Gereja Ayam Bukit Rhema – Jawa Tengah memang menjadi destinasi wisata yang akan memberikan cerita sendiri. Ada banyak tempat wisata yang ada di Jawa Tengah dan bisa Anda kunjungi kapan saja. Salah satu tempat wisata yang populer dan hingga sekarang masih viral adalah Gereja Ayam yang terletak di Bukit Rhema. 

Letaknya sendiri sangat dekat Candi Borobudur dan menjadi tujuan wisata setelah salah satu film box office Indonesia, yaitu Ada Apa Dengan Cinta 2 diputar. Lokasinya pun menjadi sangat terkenal dan membuat wisata yang satu ini mendapatkan banyak pengunjung. 

Gereja Ayam dibangun bukan tanpa alasan, ada kisah menarik dibalik pembangunannya. Pemilih sah dari Gereja Ayam adalah Daniel Alamsyah dan dibangun pada tahun 1992. Dengan kepopuleran film AADC 2, tidak heran jika Gereja Ayam sekarang ini menjadi terkenal. Letaknya yang berada di Bukit Rhema pun menambah keindahan area wisata yang satu ini. 

GEREJA AYAM BUKIT RHEMA

Kisah menarik dari pembangunan Gereja Ayam adalah dari perjalanan spiritual dari Daniel Alamsyah. Ia sendiri bermimpi untuk membangun sebuah rumah doa di sebuah bukit yang belum pernah didatangi. Setelah berlibur bersama keluarganya di area Candi Borobudur, ia bertemu dengan Jito dari Dusun Gombong. 

Dari sinilah pembangunan rumah doa Gereja Ayam dilakukan. Meski dibangun pada tahun 1992, tapi pembangunan sempat terhenti di tahun 2000 karena krisis moneter. Gereja Ayam sendiri tidak hanya difungsikan sebagai rumah doa saja, tapi juga lokasi rehabilitasi bagi pecandu obat-obatan terlarang dan ODGJ. 

Daya Tarik dari Gereja Ayam Bukit Rhema 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Gereja Ayam punya daya tarik tidak hanya sebagai tempat lokasi syuting dari AADC 2 saja. Di bawah ini adalah beberapa daya tarik dari Gereja Ayam Bukit Rhema yang perlu kamu ketahui: 

7 Lantai dengan Cerita Berbeda 

Bangunan Gereja Ayam terdiri dari 7 lantai yang setiap lantainya sendiri punya cerita yang berbeda-beda. Setiap cerita digambarkan dalam sebuah lukisan yang bersambung. Makna yang jauh lebih dalam dari perjalanan spiritual manusia, Ketuhanan, kearifan lokal, arti doa dan lain sebagainya. 

Wisata Lengkap yang Menenangkan 

Gereja Ayam pun menjadi salah satu wisata di Yogyakarta yang terbilang masuk kategori terlengkap. Selain menjadi tempat wisata religi. Gereja Ayam juga meliputi kategori wisata alam dan edukasi. 

Meski bernama Gereja Ayam, uniknya ada ruang doa yang disediakan untuk setiap agama sesuai dengan pengunjung. Ruang doa yang ada di Gereja Ayam dibuat sangat private, dimana hanya satu orang pengunjung saja yang bisa masuk setiap kalinya. 

GEREJA AYAM BUKIT RHEMA MAGELANG

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Gereja Ayam terletak di Bukit Rhema yang menjadi spot sunrise terbaik di Yogyakarta. Kamu dapat menikmati keindahan matahari terbit dari Gereja Ayam ini dengan jelas saat cuaca sedang cerah. Pemandangan dari lokasi wisata ini juga sangat indah karena dapat melihat perbukitan. 

Gereja Ayam juga masuk dalam kategori wisata edukasi karena memberikan informasi lengkap terkait bahaya rokok dan obat-obatan terlarang. Bahkan ada lukisan dinding yang menjabarkan akan perjuangan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kepada pengunjung. 

Wisata Kuliner 

Tidak hanya sebagai tempat wisata yang lengkap, Gereja Ayam juga menyediakan kedai makan yang bisa kamu nikmati. Ada banyak menu yang bisa kamu cicipi di kedai makan dekat Gereja Ayam ini. Mulai dari makanan tradisional hingga western yang sudah pasti lezat. Untuk harganya sendiri juga sudah tidak perlu Anda khawatirkan lagi karena termasuk terjangkau. 

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Gereja Ayam Bukit Rhema 

Lokasi tepatnya dari Gereja Ayam Bukit Rhema ini adalah di Dusun Karangrejo Gombong, Keruhan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang. Meski banyak wisatawan rental mobil di jogja yang beranggapan bahwa Gereja Ayam ada di Yogyakarta, tapi kenyataannya adalah masih masuk Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Untuk jam buka dari Gereja Ayam mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB pada hari Senin hingga Minggu. Pada weekend atau libur nasional, Gereja Ayam akan dibuka jauh lebih pagi, yaitu 07.00 WIB dengan jam tutup yang sama. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah sebagai berikut: 

Tiket Masuk Rp. 25.000
Tiket Shuttle (satu kali)Rp. 10.000
Tiket Shuttle (PP)Rp. 15.000
Parkir kendaraanRp. 3.000 – Rp. 5.000

 

Gereja Ayam merupakan salah satu tempat wisata tour jogja yang tepat untuk kamu kunjungi selama berada di Jawa Tengah atau Yogyakarta. Dimana kamu dapat menemukan banyak sekali hal menarik yang tidak ada dari tempat wisata lainnya. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Gereja Ayam dan wisata lain yang ada di sekitarnya, maka bisa segera menghubungi widyalokawisata.com. Kami akan menjadi sahabatmu selama berlibur.