Beranda » Wisata Jogja » Daftar Tempat Wisata Hits di Kulon Progo Terupdate untuk Liburan

Berbicara seputar wisata, tentu tidak ada habisnya. Bahkan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Nah, pada kesempatan kali ini, tim dari widyalokawisata  akan membahas berbagai tempat wisata seru di salah satu daerah yang ada di Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo namanya. Daerah yang berada di selebah barat Kota Jogja ini menyimpan berbagai pesona keindahan.

Daftar tempat wisata di Kulon Progo tergolong sangat lengkap. Mulai dari tempat wisata air terjun, pegunungan hingga tempat wisata sejarah. Semua tersedia serta bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan budget yang mahal. Faktor geografisnya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo serta Kabupaten Magelang menjadikan Kulonprogo kaya akan objek wisata.

Untuk kamu semua yang memiliki rencana berkunjung ke Kota Jogja, kami sarankan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

Pule Payung

Pule-Payung

Pule Payung

Pule Payung merupakan salah satu tempat wusata di Kulonprogo yang menawarkan berbagai spot foto hits kekinian, salah satunya ayunan langit. Spot satu ini sangat pas untuk kamu semua yang senang menguji adrenaline. Berada di atas ketinggian 500 mdpl, ayunan langit siap menggetarkan jantung kamu semua. Jika ingin mencoba pastikan benar-benar memiliki keberanian.

Bukan hanya ayunan langit. Pule Payun juga menyimpan berbagai wahana lain yang tak kalah menariknya. Kamu bisa mencoba keseruan bermain flying fox, sepeda langit dan juga jembatan surga. Bagaimana, apakah siap menguju adrenaline dengan berbagai wahana seru nan menantang ini?

Lokasi Pule Payung : Dusun Saropati, Desa Hargotirti, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DIY

Kalibiru

Kalibiru-Kuonprogo

Spot Foto Wisata Kalibiru Kulonprogo

Tempat wisata di Kulonprogo selanjutnya yaitu Kaliburu. Sama seperti Pule Payung, Kaliburu juga menyimpan berbagai spot selfie yang siap meramaikan feed kamu. Salah satu spot favoritnya adalah anjungan dengan latar belakang berupa Waduk Sermo dari kejauhan.

Meskipun para wisatawan harus memanjat tangga, namun tetap banyak yang rela antri untuk bisa menikmati spot foto yang menarik dan instagramable. Pemandangan bukit yang hijau nan asri  tentu membuat suasana pikiran kamu semua menjadi fresh lagi.

Lokasi Kalibiru : Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Taman Sungai Mudal

Taman-Sungai-Mudal

Taman Sungai Mudal

Untuk kamu semua yang ingin merasakan sensasi berenang yang berbeda dengan biasanya, Taman Sungai Mudal siap mewujudkan impian kamu. Tempat ini hadir dengan mata air yang mengalir sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Keberadaan air yang jernih nan segar siap memanjakan badan  kamu yang sedang pegal karena aktivitas sehari-hari.

Bayangkan kamu semua berenang di kolam alami dengan warna air yang biru segar. Sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika kamu tidak ingin bermain air, kamu tetap bisa menikmati suasana asri sembari bercengkrama di gazebo yang tersedia sembari menikmati bunga yang indah.

Lokasi Taman Sungai Mudal : Dusun Banyuganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kedung Pedut

Kedung-Pedut

Kedung Pedut

Hampir sama dengan Taman Sungai Mudal. Kedung Pedut juga menghadirkan nuansa wisata alami. Keberadaan 3 kedung bertingkat dengan mata air berwarna toska seolah-olah mengajak siapa saja untuk berenang. Lebih dari itu, keberadaan batuan alami di sekitar kedung menjadikan tempat wisata satu ini semakin menarik.

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana yang masih sepi, kami sarankan untuk datang saat pagi hari. Mengingat saat siang hari lokasinya sudah semakin ramai dengan para wisatawan. Jika datang saat kedaan masih sepi,kamu bisa berjalan santai di atas jembatan bambu sembari menikmati keindahan Kedung Pedut.

Lokasi Kedung Pedut : Dusun Kembangm Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Goa Kiskendo

Goa-Kiskendo

Goa Kiskendo

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan tempat wisata sejarah dan berbau mistik, Gua Krisendo bisa menjadi tujuan wisata kamu. Goa yang terletak di Kecamatan Girimulyo ini menghadirkan nuansa wisata tersendiri.

Wisatawan bisa melakukan susur gua sembari melihat ornament yang indah. Lebih dari itu, kamu juga bisa belajar sejarah kearifan lokal dari relief-relief yang ada di sekitar Gua. Dari cerita yang disampaikan oleh pemandu wisata, relief yang berada di sekitar Gua tersebut menceritakan mengenai peperangan antara Sugriwo serta Subali.

Lokasi Gua Krisendo : Jalan Gua Krisendo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sendangsono

Goa-Maria-Sendangsono

Selain wisata alam, sejarah dan juga mistik, Kabupaten Kulonprogo juga menyimpan wisata religi. Sendangsono menjadi tempat yang pas untuk kamu yang ingin berdoa kepada sang pencipta. Lokasinya yang berada di lereng Bukit Menoreh, menjadi tempat yang sangat pas untuk memanjatkan doa kepada sang pencipta.

Untuk kamu yang tidak ingin berdoa, kamu bisa menikmati kawasan asri yang luas tersebut sembari menikmati bangunannya yang menarik hasil karya Romo Mangun. Dijamin, pengalaman yang akan kamu dapatkan sangat berkesan dalam hidup nantinya.

Lokasi Sendang Sono : Dusun Semagung, Desa Banjoraya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waduk Sermo

Waduk-Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo menjadi salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Di Waduk Sermo terdapat salah satu spot wisata yang cukup menarik untuk kamu jadikan sebagai spot selfie. Taman Bambu Air namanya. Kamu bisa nongkrong sembari berselfie ria dengan latar belakang berupa Perbukitan Menoreh dan juga hamparan air yang akan membuat pemandangan semakin indah.

Bukan hanya menghadirkan latar pemandangan alam saja. Lebih dari itu, di Taman Bambu Air juga terdapat berbagai property yang unik nan instagramable yang siap mendukung feed instagram kamu semua.

Lokasi Waduk Sermo : Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun-Teh-Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Siapa sangka Kulon Progo memiliki pemandangan kebun teh yang menarik? Berada di Perbukitan Menoreh, terdapat hamparan pemandangan kebun teh yang hijau nan menyegarkan. Lebih dari itu keberadaan kontur yang berundak-undak mirip dengan terasering di Bali menjadikan pemandangan semakin asri nan menarik.

Lokasinya yang berada di perbukitan membuat kamu semua bisa menikmati hamparan lembah serta bukit dari kejauhan. Dijamin, setelah pulang dari kebun teh tentu kamu semua akan semakin lebih fresh.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo : Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tebing Gunung Gajah

Tebing-Gunung-Gajah

Tebing Gunung Gajah

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 900 meter, tempat wisata di Kulon Progo satu ini hadir dengan spot wisata minat khusus untuk kamu yang hobi selfie. Banyak sekali aktivitas selfie yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berselfie ria dengan spot berupa bulan sabit. Banyak wisatawan yang ramai-ramai datang untuk bisa menikmati spot instagramable satu ini.

Tidak berhenti sampai disitu saja. Kamu semua juga bisa menikmati berbagai spot menarik yang siap menguji adrenaline. Kamu bisa menguji adrenaline serta keseimbangan dengan melakukan berbagai aktivitas menarik seperti treetop, flying fox hingga melakukan susur gua. Pokoknya lengkap dan sangat seru sekali.

Lokasi Tebing Gunung Gajah : Dusun Tegarin II, Desa Hargotirto, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak Suroloyo

Puncak-Suroloyo

Puncak Suroloyo

Untuk kamu yang mendambakan pesona yang indah namun tidak perlu mendaki dan merasa lelah, Puncak Suroloyo menjadi jawabannya. Tempat wisata di Kulon Progo satu ini sangat pas untuk kamu yang senang menikmati indahnya matahari terbit dari atas ketinggian. Sangat pas sekali untuk kamu yan memiliki hobi fotografi.

Lebih dari itu, keberadaan pepohanan dengan kabut yang lumayan tebal semakin menambah suasana menjadi segar. Sudah pasti kamu semua akan mendapatkan sensasi perjalanan yang menyenangkan. Oiya informasi tambahan, kalau kamu berangkat dari Kota Jogja, sebaiknya berangkat subuh ya, pasalnya membutuhkan waktu perjalanan yang lumayan lama.

Lokasi Puncak Suroloyo: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Puncak Widosari

Puncak-Widosari

Puncak Widosari

Untuk kamu yang ingin merasakan indahnya sunset dan sunrise dalam satu tempat sekaligus, kamu bisa datang ke Puncak Widosari. Tempat wisata di Kulonprogo satu ini hadir dengan view yang sangat mempesona. Wisatawan yang datang bisa menikmati berbagai pemandangan dari berbagai Gunung yang ada di sekitar Yogyakarta. Seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu.

Mengenai tempat wisatanya sendiri juga sudah lengkap. Kamu yang datang dari Kota Jogja bisa beristirahat sebentar di Gazebo untuk meredakan lelah. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu tempat wisata satu ini juga kerap digunakan sebagai perayaan upacara adat.

Lokasi Puncak Widosari : Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Glagah

Pantai-Glagah

Pantai Glagah

Jika selama ini kita mengenal Kebun Bunga Matahari berada di Pantai Samas, ternyata kamu semua juga bisa menikmati keindahannya di Kabupatan Kulonprogo. Tepatnya di Pantai Glagah. Kamu bisa datang ketika bunga matahari sedang bermekaran, jangan lupa juga untuk menggunakan outfit yang menarik sehingga foto yang dihasilkan juga semakin menarik.

Selain menikmati indahnya bunga matahari, kamu semua juga bisa bermain ombak di Pantai Glagah, naik perahu hingga menikmati lezatnya seafood. Keseruan perjalanan akan semakin lengkap ketika senja menjelang. Pantai Glagah juga menyimpan spot matahari terbenam yang tidak kalah menarik dengan spot lain yang ada di Jogja.

Lokasi Pantai Glagah : Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Congot

Pantai-Congot

Jika Pantai Glagah hadir dengan keindahan kebun Bunga Matahari, Pantai Congot hadir dengan wahana yang sangat pas untuk kamu semua yang hobi memancing. Tempat wisata di Kulon Progo satu ini tidak begitu ramai jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Bukan hanya bisa digunakan untuk memancing, Pantai Congot juga kerap digunakan sebagai tempat untuk penangkaran penyu.

Kamu bisa melihat Penyu yang sedang menetas dan ikut serta melepaskan penyu kecil ke pantai. Jika kamu datang dengan anak yang masih berusia dibawah umur, jangan pernah lengah. Mengingat ombak di pantai cukup besar. Selalu damping mereka ketika sedang melakukan aktivitas di dekat Pantai.

Lokasi Pantai Congot : Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Paket-wisata-Jogja

Paket Wisata Jogja

Hutan Mangrove

Hutan-Mangrove-Jogja

Siapa sangka jika Kabupaten Kulon Progo memiliki Hutan Mangrove? Berada di daerah Pasir Medit, Jangkaran terdapat hutan mangrove yang berfungsi sebagai benteng yang menjaga pesisir laut dari abrasi. Sedikit cerita, dahulu  hutan mangrove ini pernah mengalami kerusakan dikarenakan adanya pembalakan liar. Kemudian ada beberapa orang yang tergabung dalam komunitas kemudian memiliki inisiatif untuk menghijaukan kembali kawasan hutan. Hingga akhirnya, pemandangannya kembali hijau nan segar kembali.

Hinga akhirnya, hutan tersebut dikembangkan menjadi destinasi wisata. Kamu akan menjumpai berbagai spot wisata menarik. Yang paling menarik yaitu jembatan panjang dengan dua menara yang mirip London Bridge. Selain itu, juga ada Menara Eiffel yang terbuat dari bambu.

Lokasi Hutan Mangrove : Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamaran Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak Gunung Lanang

Puncak-Gunung-Lanang

Puncak Gunung Lanang hadir dengan daya tarik berupa pemandangan yang sangat indah nan menarik. Dari atas, kamu akan malihat indahnya panorama alam Kulon Progo dari atas ketinggian. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan, kamu harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menaiki anak tangga.

Meskipun demikian, usaha yang kamu lakukan akan sepadan dengan pemandangan yang bisa kamu nikmati. Bayangkan, kamu akan menikmati indahnya pesona Kabupaten Kulon Progo dari atas ketinggian. Jangan menunggu lama-lama, segera agendakan perjalanan kamu sekarang juga.

Lokasi Puncak Gunung Lanang: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waduk Mini Kleco

Waduk-Mini-Kleco

Waduk Mini Kleco

Pada awal mulanya, Waduk Mini Kleco merupakan waduk untuk irigasi. Akan tetapi karena lokasinya sekitarnya yang indah, akhirnya digunakan sebagai keperluan wisata. Untuk menarik minat wisatawan maka pihak pengelola menghadirkan berbagai wahana permainan. Kamu bisa menikmati serunya bermain flyingfox.

Sembari menikmati serunya bermain flyingfox, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam Kulon Progo. Dijamin, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang sangat menyenangkan. Kamu bisa banget mengajak keluarga, teman dan juga pasangan untuk menikmati keindahan alam Waduk Mini Kleco.

Lokasi Waduk Mini Kleco : Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Sidoharjo

Air-Terjun-Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo dinobatkan sebagai salah satu air terjun tertinggi dan terindah yang ada di Kulon Progo. Dari informasi yang kami dapatkan, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter, lengkap dengan aliran air yang sangat deras. Dari kejauhan, akan nampak seperti awan. Indah nan memesona.

Rental-Mobil-Jogja

Tidak sampai disitu saja, di waktu tertentu, terutama ketika matahari sedang terik, akan muncul pelangi yang indah. Jika kamu hobi menyelam, kamu bisa banget melakukan aktivitasnya disini. Sangat menyenangkan bukan? Oiya, informasi terakhir yang kami dapatkan katanya pada bagian dasar Air Terjun Sidoharjo juga ditumbuhi dengan berbagai spesies bunga liar.

Lokasi Air Terjun Sidoharjo : Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Grojokan Sewu

Air-Terjun-Grojokan-Sewu Kulon Progo

Air Terjun Grojokan Sewu Kulon Progo

Jika Air Terjun sebelumnya tadi terkenal akan ketinggiannya, Air terjun Grojokan Sewu ini hadir dengan jumlah aliran yang cukup banyak. Terkait dengan keindahannya, juga tidak kalah menarik. Aliran airnya juga jernih da aliran airnya cukup deras.

Selain menikmati pemandangan yang indah, kamu juga bisa menikmati kesegaran air terjun untuk mandi, menyelam serta bermain air. Dan yang lebih menariknya, tempat wisata di Kulonprogo satu ini buka selama 24 jam penuh.

Lokasi Air Terjun Grojokan Sewu : Desa Betengm Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Sungai Progo

Air-Terjun-Sungai-Progo

Air Terjun Sungai Progo

Jika kamu memiliki kesenangan dengan olahraga yang ekstrim, saat berkunjung ke Kulon Progo kami sarankan untuk menikmati aktivitas menyenangkan satu ini. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Bayangkan, kamu akan menyusuri aliran Sungai Progo yang berbatu dan berarus deras.

Terhitung ada tiga rute yang bisa kamu nikmati. Mulai dari rute pemula, rute berpengalaman hingga rute untuk kalangan professional. Kamu bisa memanfaatkan beberapa agen tur arung jeram yang ada di sekitar lokasi.

Air Terjun Kembang Soka

Air-Terjun-Kembang-Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka hadir dengan aliran air yang jernih. Meskipun secara ketinggian terhitung biasa saja, akan tetapi aliran airnya yang bertingkat menjadikan tempat wisata satu ini nampak sangat eksotis. Untuk kamu yang senang melakukan hunting foto, datang ke air terjun satu ini menjadi pilihan yang tepat.

Keberadaan pemandangan yang indah, akan membuat foto kamu semakin menarik dan tentunya instagramable. Untuk aliran airnya relative cukup aman digunakan untuk bermain air karena memang tidak begitu deras.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka : Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Bugel

Pantai-Bugel

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Bugel. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Trisik dan juga Pantai Glagah menjadikan Pantai Bugel juga mudah untuk ditemukan. Pantai ini masih belum ramai, sehingga sangat pas untuk kamu semua yang ingin menikmati liburan dengan lebih privat.

Selain tempatnya yang private, kuliner di sekitar Pantai Bugel juga terkenal enak dan lezat. Kamu bisa menikmati lezatnya olaha ikan laut yang masih gurih serta memiliki rasa yang lezat. Sangat lengkap sekali.

Lokasi Pantai Bugel :

Bukit Isis Kulon Progo

Bukit-Isis-Kulonprogo

Bukit Isis Kulonprogo

Bukit Isis hadir dengan spot destinasi yang sangat menarik. Tidak mengherankan jika langusng viral. Menariknya, untuk bisa menikmati pemandangan serta spot yang menarik tersebut tidak dibutuhkan biaya yang mahal. Cukup dengan Rp. 3.000 saja. Pemandangan hijau lengkap dengan hamparan pepoganan semakin membuat suasana semakin menyenangkan.

Jika kamu memiliki hobi selfie, tempat ini sangat pas sebagai wahana penyaluran hobi kamu semua. Dijamin, kamu akan mendapatkan pengalaman yang seru nan menyenangkan. Jangan lupa, ajak juga teman, keluarga dan pasangan.

Lokasi Bukit Isis Kulon Progo : Desa Nglinngo, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bendungan Ancol

Bendungan-Ancol

Bendungan Ancol

Bendungan Ancol ini memiliki nama asli Bendungan Van Der Wick. Kehadiran pemandangan yang indah serta udara yang sejuk, membuat bendungan satu ini ramai dikunjungi wisatawan. Dijamin kamu akan betah berlama-lama berada di Bendungan.

Selain menikmati pemandangan alam, kamu semua juga bisa melakukan camping bersama dengan teman-teman. Menikmati pemandangan malam dengan latar berupa bendungan tentu akan menambah pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, tempat ini juga sangat pas untuk kamu semua yang ingin melakukan pre wedding.

Lokasi Bendungan Ancol : Dusun Pantog Wetan, Banjoraya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung Ijo

Gunung-Ijo

Gunung Ijo

Wisata Kulonprogo selanjutnya ini berada diantara perbatasan Provinsi DIY dan juga Provinsi Jawa Tengah. Hadir dengan ketinggian 1.000 mdpl membuat Gunung Ijo dinobatkan sebagai puncak tertinggi dari perbukitan Menoreh. Untuk kamu yang baru saja berkunjung pertama kalinya, dibutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi.

Dibalik lokasinya yang tersembunyi, Gunung Ijo menyimpan pemandangan yang sangat memukau. Sebagai wisatawan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari seluruh penjuru Kota Jogja. Pemandangan indah dari Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, Kota Jogja, Wates hingga daerah Parangtritis semua bisa kamu nikmati di Gunung Ijo.

Lokasi Gunung Ijo : Desa Plampang, Kecamaran Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Cukup banyak bukan tempat wisata di Kulonprogo? Rasanya lengkap sekali. Semua tersedia, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya hingga wisata-wisata yang sedang hits. Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan kunjungan, kami sarankan untuk menggunakan paket wisata Jogja dari widyalokawisata.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.