Pantai Slili – Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan Pantai Slili? Walau garis pantainya yang pendek, Pantai Slili telah dikaruniai biota laut dan batu karang yang menawan. Nah, bagi kamu yang belum pernah mendengar nama pantai ini wajib sekali datang ke sini. Namun sebelum berangkat, simak terlebih dahulu pembahasan berikut.

Daya Tarik Pantai Slili

Pantai Slili adalah tempat bersantai sambil menikmati indahnya hamparan pasir putih dan laut selatan yang bertemu dengan langit biru. Hal lain yang membuat pantai ini semakin menawan adalah dua bukit hijau di sisi kanan maupun kiri.  Suasana pantai pun terasa asri dan teduh berkat keberadaan gazebo-gazebo. Dari sejak mendekati kawasan pantai ini, kamu bisa melihat banyak kegiatan menarik. Seperti:

PANTAI SLILI JOGJA

Menikmati Kuliner

Keindahan Pantai Slili dapat dinikmati sambil makan hidangan khas pantai yang bercita rasa lezat. Ada banyak menu yang bisa dicoba, seperti seafood, tempe mendoan, fish ball, dan lain-lain. Sedikit tips agar tidak mendapat harga mahal ketika menyantap kuliner Pantai Slili adalah dengan menanyakan harga terlebih dahulu. Jika sesuai dengan isi kantong, baru pesan makan dan minum sekenyang-kenyangnya.

Menjelajahi Bukit

Area bukit sekitar Pantai Slili menjadi jalur trekking yang menantang. Bagi kamu yang suka mencari pengalaman seru dan berkesan, boleh coba kegiatan satu ini. Selama menjelajahi bukit kamu harus tetap berhati-hati agar tidak membahayakan diri sendiri maupun wisatawan lainnya, ya.

Melihat Keindahan Bawah Laut

Pantai Slili memiliki taman bawah laut yang luar biasa. Keragaman biota laut dan keindahan terumbu karang tersebut tentu menjadi agenda wajib untuk snorkeling di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan melihatnya.

PANTAI SLILI

Keindahan bawah laut Pantai Slili dijamin berbeda dari pantai-pantai lain. Untuk peralatan snorkeling tidak perlu membawa milik pribadi karena sudah tersedia tempat persewaan yang lengkap.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Slili

Untuk sampai ke Pantai Slili, arahkan kendaraan ke Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju pantai ini sudah cukup mudah dilalui motor, mobil, maupun bus. Walau ada sedikit jalan kecil yang menanjak dan berkelok, kamu hanya perlu berhati-hati. Jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 70 KM atau kurang lebih 1,5 Jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Berikut beberapa rute menuju Pantai Slili:

  •       Menuju Jalan Imogiri Barat ambil arah Jalan Bakulan Imogiri – belok ke Jalan Imogiri Siluk dan ke Siluk Panggang – lanjut ke arah Jalan Raya Panggang Wonosari dan menuju Jalan Pantai Selatan Jawa – terus mengemudi di jalan tersebut hingga menemukan papan petunjuk arah ke Pantai Slili.
  •       Menuju Jalan Wonosari sampai alun-alun – belok ke Pasar Hargosari dan ambil arah Jalan Baron – lanjutkan perjalanan ke Karangrejek dan ke Mulo – menuju Kemiri dan tiba di Polsek Tanjungsari – ambil arah Kemadang sampai di POS pembayaran retribusi – ambil arah Jalan Pantai Kukup lalu Pantai Krakal – ikuti papan petunjuk arah ke Pantai Slili.

Rute terbaik menuju Pantai Slili bisa diperoleh dari navigasi Google Maps. Bisa juga diantar oleh sopir rental mobil yogyakarta fullday Widyaloka Wisata. Kami siap jemput dari titik kamu berada dan langsung berangkat ke lokasi tempat wisata Gunung Kidul ini.

Jam Buka dan Fasilitas di Pantai Slili

Kamu bisa datang setiap hari ke Pantai Slili, namun usahakan saat musim kemarau agar terhindar dari hujan. Waktu kunjungan wisatawan tour di yogyakarta juga tidak terbatas, hanya saja pantai ini mulai ramai saat sore menjelang malam. Tentu pada saat tersebut, kamu bisa menyaksikan keindahan sunset pantai selatan. Kalau ingin berenang, silahkan datang saat hari masih terang.

Untuk menunjang aktivitas wisata di Pantai Slili, pengelola telah memberikan fasilitas lengkap. Berupa area parkir kendaraan luas, tempat makan, gazebo, hingga penginapan yang tersebar di sepanjang jalan. Ada pula mushola dan toilet bagi kamu yang ingin membersihkan diri setelah basah-basahan. Fasilitas lain yang tersisa adalah tempat penyewaan snorkeling.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Kawasan wisata Pantai Slili menerapkan tarif tiket masuk yang masih sangat terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000, kamu sudah bisa bermain dan berkeliling sepuasnya. Menguntungkannya lagi, tiket yang dibeli merupakan akses ke beberapa pantai keren lainnya. Diantaranya adalah pantai Baron, Pantai Kukup, dan juga Pantai Indrayanti. Sedangkan biaya lainnya yang perlu dipersiapkan pengunjung Pantai Slili adalah:

  •       Spot Foto = Rp. 10.000
  •       Gazebo = Rp. 20.000
  •       Alat snorkeling = Rp. 50.000
  •       Parkir motor = Rp. 2.000
  •       Parkir mobil = Rp. 5.000
  •       Parkir bus = Rp. 20.000

Bagaimana dengan Pantai Slili? Kalau kamu sudah tidak sabar menjelajahi tempat wisata di Jogja, segera hubungi Widyaloka Wisata. Biro perjalanan wisata ini siap memberikan informasi terbaru, paket tour Jogja dengan promo-promo menarik, hingga sewa mobil Jogja 24 jam.