantai bersama dengan orang-orang tersayang. Tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan?

Tidak berhenti sampai disitu saja. Di Pantai Indrayanti anda juga menikmati keseruan bermain jet sky. Namun harga sewanya lumayan menguras kantong. Untuk menikmati keseruan bermain jet sky selama 15 menit anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 250.000. Tentu, hal tersebut akan sepadan dengan pengalaman yang anda dapatkan nantinya.

Dari semua kegiatan menyenangkan tersebut kurang lengkap rasanya jika tidak ditutup dengan menikmati kuliner di sekitar tempat wisata. Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang dijajakan di sepanjang pantai. Mengenai harganya juga terjangkau. Mulai dari Rp. 10.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Pantai-Indrayanti

Sunset di Pantai Indrayanti

Tidak lupa juga, sunset yang ada di sekitar pantai juga tidak kalah indahnya. Sangat sayang jika anda lewatkan begitu saja. Jangan lupa ya membawa kamera untuk mengabadikan momen indah bersama dengan orang-orang tersayang.

Sejarah Pantai yang Menarik

Datang ke sebuah tempat wisat tentu sangat kurang lengkap jika tidak mengetahui sejarahnya. Terkait dengan hal ini, ternyata Pantai Indrayanti memiliki sejarah yang sempat menjadi kontroversi antara pengelola keraton dengan pemerintah daerah setempat. Konon, nama resminya Pantai Pulang Syawal.

Indrayanti sendiri merupakan nama sebuah kedai yang manjual makanan dan minuman. Asal namanya jiga cukup unik. Yaitu berasal dari suami istri Pak Indra dan Bu Yanti. Dibandingkan nama aslinya, nama Indrayanti lebih dikenal masyarakat luas.

Pantai-Indrayanti

Pantai Indrayanti

Bergantinya nama pantai dianggap menyalahi aturan. Hingga akhirnya menimbulkan polemik antara pengelola, pihak keraton dengan pihak pemerintah daerah. Bahkan saking kontrovesialnya, sempat juga muncul isu penutupan pantai ini.

Akan tetapi, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya. Hal tersebut juga tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan. Bahkan, dari waktu ke waktu, kunjungannya semakin meningkat. Terlebih saat akhir pecan atau hari libur.

Lokasi

Mengenai lokasinya, Pantai Indrayanti ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda bisa menemukan lokasinya dengan mudah melalui Google Maps atau Waze.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk : Rp. 10.000
  • Sewa Gazebo : Rp. 30.000
  • Sewa paying pantai : Rp. 20.000
  • Toilet dan kamar mandi : Rp. 2.000 – Rp. 5.000
  • Penyewaan Jetski : Rp. 250.000/15 menit

Mengenai harganya masih murah dan terjangkau, tanpa perlu mengeluarkan budget yang tinggi anda semua sudah bisa menikmati berbagai pemandangan pantai lengkap dengan fasilitas yang memadai.

Rute menuju Lokasi

Mengingat lokasinya yang berada di ujung selatan, tentu akses menuju lokasi juga lumayan jauh. Terhitung jaraknya kurang lebih 70 km dari kota Jogja. Terdapat dua rute yang bisa anda jadikan pilihan. Pertama, untuk rute umum, Anda bisa melewati jalan Wonosari (ringroad timur Yogyakarta)  Piyungan -> Patuk -> Wonosari -> Karangrejek -> Hargosari -> Tepus lalu ikuti petunjuk arah menuju pantai Indrayanti.

Untuk jalur alternatif, Anda bisa melewati Jalan Imogiri -> Siluk -> Panggang -> Saptosari -> Trowono -> Baron. Dari area pantai Baron, 10 km ke arah timur adalah pantai Pulang Syawal atau ndrayanti.

Jika anda baru pertama kali datang dan kebetulan bukan asli Jogja, sebaiknya memilih rute Wonosari. Oiya, jika igin menikmati perjalanan lebih simpel anda bisa menggunakan jasa paket wisata Jogja. Banyak sekali agen perjalanan yang siap menemani perjalanan anda ke Pantai Indrayanti.

Harga Penginapan

Jika anda datang dari luar kota, tentu akan melelahkan jika langsung meneruskan perjalanan. Terkait dengan hal ini, memesan penginapan di sekitar pantai bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak penginapan yang bisa anda jadikan pilihan, mengenai harganya juga cukup bervariasi.

Oiya, sebaiknya anda melakukan pemesanan penginapan jauh-jauh hari ya,, supaya mendapatkan harga yang lebih miring. Jika menginap, jangan lupa untuk menikmati keindahan bintang pada malam hari ya.. Dijamin, anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan sepanjang hidup.

Pusat Oleh-Oleh Sekitar Pantai

Datang ke lokasi wisata tanpa membawa cindera mata tentu sangat kurang lengkap sekali. Tenang, di sekitar pantai anda akan menemukan berbagai pedagang yang menjajakan cindera mata, mulai dari baju pantai, aksesoris hingga makanan khas.

Mengenai harganya juga cukup terjangkau. Terlebih jika anda memiliki skill menawar yang mumpuni. Tapi tentu, dengan penawaran yang wajar ya..

Cukup menarik bukan pembahasan mengenai Pantai Indrayanti? Jangan tunggu lama-lama, langsung saja agendakan liburan anda sekarang juga bersama paket wisata Jogja dari Widyalokawisata. Selamat berlibur, have fun…

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.