Beranda » Wisata Jogja » Daftar Tempat Wisata Hits di Gunung Kidul untuk Liburan Bersama Keluarga
Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Yogyakarta memang terkenal dengan destinasi wisata yang beragam dan juga sangat menarik. Tidak hanya di kota Jogja, namun di setiap kabupaten yang ada di Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dan wajib kalian kunjungi kalo berlibur ke Yogyakarta. Salah satu kabupaten yang mempunyai destinasi wisata yang menarik yaitu Gunungkidul.

Gunungkidul sendiri merupakan kabupaten yang terletak di sebelah timur kota Jogja. Daftar tempat wisata di Gunngkidul memang sangat lengkap. Salah satunya pantai yang terkenal akan keindahannya.  Tidak hanya pantai, ada beberapa wisata alam juga yang tidak kalah menariknya. Berikut objek wisata menarik yang ada di Gunungkidul.

Bukit Bintang

Objek wisata pertama yang ada di Gunungkidul yang tempatnya tidak jauh dari kota Jogja yaitu Bukit Bintang. Tempat ini biasa menjadi tempat nongkrong anak muda untuk menikmati panorama malam nya Jogja dari atas ketinggian. Kamu akan melihat gemerlap nya bintang yang berasal dari lampu lampu kota dari tempat ini. Tempat ini sangat mudah dikunjungi karena merupakan jalan utama menuju objek wisata yang ada di Gunungkidul.

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo sendiri memiliki daya tarik tersendiri. Keberadaan batu karang besar yang ada di sekitaran pantai bisa dijadikan spot foto yang instagramworthy dan juga tempat untuk memancing. Selain itu terdapat kolam renang yang berada di pantai yang di pisahkan oleh batu karang. Pantai ini berlokasi di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Dari kota Jogja berjarak 1-2 jam dengan kendaraan pribadi. Tiket masuk ke pantai ini yakni Rp 10.000 dan biaya parkir Rp 2.000.

Pantai Indrayanti

Tempat wisata di Gunungkidul satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan keberadaan memiliki pasir putih dan laut biru yang jernih. Pantai Indrayanti  cocok buat kalangan anak muda. Nuansa pantai yang romantic menjadi pilihan anak muda. Mengenai fasilitasnya juga sangat lengkap. Pantai yang terletak di Desa Tepus, Gunungkidul ini berjarak sekita 65 Km dari kota Jogja dan waktuh tempuh kurang lebih 2 jam.

 

Pantai Baron

Pantai Baron terkenal dengan hidangan laut yang fresh dan nikmat. Selain itu, lokasinya yang diapit oleh dua bukit hijau membuat pemandangan alam sangat indah. Terdapat juga aliran sungai yang unik karena terjadi pertemuan air asin dan tawar. Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Gunug Kidul. Selain itu, Pantai Baron juga memiliki fasilitas yang lengkap salah satunya camp ground dan juga mercusuar yang bisa kalian naiki. Tiket masuk pantai ini yakni Rp 10.000 dan biaya parkir mulai dari Rp 2.000 – 5.000.

Pantai Pok Tunggal

Daya tarik pantai ini yaitu biasa dijadikan area camping untuk menikmati keindahan alam pantai dan juga momen sunset. Selain memiliki spot foto yang menarik, di Pantai Pok Tunggal  juga terdapat tebing cocok untuk menguji adrenalin untuk naik dan turun tebing. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini kalian berhati hati terutama yang memakai motor, karena jalan masuk masih belum diaspal dan banyak bebatuan yang tidak rata.

Pantai Jogan

Pantai yang berada di ujung Kota Jogja ini memang tidak begitu terkenal. Akan tetapi, kalau kalian kesini kalian akan dimanjakan dengan pemandangan dan keuinikan pantai ini. Daya tarik pantai ini yaitu adanya air terjun yang langsung mengalir deras dari atas tebing ke bibir pantai. Pantai juga masih terbilang asri karena belum banyak di datangi wisatawan. Kalian cukup membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang untuk menikmati keindahan alam pantai Jogan. Pantai ini berlokasi di kec. Tepus, Gunugkidul.

Pantai Siung

Mengenai lokasinya, juga tidak jauh dari Pantai jogan. Daya tarik pantai ini selain memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang indah, kalian semua bisa melakukan kegiatan panjay tebing. Pemandangan dari atas bukit juga tidak kalah indahnya, serta bisa menjadi spot foto yang instagramable. Kamudian untuk harga tiket masuknya yaitu  Rp 10.000 belum termasuk biaya parkir. Mengenai lokasinya. Pantai Siung  ini berada di Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Pantai Nglambor

Walaupun diapit oleh pantai Siung dan Jogan sehingga garis pantainya tidak panjang namun pantai ini juga tidak kalah menariknya dengan pantai lain. Keindahan bawah lautnya membuat pantai ini cocok buat kalian yang cuka aktivitas snorkeling. Pantai ini juga dipagari oleh batu karang membuat pantai ini terkesan alami, kalian juga dapat menimati keindahan pantainya dari atas bebukitan karang, pantai ini juga cocok buat kalian yang suka tracking.

Pantai Sadranan

Kalau kalian mencari pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah, pantai Sadranan tempatnya. Disini kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas salah satunya snorkeling karena ombak disini tidak terlalu besar. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti gazebo, warung makan, toilet dan lainnya. tiket masuk masuk pantai Rp 10.000 per orang dan belum termasuk biaya parkir. Pantai ini berada Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

 Pantai Ngrenehan

Pantai ini juga terkenal dengan pantai nelayan, karena ketika meamasuki area pantai kalian akan melihat perahu nelayan yang terparkir dipinggir pantai. Panorama pantai yang dikelilingi perbukitan dan karang membuat pantai ini semakin indah. Pantai ini akan lebih indah kalau kalian menikmatinya dari atas bukit. Selain menawarakan keindahan alam disini kalian bisa menikmati sajian buadaya masyaratkat setempat. Pantai ini terletak Desa Kanogoro, Saptosari, Gunung Kidul.

Pantai Timang

Bagi kalian pencinta variety show Korea Running Man pasti familiar dengan pantai ini. Pantai yang pernah menjadi lokasi syuting acara tersebut memiliki daya tarik sendiri yaitu adanya wahana gondola tradisional menuju karang besar yang ada di seberang pantai yang patut kalian coba. Tentu kalian harus punya keberanian buat nyobain wahana ini. Tiket masuk pantai ini cukup murah, tapi tiket naik gondolanya lumayan mahal. Lokasi pantai ini juga dekat dengan pantai Sadranan.

Pantai Gesing

Pantai ini memang tidak setenar pantai lainnya namun pemandangan alam disini juga tidak kalah indahnya. disini kalian bisa melakukan beberapa aktivisa seperti memancing, berfoto, menikmati kuliner dengan pemandangan yang indah. Pantai ini juga menjadi spot yang pas buat menikmati momen sunset. Fasilitas yang ada disini juga cukup lengkap. Dengan biaya tiket masuk yang murah kalian dapat menikmati pesona yang ada.

Pantai Ngobaran

Pantai ini menawarkan pemandangan berbeda dari pantai lainnya dimana pantai ini tidak memiliki pasir putih melainkan tebing tebing curam yang membuat pemandangan dari sini sangat eksotis. Selain itu hal yang menarik dari pantai ini adanya bangunan Pura dan Musholla membuat perbedaan itu bisa menjadi suatu hal yang indah. Tiket masuk pantai ini sangat murah yaitu Rp 5000.  Pantai dengan nuansa Bali ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Butuh Gunungkidul

Bagi kalian penyuka wisata alam pantai namun tidak terlalu rame, tempat ini bisa menjadi alternative kalian untuk berlibur. Suasana di pantai ini sangat cukup tenang dan nyaman, karena pantai ini terbilang masih perawan tentu kalian jangan berharap fasilitas yang lengkap disini. Pantai yang diapit oleh tebing ini juga menawarkan pemandangn alam laut yang indah. Pantai ini terletak di Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul.

Pantai Krokoh

Pantai paling timur Yogyakrata ini juga menawarkan suasana pantai yang sepi, tenang dan nyaman. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Ombak disini juga tidak terlalu besar jadi bisa kalian manfaatkan untuk berenang, memancing dan lain-lain. Pantai masih terbilang asri dan alami tentu fasilitas yang ada juga tidak lengkap.  Pantai paling timur Yogyakarta ini tereletak di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul.

Pantai Kesirat

Pantai ini tidak memiliki pasir putih namun memiliki tebing tebing yang ekstotis. Tempat ini banyak dimanfaatkan sebagai lokasi berkemah oleh wisatawan. Aktifitas lain yang dapat dilakukan disini antara lain memancaing dari atas bukit, berfoto atau hanya berdiam diri sambil menikmati alam. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati momen sunset. Pantai ini tereletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

Pantai Watu Kodok

Dinamakan begitu karena terdapat patung batu berbentuk kodok. Pantai ini juga sangat cantik dengan tebing dan bebatuan yang ada disektarnya. Aktivitas yang dapat kalian lakukan disini antara lain seperti memancing, snorkeling, bermain voli pantai atau lainnya. panorama sunset dari pantai ini juga sangat cantik. Pantai yang dikelola mandiri oleh warga setempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pantai ini terletak di desa Kemadang, Tanjung Sari, Gunungkidul.

Pantai Seruni

Daya tarik pantai ini terletak pada garis pantainya yang panjang sehingga kalian bisa melakukan banyak aktifitas seperti bermain bola, voli dan lainnya. selain itu di pantai ini terdapat air terjun walaupun cuma bisa dinikmati di musim penghujan saja. Pantai ini juga memiliki spot foto yang tentunya instagramworthy cocok buat kalian yang hobi berfoto. Harga tiket masuk pantai ini Rp 10.000 dan belum termasuk biaya parkir. Pantai ini terletak di desa Tepus, Gunungkidul.

Pantai Ngrumput

Meskipun namanya begitu, pantai ini tidak memiliki rumput. Daya tarik pantai ini yaitu Kalian bisa menikmati pemandangan hewan laut saat laut surut yang jarang ada di pantai lain. Pantai ini juga cocok buat kalian menikmati sunrise dan sunset. Tiket masuk pantai ini Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dan Jika tertarik, kalian bisa mengunjungi pantai yang terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai Drini

Pantai ini cukup unik karena memiliki dua wajah yang berbeda. Disatu sisi terdapat pelabuhan kapal nelayan, dan ombak yang cukup besar. Sedangkan disini lain terdapat teluk dengan air nya yang jernih, ombak yang tenang dan dangkal, jadi kalian bisa berjalan ke tengah laut. Bagian ini cocok buat bermain air atau berselfie ria. Disini juga terdapat gazebo dan warung makan yang menjual menu laut yang segar. Pantai ini terletak di desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Pantai Greweng

Pantai ini cocok buat kalian yang suka camping dengan suasana pantai. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan laut yang jernih. Dipinggir pantai juga terdapat tebing dan bukit yang menambah panorama pantai semakin alami dan asri. Selain camping, tentu kalian juga bisa menikmati momen sunrise ataupun sunset dari pantai ini. Kalo ingin ngecamp dan butuh kayu bakar kalian tinggal beli aja dari warga sekitar. Karena fasilitas yang minim, sebaiknya kalian persiapan semua keperluan camping sebelum kesini.

Air Terjun Getuk

Objek wisata menarik satu ini cukup unik karena bersebelahan dengan aliran sungai. Ada 2 cara untuk kalian menuju air terjun tersebut yaitu melalui jalan setapak menuyusuri sungai atau menyebarang dengan rakit. Selain menikmati pemandangan air terjun dan hijau pepohonan kalian juga bisa berenang di sekitar air terjun. Fasilitas disini juga cukup lengkapdan biaya masuknya juga murah. Objek wisata berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen Gunungkidul sekitar 1,5 – 2 jam dari kota Jogja.

Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun satu ini sangat unik karena memiliki bebatuan cadas seperti yang ada di Grand Canyon, Amerika. Apalagi garis garis pada batu yang terbentuk karean erosi air membuat pemandangn air terjun ini semakin cantik. Disini kalian bisa berenang atau hanya menikmati pemandangan air terjun dari atas bebatuan. Kalo kalian ahli dalam pemotretan, garis garis pada bebatuan sekitar bisa kalian jadikan objek foto yang sangat cantik. Air terjun ini berada di Desa Sampang, Kabupaten Gunungkidul.

Telaga Biru Semin

Wisata bekas galian ini cukup terkenal karena beberapa postingan di media social. Beberapa telaga yang terbentung berdekatan dengan warna yang berbeda mengingatkan kita dengan danau Kalimutu di Nusa Tenggara. Disini kalian bebas mengambil gambar dengan spot foto yang instagramable. Kalian cukup membayar biaya parkir untuk dapat masuk ke tempat ini. Kalau kalian ingin berkunjung, tempat ini terletak di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul.

Goa pindul

Tempat ini juga cukup popular dikalangan wisatawan, sebab menawarkan pemandangan luar biasa dan sensasi yang berbeda ketika berkunjung kesini. Aktifisan yang bisa kalian lakukan disini yaktu cave tubing sambil menikmati stalaktit dan stalakmit. Biaya masuk kesini yaitu Rp 10.000 itu belum termasuk fasilitas rafting seperti sewa ban, pelampung dan lainnya. tempat ini berlokasi di Desa Gelaran, kec. Karang mojo Ginung kidul.

Goa Jomblang

Goa yang muncul akibat ambles nya tanah dan tanaman sekitarnya ini merupakan salah satu landmark wisata Jogja. Sebab, disini kalian dapat menyusuri goa dengan menikmati pemadangan alamnya, terutama siang hari, cahaya yang masuk dari atas lubang goa membuat tempat ini jadi sangat menarik. Tempat ini berada di dusun jetis wetan, Semanu, Gunungkidul. Tiket masuk tempat ini cukup mahal namun fasilitas dan pemandangan yang didapat juga sepadan.

Goa Kalisuci

Satu lagi goa yang menawarkan keidahan alamnya yang ada di Gunungkidul yaitu Goa Kalisuci. Dinamakan Kalisuci karena air yang mengalir masih jernih. Banyak aktifitas yang dapat kalian lakukan disini tapi yant utama adalah melakukan cave tubing dengan rafting sambil menikmati pemandangan alamanya yang indah, tempat ini juga juga memiliki spot foto yang instrgramworthy cocok banget buat kalian yang suka selfi. Temat ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Bukit Ireng Gunungkidul

Bukit ini menjadi tempat yang cocok bagi kalian pemburu keindahan matahari terbit. disini kalian dapat menikmati keindahan lautan kabut, hamparan pegunungan dan matahari terbit yang sangat luar biasa. Dinamakan Bukit Ireng karena bukit ini terdiri bebatuan hitam. Dari atas bukit kalian bisa memanfaatkan semua spot foto yang ada supaya hasil foto kalian makin cantik. Bukit ini berada di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul.

Green Village Gedangsari

Tempat ini menyuguhkan panorama alam perbukitan hijau yang sangat indah. Tempat ini juga cocok buat kalian traveler yang ingin berburu objek foto dengan panorama alam perbukitan yang indah. Disini juga terdapat wahana flying fox yang cukup menguji adrenalin kalian. Tempat ini berada Desa Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul. Kalian cukup membayar biaya parkir untuk masuk ke objek wisata ini.

Gardu Pandang Mangol Kencana

Objek wisata ini terbilang baru di Gunungkidul, dari sini kalian bisa menikmati panorama alam dari ketinggian seperti perbukitan hijau, hamparan sawah, dan panorama sunset. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini yaitu di saat cuaca cerah dengan begitu pemandangan yang kalian liat akan semakin indah. Tempat ini cukup dekat dengan wisata Gunung Api Purba. Ditempat ini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, area parkir dan lainnya.

Bukit Sarangan

Bukit ini berada di kawasan pantai Krakal dan Sarangan. Dari atas bukit ini kalian bisa menikmati panorama sunset dan juga sunrise dan juga pemandangan pantai sekitar. Karena posisi bukit yang menjorok ke laut dan kiri kanan laut, tidak ada halangan untuk menikmati momen tersebut. Dengan view landscape yang bagus, tempat ini menjadi spot foto yang instragramable. Kalo kalian tertarik, kalian bisa mengunjungi bukit yang ada di desa Ngsetiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Embung Nglanggeran Gunungkidul

Wisata telaga buatan ini terbilang baru dan menjadi objek wisata favorit anak muda di Gunungkidul. tempat ini menawarkan panorama yang sangat cantik dari ketinggian terutama pemadangan sore ketika momen sunset dan juga malam hari. Kalian juga gak perlu khawatir karena fasilitas di tempat ini cukup lengkap. Tiket masuk menuju tempat ini yaitu Rp 10.000 dan belum termasuk biaya parkir. Tempat ini berada Desa Nglanggeran Wetan, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Gunung Api Purba

Daya tarik ini tempat ini yaitu cerita dan sejarahnya, selain itu tempat ini memiliki pemandangn alam hijau dari atas tebing. Disini kalian dapat menikmati udara yang sejuk dan segar sekaligus momen sunset. Tempat ini berada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Jalan menuju kesini juga bagus. Harga tiket masuk mulai dari 15 – 20 ribu per orang.

Tegalarum Adventure Park

Sesuai namanya, tempat wisata ini bertemakan petualangan sambil menikmati alam. Ada banyak aktivitas yang dapat kalian lakukan disini seperti outbond, rafting, river tubing dan lainnya. tempat ini sangat cocok buat kalian berlibur bersama teman atau keluarga. Fasilitas dan penyewaan beberapa alat disini juga lengkap. Tiket masuk tempat ini beragam tergantung wahana apa yang kalian pilih mulai dari 20 – 50 ribu per orang. Tempat ini berada di desa Wisata Sidorejo, Wonosari, Gunung Kidul.

Taman Hutan Raya Gunungkidul

Tempat ini cocok buat kamu yang pengen liburan dengan suasana hutan. Ditempat ini kalian juga bisa mendirikan tenda untuk camping. Tempat ini memiliki banyak jenis fauna dan flora, oleh karena itu tempat ini banyak dikunjungi mahasiswa untuk penelitian. Tempat ini juga memiliki spot foto yang sangat instagramable, cocok buat kalian yang eksis di medsos. Area dengan luas 600an hektar ini terletak di Desa Gading, Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Itu tadi beberapa objek wisata yang ada di Gunungkidul, semoga artikel diatas dapat menjadi refrensi kalian yang ingin berlibur ke Gunungkidul. Yuk agendakan liburan ke Gunungkidul bersama Paket Wisata Jogja dari Widyalokawisata.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.