Beranda » Wisata Jogja » Santai Asik di Pantai Ngetun Gunung Kidul

Pantai Ngetun – Buat kalian yang ingin pergi liburan dan mencari tempat berlibur yang seru bersama keluarga, kerabat, teman atau pasangan kalian. Kami merekomendasikan tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyediakan destinasi wisata pantai.

PANTAI-NGETUN

Pesona Pantai yang dimiliki oleh Gunung Kidul ini memang mampu mengalihkan dunia. Kami sarankan untuk mengunjungi Pantai Ngetun yang memiliki keindahannya yang sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata.

Objek wisata pantai ini adalah sebuah teluk yang berbentuk kecil. Karena bentuk teluk yang kecil maka banyak warga sekitar yang menamai wilayah ini bernama Ngitun.

Dengan sejarah, cerita misteri dan mitos yang dimiliki Pantai Ngitun membuat daya tarik tersendiri kepada wisatawan karena merasa penasaran dengan wisata ini.

Hal yang sulit dilupakan adalah ciri khas pemandangan perbukitan hijau yang memiliki ciri khas yang berbeda yaitu  masih terlihat dan terkesan alami. Karena adanya perbukitan yang mengelilingi Pantai hal tersebut yang membuat Pantai terlihat seperti teluk yang kecil.

Dengan perpaduan pasir yang berwarna putih dan pasir yang masih sangat halus dan lembut membuat pemandangan semakin indah dan mengesankan.

Daya Tarik Wisata

PANTAI-NGETUN

Saat anda menginjakkan kaki untuk pertama kali disini, anda akan langsung disambut dengan pemandangan laut yang biru seakan seperti cerminan langit Gunung Kidul yang biru saat itu. Anda juga akan disambut dengan kicauan burung yang membuat suasana hati merasa tenang, damai dan merasa sangat teduh.

Meskipun di Pantai Ngetun belum tersedia saung atau gubug untuk anda beristirahat, anda bisa memanfaatkan pepohonan yang menjulang tinggi yang berada dibawahnya sehingga menghadirkan kesejukan. Kesejukan akan semakin terasa jika anda menikmati di pantai ini pada saat siang hari.

“Baca Juga: Pantai Watu Kodok

1. Memancing di Pantai

Meskipun wisata pantai ini kecil, banyak wisatawan yang datang kesini untuk memanfaatkan hobi memancing atau untuk mencari ikan-ikan. Karena, tidak hanya ikan kerapu, nila, kakap saja yang bisa anda temui di pantai ini. tetapi aneka lobster juga menarik untuk dipancing.

2. Melihat Beragam Penyu

Terdapat banyak berbagai macam penyu yang menjadikan pantai ini tempat untuk bertelur. Anda juga bisa melihat berbagi macam aktifitas penyu. Tempat wisata  ini masih terbilang sepi oleh karena itu banyak penyu di pantai ini sehingga menjadi tempat untuk berkembang biak.

Tetapi, tidak disarankan untuk anda terlalu mendekat ke penyu-penyu ini dikhawatirkan mengganggu proses bertelurnya. Anda juga bisa melihat aneka ragam biota laut yang terlihat saat air laut sedang surut. Seperti ganggang laut dan rumput laut yang terlihat sangat nyata dan indah.

3. Melihat Banyak Lobster

Jika kalian ingin melihat bermaca-macam telur lobster datang ke Pantai satu ini merupakan solusinya.  Cobalah untuk mencari telor lobster tersebut di bawah dua gunung buah bukit. Disitulah kalian akan menjumpai telur lobster yang berlimpah.Karena banyaknya telut lobster yang berlimpah tak jarang warga asli daerah sekitar untuk memanfaatkan telut-telut lobster tersebut.

4. Camping

Walau pantai ini tidak terlalu luas, tetapi sudah disediakan sarana untuk anda yang ingin mendirikan tenda disini. Menikmati malam yang dingin bersama dengan desiran ombak di laut dan taburan bintang-bintang.

Fasilitas

Fasilitas yang di tawarkan  sudah sangat cukup memadai mekipun wisata belum ramai. akan tetapi, fasilitas yang tesedia di pantai ini dapat membuat nyaman wisatawan yang berkunjung fasilitas diantaranya:

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman

Harga Tiket Untuk Masuk

PANTAI-NGETUN

Untuk mengunjungi objek wisata ini tidak memerlukan biaya yang mahal dan tidak akan merasa rugi. Karena, harga tiket masuknya gratis atau tidak bayar tiket sama sekali. Akan tetapi, jika anda membawa mobil atau motor wajib untuk membayar uang parkir sebesar 5 ribu untuk anda yang membawa mobil dan 3 ribu untuk anda yang menggunakan sepeda motor.

Nah, cukup murah bukan dengan hanya membayar uang parkir anda bisa menikmati pesona alam yang ada. Jadi, jangan sampai anda ke Yogyakrta khususnya ke Gunung Kidul tidak mengunjungi tempat wisata ini ya.

Lokasi dan Rute 

Alamatnya terletak di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila anda berangkat dari Stasiun Yogyakarta, membutuhkan waktu 2 jam 15 menit. Dan, menempuh jarak 76 km.

Rute menuju lokasi  bisa melalui Yogyakarta – Wonosari – Jalan Panta Baron – Pertigaan Mulo – Kecamatan Tepus – Indrayanti – Pok Tunggal – Seruni – Hingga tiba di Objek wisata Ngetun.

Jalan menuju pantai dengan keluar dari Stasiun Yogyakarta menuju ke  jalan ring road  timur sejauh 71 km. Kemudian, ikuti beberapa papan petunjuk yang akan mengarahkan anda menuju ke objek wisata ini. Cukup mudah bukan menuju ke tempat ini.

Tips Berwisata

Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar perjalanan liburan anda menjadi lancar. Berikut tipsnya:

  1. Sebelum pergi ke pantai, disarankan bagi anda untuk makan terlebih dahulu. Agar kondisi anda fit.
  2. Cek terlebih dahulu kondisi kendaraannya. Dimana, jalan yang harus anda lalui memang kurang terlalu bagus. Sehingga, membutuhkan kendaraan dengan kondisi yang baik. Selain itu, jalanan yang sebagian masih berbatu membuat ban rawan bocor.
  3. Siapkan tenaga lebih untuk mendorong motor. Jangan lupa pula untuk membawa bekal makan dan minum, karena belum terlalu banyaknya warung-warung di sepanjang jalan menuju Pantai Ngetu.
  4. Menyiapkan peralatan atau kebutuhan jika ingin camping.
  5. Menggunakan alas kaki yang nyaman.
  6. Membawa pakaian ganti.
  7. Menjaga kebersihan lingkungan.
  8. Membawa kamera dan powewrbank untuk keperluan charger.

Pantai Ngetun ini adalah keindahan yang sangat sempurna dari Yogyakarta khususnya daerah Gunung Kidul. Keindahan biota lautnya memang tidak bisa dihindarkan. Ayo kunjungi objek wisata ini dengan paket wisata Jogja dari Widyalokawisata dan jangan lupa ajak teman, sahabat, dan juga keluarga agar tempat ini semakin diketahui oleh wisatawan di seluruh penjuru nusantara.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.