Sumber Sira merupakan wisata rekreasi Malang berupa kolam air yang dikelilingi banyak pepohonan. Disini kamu bisa berenang bersama ikan-ikan kecil atau berburu foto instagramable. Kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan khas pedesaan yang jarang ada di daerah perkotaan. Selain itu, kawasan wisata Sumber Sira menawarkan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan.

Berikut informasi mengenai daya tarik, lokasi, jam buka, fasilitas, dan harga tiket masuk Sumber Sira.

Daya Tarik Sumber Sira

Sumber Sira Putukrejo

Sumber Sira Putukrejo

Sumber Sira termasuk destinasi wisata baru di Malang karena baru diresmikan pada tahun 2021. Tentu ada sejumlah daya tarik yang bisa dinikmati para pengunjungnya. Seperti:

Snorkeling

Pesona alam Sumber Sira bisa dinikmati dengan kegiatan snorkeling seru. Banyak wisatawan mencoba snorkeling tanpa melewatkan kesempatannya begitu saja. Di Sumber Sira kolam airnya begitu jernih, dengan kedalaman 8-15 meter yang banyak ditumbuhi tanaman air. Pemandangan ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto-foto. Apalagi saat melihat ikan-ikan kecil berenang pada air yang berwarna kebiruan. Untuk peralatan snorkeling bisa disewa di rumah-rumah penduduk desa atau membawa milik pribadi.

Sumber Sira Putukrejo Malang

Sumber Sira Putukrejo Malang

Berburu Kuliner

Setelah puas snorkeling, kamu bisa mengisi perut yang lapar pada kedai makan di Sumber Sira. Beberapa menu yang disediakan yaitu soto daging dan mie instan yang enak dimakan saat udara sejuk. Harganya pun murah, mulai dari Rp. 10.000 saja. Selain itu, kamu bisa menghilangkan rasa haus dengan menikmati minuman segar atau minuman hangat.

Dikelilingi Hutan

Wisata Sumber Sira dikelilingi hutan yang masih alami. Terdapat juga perkebunan kelapa, tebu, dan sawah milik warga. Pemandangan asri di Sumber Sira ini tak hanya indah dipandang, namun juga menjaga kelangsungan sumber air.

River Tubing

Jika tidak ingin menyelam ke dasar kolam Sumber Sira, kamu bisa melakukan olahraga River Tubing. Kegiatan ini dilakukan dengan menyusuri aliran sungai menggunakan ban atau tub. Saat ini, River Tubing menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan di Sumber Sira. Saking tingginya minat, ada banyak wisatawan yang rela mengantri agar bisa mencoba kegiatan seru ini.

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Sira

Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Sunan Kalijaga I, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang, Jawa Timur. Kamu akan tiba dalam waktu 45 menit berkendara, karena jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Malang. Yakni sekitar 19 KM, untungnya akses jalan sudah sangat baik. Untuk rute menuju Sumber Sira bisa mengikuti instruksi Google Maps.

Kamu tidak akan tersesat karena lokasinya mudah ditemukan. Agar sampai lebih cepat, ikuti petunjuk arah berikut.

  • Berangkat dari Kota Malang ambil arah Jalan J.A Suprapto 1 – lalu ikuti Jalan Raya Surabaya-Malang ke Jalan Dr. Cipto di Rampal Celaket – ambil arah Jalan Trunojoyo ke Jalan Gatot Subroto di Kesatrian – menuju Jalan Kolonel Sugiono lalu ikuti Jalan Adi Mulya – ambil arah Jalan Raya Tambakrejo menuju Jalan Raya Bululawang – mengemudi ke Jalan Raya Krebet Senggrong dan ambil arah Jalan Sunan Kudus di Bulupayung – menuju tujuan Anda di Putuk Utara.

Bila baru pertama kali berkunjung ke Sumber Sira, sebaiknya gunakan jasa driver rental Innova Reborn Malang. Layanan ini bisa kamu pesan melalui agen tour Widyaloka Wisata dengan harga terjangkau. Jika tidak berkenan dengan mobil tersebut, tersedia jenis mobil lain. Diantaranya adalah Brio, Pajero, Fortuner, dan masih banyak lagi yang disewakan.

Jam Buka dan Fasilitas di Sumber Sira

Jam buka Sumber Sira mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Jika ingin mendapatkan view indah, kamu bisa berkunjung pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Kamu juga akan merasakan sensasi air segar dari Sumber Sira. Saat terbaik mengunjungi wisata alam ini adalah pada cuaca cerah. Sumber Sira memang cocok dijadikan tempat healing di tengah aktivitas sehari-hari yang padat.

Sebab sudah dilengkapi fasilitas-fasilitas berikut.

  •       Area parkir motor dan mobil yang luas.
  •       Toilet dan kamar mandi untuk bilas.
  •       Spot foto menarik.
  •       Tempat duduk untuk bersantai.
  •       Gazebo untuk berteduh.
  •       Taman.
  •       Tempat sewa ban pelampung.
  •       Warung wisata.

Harga Tiket Masuk Sumber Sira

Harga tiket masuk serta fasilitas berbayar di objek wisata ini tidak mengeluarkan biaya mahal. Wisatawan cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 50.000 untuk membeli tiket masuk Rp. 5.000, membayar retribusi parkir Rp. 2.000 – Rp. 5.000, dan sisanya untuk keperluan lain.

Demikian ulasan tentang Sumber Sira Malang yang sedang viral. Kamu harus menyempatkan waktu berkunjung jika liburan bersama keluarga. Selain wisata alam ini, temukan tempat wisata menarik lainnya bersama Widyaloka Wisata. Dengan paket tour Malang 1 hari yang sudah termasuk fasilitas transport + BBM + makan, liburan pasti lebih hemat.

By Published On: 9 April 2024Categories: Wisata Malang

Promo Paket Tour Terbaik

  • aktivitas outbound jogja 1
    Outbound 1 Day
    Outbound

    Harga Mulai:

    460000

    340000

  • D_Kaliurang-Resort-Romantic-set-up-room
    3H2M Honeymoon Jogja
    Honeymoon

    Harga Mulai:

    6750000

    5900000

  • aktivitas outbound jogja lava tour merapi
    3H2M Gathering Jogja Paket 2
    Gathering

    Harga Mulai:

    2250000

    1899000

  • Golden-Sunrise-Bukit-Sikunir-Dieng
    3H2M Gathering Dieng
    Gathering

    Harga Mulai:

    1750000

  • outbound-vw safari
    2H1M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    1426000

    1196000

  • gathering-rafting oya
    3H2M Gathering Jogja Paket 1
    Gathering

    Harga Mulai:

    2159000

    1699000