Beranda » Wisata Jogja » Museum Pakualaman | Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk

Museum Puro Pakualaman adalah sebuah bangunan yang di khususkan untuk menyimpan seluruh barang brang peninggalan bersejarah berupa budaya dan sistem pemerintahan Paku Alam.

Menurut data yang sudah akurat bahwa museum ini di bangun pada masa pemerintahan Paku Alam V tepatnya pada tanggal 7 Agustus 1884 dan memiliki luas bangunan 816 m2 dari semua luas bangunan di Puro Pakualaman.

Bangunan museum ini juga pernah mengalami renovasi yaitu sekitar pada tahun 1981 yang kemudian mendapat persetujuan dari Sri Paku Alam serta di bantu juga oleh Pemerintah Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta.

Dengan demikian keberadaan museum ini diperuntukkan bukan hanya untuk menampung barang bersejarah saja melainkan juga sebagai wadah untuk media belajar bagi masyarakat luas yang ada di Indonesia sekalipun Manca Negara.

Hal Menarik

PURA-PAKUALAMAN

Promo Paket Tour Jogja 3 Hari High Season

Seperti halnya sebuah museum yang lainnya, akan tetapi keunikan bangunan Museum Puro Pakualaman ini dipisah menjadi 3 bagian atau ruangan. Maksud dari terbaginya ruangan ini tentunya agar dapat mempermudah bagaimana nantinya semua pengunjung museum memahami berbagai barang barang peninggalan sejarah yang ada di dalam museum ini.

Pada bagian pertama di Museum Pakualaman menyajikan sebuah daftar keturunan atau silsilah keluarga dari Paku Alam. Silsilah tersebut pun juga merupakan paparan atau penjelasan bagaimana dan seperti apa garis keturunan dan juga kisah kisahnya.

Selain itu juga terdapat beberapa dokumen dokumen yang menerangkan sebuah perjanjian bersama Negara Inggris dan Negara Belanda dalam bentuk kerjasama di bidang politik serta terdapat foto foto yang terlampir pada jaman itu. Di ruangan bagian pertama ini juga terpampang jelas sebuah denah keseluruhan kawasan Puro Pakualaman.

Pada bagian selanjutnya, yaitu bagian ke dua menyajikan perlengkapan dan peralatan yang pada jaman dahulu sempat di pakai pada jaman kejayaan Puro Pakualman.

Selain perlengkapan dan peralatan di ruangan ke dua ini terdapat beberapa koleksi kostum untuk menari, pakaian untuk para prajurit perang ataupun hanya untuk prajurit penjaga. Pakaian untuk permaisuri Pangeran Adipati Praja Pakualaman, pakaian Pangeran Adipati Puro Pakualaman sendiri, pakaian para Abdi Dalem, serta busana Bedoyo Samgita Hasta.

PURA-PAKUALAMAN

Pada bagian yang terakhir, yaitu bagian ke tiga merupakan sebuah ruangan yang memamerkan sebuah alat transportasi berupa kereta kuda yang bernama Kereta Kiai Manik Koemolo. Alat transportasi berupa kereta kuda ini adalah sebuah pemberian sebagai hadiah dari Raffles untuk Paku Alam. Menurut data bahwasanya keberadaan kereta kuda ini di berikan oleh Raffles kepada Paku Alam sekitar pada tahun 1814.

Selain tempat tersebut yang bisa di jadikan hal menarik ternyata di museum ini juga terdapat sebuah tempat meditasi bagi Raja yang biasa digunakan yaitu berupa sebuah tempat dibawah pohon besar yang kemudian diberi nama Gandaria.

Baca Juga : Belajar Sejarah di Museum Sonobudoyo

Lokasi dan Rute

Lokasi Museum Puro Pakualaman ini sangat mudah untuk dikunjungi. Terletak di wilayah Kota Yogyakarta yang tepatnya berada di Jalan Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk akses museum ini pengunjung bisa saja langsung menggunakan layanan online berupa Google Maps atau langsung saja datang ke museum.

Rute yang diperlukan untuk sampai ke museum bisa berbeda beda. Pengunjung bisa saja melalui perjalanan dari arah mana saja, mengapa demikian? Karena lokasinya yang berada di tengah Kota membuat letaknya mudah di jangkau dari arah mana saja.

Jika melakukan perjalan dari titik pusat Kota Yogyakarta yaitu di titik 0 km (nol kilometer) maka lakukan perjalan ke arah timur dengan melintasi Jalan Panembahan Senopati kemudian terus hingga kira kira sekitar 1,3 Kilometer dengan melintasi 3 buah lampu merah dan selanjutnya ikuti papan penunjuk arah yang ada hingga sampai ke lokasi museum.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk harga tiket masuk museum ini sebetulnya tidak dikenakan biaya namun di museum ini di sediakan sebuah wadah untuk menampung atau jika ada yang ingin memberi biaya secara suka rela.

Untuk biaya parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000,- bagi kendaraan roda 2 sedangkan untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-.

Tips Berkunjung

Untuk berkunjung ke museum ini sebaiknya menggunakan pakaian yang sopan serta juga menjaga tata krama yang baik dikarenakan tempat wisata ini menyimpan beberapa macam barang barang peninggalan sejarah. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana cara untuk menjaga rasa kesopanan selain kepada sesama manusia yang mana juga hal tersebut itu menjadi budaya bagi masyarakat setempat dan masyarakat Kota Yogyakarta pada umumnya.

Hindarilah berucapan yang tidak baik atau menyentuh barang barang yang ada di dalam museum agar bisa terhindar dari kerusakan kerusakan yang tidak di inginkan serta hal itu merupakan bagaimana cara kita untuk melestarikan penyimpanan barang kearifan budaya Nusantara hingga anak cucu kelak.

Paket Wisata Jogja Pura Pakualaman

Dikarenakan letaknya yang strategis membuat lokasi museum ini sangat mudah ditemukan. Meskipun demikian, bagi yang belum pernah berkunjung atau yang baru pertama kali datang ke Jogja tentu akan merasa sulit untuk menemukan.

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Tidak enak kan liburan menjadi terhambat hanya karena persiapan yang kurang tepat. Untuk itu semua, kami sarankan untuk menggunakan paket wisata Jogja 3 hari 2 malam dari Widyalokawisata.

Banyak sekali pilihan destinasi yang akan Anda dapatkan, salah satunya berkunjung ke Museum bersejarah satu ini. Selain itu, dengan menggunakan paket wisata, Anda juga akan dimudahkan untuk melakukan perjalanan keliling kota Jogja.

Di samping itu juga, dengan memesan paket wisata, Anda juga akan dimudahkan untuk mendapatkan akses menginap di hotel  dekat Stasiun Tugu.

Penutup

Berbagai macam destinasi wisata memang cukup menarik perhatian bagi setiap para pengunjung. Entah itu dari kalangan anak-anak bahkan hingga yang renta. Dengan keberadaan wisata museum ini bisa dijadikan sebagai wadah untuk melestarikan kebudayaan yang Kita miliki, hingga kemasa nanti bagi penerus Kita serta menjadi sebuah wawasan yang baik bahwasanya tempat dimana Kita dilahirkan sangat memiliki nilai budaya yang tinggi.

Dengan keberadaan Museum Puro Pakualaman ini sangat membantu bagi masyarakat serta pemerintahan untuk turut mempelajari asal usul dan kemegahan nilai budaya yang Kita miliki.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.