Beranda » Wisata Jogja » Pantai Jungwok | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Pantai Jungwok – Kota Yogyakarta memiliki begitu banyak destinasi wisata alam mulai dari Pantai Siung, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal dan masih banyak pantai-pantai lainnya. Pantai-pantai tadi merupakan beberapa pantai yang sudah sangat dikenal dan cukup popular di telinga para wisatawan. Akan tetapi diantara pantai tersebut terdapat pantai tersembunyi dengan menyimpan keindahan.

PANTAI-JUNGWOK

Pantai dengan Sejuta Pesona Keindahan

Pantai tersebut masih tergolong perawan yang pastinya juga memiliki keunikannya sendiri, pantai tersebut adalah Pantai Jungwok. Pantai ini tidak jauh dari lokasi Pantai Wediombo, Anda hanya butuh berjalan kaki untuk dapat sampai ke pantai indah satu ini. Hamparan pasir yang melengkung dan dihiasi oleh hijau dedaunan serta perbukitan membuat pantai tersebut banyak diburu oleh para wisatawan.

Ingin melakukan wisata dengan mudah dan menyenangkan? Langsung saja pesan paket wisata Jogja 3 hari 2 malam di Widyalokawisata.

Hal Menarik

Memiliki Tiga Arus Sungai

Terdapat tiga aliran sungai yang bermuara ke laut Pantai Jungwok. Kondisi tersebut seakan menciptakan pesona sendiri, dengan pantai yang terbelah menjadi tiga bagian sekaligus.

Disini juga menjadi pertemuan antara air tawar yang didatangkan melalui sungai dengan air asin yang berada di laut sebagai muara dari sungai tersebut.

Garis Pantai yang Melengkung

Di pantai ini Anda akan menyaksikan keindahan alam yang terbentuk secara alami seperti bentuk garis pantai yang melengkung dan terlihat begitu eksotis, ditambah jika menyaksikannya dari jauh atau dari ketinggian. Dengan bentuk sepertilah awal mula pantai tersebut diberi nama Jungwok.

Memiliki garis pantai yang eksotis serta dipadu dengan hamparan pasir putih nan bersih berhasil membuat suasana nyaman dan damai bagi para pengunjung yang datang. Disini Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain voli, bermain pasir, atau sekedar bermain air laut di tepian pantai.

Tempat Berkemah

Pantai tersebut juga sering digunakan sebagai lokasi berkemah sebab memang dibantu dengan suasananya yang lumayan sepi dan juga damai. Untuk perlengkapan atau kebutuhan camping para pengunjung harus membawanya sendiri dari rumah karena disini Anda tidak akan menemukan jasa penyewaan alat camping,

Meski begitu, para pengunjung tetap harus menjaga kebersihan. Apabila Anda berkemah dan membutuhkan kayu bakar sebagai penghangat atau untuk keperluan membuat hidangan, Anda bisa membelinya ke warga sekitar yang menyediakan kayu bakar. Tidak disarankan bagi pengunjung yang mencari kayu bakar di hutan atau ladang yang ada diwilayah pantai tersebut.

Pemandangan Pulau Kecil

Ketika Anda telah berada di pantai ini, Anda akan melihat sebuah pulau kecil yang berdiri di tengah laut. Pulau dengan dipenuhi tumbuhan hijau membuat keindahan laut semakin bertambah. Para wisatawan dapat memaksimalkan kehadiran pulau kecil ini sebagai latar belakang untuk berfoto atau sebagai obyek fotografi.5. Pemandangan Batu Karang

Ketika berada di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan pemadangan batu karang yang besar dan membentang ditengah laut luas. Karang tersebut biasa dikenal dengan batu topi atau watu topi dalam bahasa Jawa bagi masayarakat setempat. Lokasi batu ini biasa dijadikan arena memancing bagi warga serta beberapa pengunjung.

Pesona Laut yang Biru

Laut di pantai indah satu ini memiliki warna air kebiruan yang cerah, tidak terlihat sampah yang biasanya berserakan yang ada di pantai-pantai lain pada umumnya. Kondisi ini menjadikan laut di wilayah tersebut terlihat sangat bersih dan juga alami.

Dengan memiliki kondisi laut dan pantai yang bersih, hal tersebut bisa dijadikan daya tarik tersendiri dan pastinya akan menambah keindahan yang dapat dirasakan oleh setiap wisatawan yang datang.

Ketika berada di pantai ini, Anda dapat bermain air di tepian laut, bermain pasir, bersantai di pinggir pantai sambil mengabadikan moment dengan berfoto bersama keluarga, teman atau kekasih.

Fasilitas

PANTAI-JUNGWOK

Promo : Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam

Sebagai salah satu pantai yang tersembunyi, membuat pantai tersebut mempunyai fasilitas terbatas. Disini hanya tersedia fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi. Untuk soal hidangan atau kuliner hingga saat ini belum tersedia warung yang menjual kebutuhan tersebut. Maka dari itu sebaiknya bawalah segala kebutuhan ketika akan mengunjungi pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk

PANTAI-JUNGWOK

Harga tiket masuk tentunya sangat murah yakni hanya Rp 5.000/orang dan retribusi ini juga sudah termasuk Pantai Wediombo, sebab lokasi kedua pantai tersebut bersebelahan. Sementara itu bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi sepeti motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp 5.000.

Rute

Rute agar dapat sampai ke Pantai Jungwok dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa motor ataupun mobil.

Bila dari pusat Kota Yogyakarta Anda langsung ambil Jalan Bausasran lurus sampai ke SMA Negeri 8 Yogyakarta kemudian PLN Yogyakarta lalu Jalan Nasional III setelah itu mengarah ke Jalan Wonosari dan ikuti terus jalur Jalan Kiyai Legi, Jalan Pantai Selatan, Jalan Wediombo baru Anda sampai ke lokasi.

Untuk jalur dari Bantul, Anda bisa memulai perjalanan dengan melewati Jalan Imogiri Timur, Playen Dlingo kemudian Jalan Kiyai Lagi, Jalan Pantai Selatan, Jalan Wediombo tidak jauh dari sini Anda akan sampai ke lokasi.

Bagi Anda yang datang dengan menggunakan transportasi umum, Anda dapat memulainya dari terminal Giwangan. Dari terminal Anda akan dibawa dengan menggunakan bis menuju Desa Jepitu, dari Desa Jepitu Anda bisa menyambung menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Baca Juga : Pantai Kesirat

Tips Berlibur

Agar liburan Anda bisa maksimal ketika berlibur ke pantai ini, dibawah terdapat beberapa tips wisata yang mungkin bisa menjadi acuan untuk Anda yang baru akan mencoba berlibur ke pantai satu ini.

  • Datang dalam kondisi fit
  • Pastikan kendaraan juga dalam kondisi siap
  • Upayakan untuk membawa kendaraan pribadi daripada transportasi umum
  • Bawalah bekal sendiri dari rumah
  • Membawa peralatan dan kelengkapan camping bila ingin berkemah
  • Jagalah kebersihan

Demikianlah artikel mengenai salah satu pantai tersembunyi yang ada di Kota Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dikemudian hari ketika bingung memilih atau ingin mencari informasi tentang Pantai Jungwok.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.