Pantai Ngetun – Yogyakarta memang terkenal sebagai salah satu daerah yang menyimpan wisata pantai dengan pemandangan indah. Pantai yang ada di Yogyakarta, terutama di Kabupaten Gunung Kidul terkenal tidak kalah indah dari Bali dan Lombok. Ada banyak sekali pantai yang ada di Gunung Kidul dan beberapa masih tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Ngetun yang masih tidak banyak orang tahu. 

Sekilas Tentang Pantai Ngetun di Gunung Kidul 

Pantai Ngetun belakangan ini sendiri menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berlibur. Terutama untuk para anak muda, karena memiliki daya tarik yang sangat unik. Terlebih ada banyak hal unik yang bisa kamu temukan selama menikmati keindahan alam di Pantai Ngetun. 

Pantai Ngetun Gunungkidul

Nama dari Pantai Ngetun juga ternyata juga ada ceritanya. Ngetun sendiri memiliki arti mengintip, dimana memang luas dari pantai ini tidak begitu besar. Hanya seperti sebuah teluk kecil yang dikelilingi oleh tebing tinggi. Pemandangan di Pantai Ngetun ini jelas sangat luar biasa dan sangat tenang. Tidak hanya itu saja, pantai ini pun termasuk sangat bersih karena memang masih dijaga dengan baik oleh warga sekitar. 

Daya Tarik dari Pantai Ngetun di Gunung Kidul 

Semua pantai yang ada di Gunung Kidul memang sudah sangat terkenal karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Termasuk Pantai Ngetun yang memiliki sebuah keunikan sendiri dan berbeda dari pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Adapun beberapa daya tarik dari Pantai Ngetun yang perlu kamu tahu, yaitu sebagai berikut:

Pemandangan Pantai yang Diapit Bukit

Daya tarik utama dari Pantai Ngetun adalah dari pemandangannya yang terbilang tidak biasa dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Pantai Ngetun letaknya sendiri terkesan tersembunyi karena diapit dua bukit besar. Tentu saja ini membuat pemandangan di Pantai Ngetun sangatlah eksotis. 

Pantai Ngetun

Dua bukit besar yang ada di Pantai Ngetun ini pun ditumbuhi tumbuhan hijau yang membuat pemandangan menjadi sangat berbeda. Selama kamu berada di Pantai Ngetun, jelas kamu bisa menikmati suasana alami yang menenangkan. Tidak heran jika lokasi pantai yang satu ini populer di kalangan anak muda. 

Menikmati Camping 

Meski memiliki garis pantai yang tidak begitu panjang dan terkesan kecil, tapi nyatanya Pantai Ngetun bisa jadi lokasi untuk camping. Pihak pengelola dari Pantai Ngetun telah menyediakan sebuah camping ground yang dapat disewa. Tentu saja, selama camping di Pantai Ngetun akan sangatlah menyenangkan dan seru. 

Mengingat suasana dari Pantai Ngetun yang masih terbilang tenang dan tidak banyak yang mengunjungi. Selama kamu camping di Pantai Ngetun pun tidak perlu mengkhawatirkan keamanannya. Hal ini karena warga sekitar akan membantu menjaga sehingga camping yang kamu lakukan akan semakin seru. 

Keindahan Sunset dan Sunrise 

Kamu yang berkunjung di Pantai Ngetun pun berkesempatan untuk menikmati keindahan pemandangan sunset dan juga sunrise. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat fajar dan senja di Pantai Ngetun ini sangatlah indah. Kamu yang ingin menikmati sunrise di Pantai Ngetun, maka bisa sembari camping. 

Sedangkan untuk kamu yang ingin menikmati keindahan sunset, maka bisa datang di saat musim kemarau. Saat senja pemandangan di Pantai Ngetun akan membuatmu terpesona. Dengan langit yang berwarna jingga orange, sudah pasti akan membuatmu jatuh cinta dengan pemandangan yang tersaji. 

Trekking ke Puncak Bukit 

Daya tarik lainnya yang ada di Pantai Ngetun adalah kamu bisa trekking ke atas bukit. Seperti yang sudah disebutkan kalau Pantai Ngetun diapit oleh dua bukit hijau besar. Dimana kamu bisa trekking ke atas puncaknya dan menikmati keindahan keseluruhan pantai dari ketinggian. Di atas bukit ini pun kamu juga bisa berfoto dan menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dari lokasi ini. 

Alamat dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngetun 

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Pantai Ngetun dengan sewa mobil jogja, maka alamatnya lengkapnya adalah di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari tengah kota sendiri akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam mengingat jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 70 km. Jam operasional dari Pantai Ngetun juga 24 jam, sehingga kamu dapat mengunjunginya kapan saja. 

Nah, kamu yang ingin mengunjungi Pantai Ngetun pun juga tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Tapi, bagi yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Untuk motor, biaya parkirnya adalah Rp. 3.000 dan mobil adalah Rp. 5.000. Bagi yang ingin camping, bisa langsung bertanya kepada pihak pengelola di Pantai Ngetun. 

Pantai Ngetun memang menjadi wisata pantai tersembunyi yang memiliki keindahan sangat luar biasa. Kamu pun bisa mengunjungi pantai ini bersama dengan Widyaloka Wisata. Kami akan mengantarkanmu ke Pantai Ngetun atau lokasi wisata lain yang ada dalam paket wisata ke Yogyakarta yang akan memberikan kenangan tidak terlupakan.